VALUE OF EDUCATION IN ANGNGUKKURU' PAKKARENA IN PAKKARENA GROUP IN KALASERENA VILLAGE BONTONOMPO GOWA

Sumiani Sumiani(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/p.v6i2.25972

Abstract


Penelitian dengan judul Analisis Kandungan Nilai Pendidikan dalam Angngukkuru’ Pakkarena pada Kelompok Pakkarena di Desa Kalaserena Bontonompo Gowa ini diniatkan dengan berdasar pada argumen bahwa suatu tradisi yang masih berkelanjutan sampai saat ini adalah indikasi bahwa tradisi itu mempunyai makna bagi kehidupan masyarakat pendukungnya. Sebagaimana ritual Angngukkuru’ Pakkarena yang masih dilaksanakan oleh komunitas Pakkarena di Desa Kalaserena sampai saat ini, adalah indikasi bahwa ritual tersebut bernilai bagi pemiliknya. Penelitian difokuskan pada: kandungan nilai pendidikan dalam prosesi ritual dan cerminan nilai etika pada sikap penari Pakkarena setelah ritual  Angngukuru’ Pakkarena pada Kelompok Pakarena di Desa Kalaserena Bontonompo Kabupaten Gowa. Konsep dan teori tentang nilai dan pendidikan dari beberapa sumber digunakan sebagai acuan dalam membahas masalah yang telah dirumuskan. Penelitian naturalistik jenis deskriptif-interpretatif, pengumpulan data dilakukan dengan teknik: studi pustaka, observasi, wawancara, studi dokumentasi. Hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut: (1) Kandungan nilai pendidikan dalam prosesi ritual Angngukkuru’ Pakkarena  masuk kategori nilai pendidikan sebagai proses transformasi budaya, menghargai tradisi warisan leluhur sebagai perekat kesatuan dan keutuhan kelompok Pakkarena, dan (2)  Nilai etika pada sikap penari Pakkarena setelah melalui ritual  Angngukuru’ Pakkarena tercermin dalam sikap kepatuhan serta kesantunan terhadap Anrongguru Pakkarena sebagai

pemimpin kelompok. Kepatuhan penari dalam sipinangka (rakit) terutama penari Pauluang dan Pattapu, dan pemain musik dalam kelompok baik saat menari di atas panggung maupun di luar panggung.

Keywords


ritual; nilai; pendidikan

Full Text:

PDF

References


(1) Abdullah, Hamid, 1985. Manusia Bugis Makassar, Suatu Tinjauan Historis Terhadap Pola Tingkah Laku dan Pandangan Hidup Manusia Bugis Makassar, Jakarta: Idayu Press.

(2) Adisakti, dkk. 2010. Pendidikan Pusaka Indonesia. Yogyakarta: Badan Pelestari Pusaka Indonesia ( Sponsor Program UNESCO )

(3) Barnadib, Imam. 1987. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Penerbit IKIP Yogyakarta

(4) Danim, Sudarwan. 2010. Pengantar Pendidikan: Landasan Teori dan 234 Metafora Pendidikan. Bandung: Alfabeta

(5) Drijakara. 1978. Percikan Filsafat. Semarang: Perebit Kanisius

(6) Lathief, Halilintar. 2003. Pakkarena Cerminan Masyarakat Makassar. Makassar: Padatdaya

(7) Manuaba, Putra.“Budaya Daerah dan Jati Diri Bangsa: Pemberdayaan Cerita Rakyat dalam Memasuki Otonomi Daerah dan Globalisasi,” Masyarakat, Kebudayaan dan Politik, Th XII, No 4, Oktober 1999.

(8) Megawangi, dkk. 2005. Pendidikan Holistik. Jakarta: Indonesia Haritage Foundation.

(9) Sumiani. 2004. Pakkarena dalam Pesta Jaga. Makassar: Penerbit Padatdaya

(10) Suhartono, Suparlan. 2009. Filsafat Pendidikan. Makassar: Badan Penerbit UNM

(11) Suratman (editor). 1977. Ki Hajar Dewantara : Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa Yogyakarta

(12) Thalib, Syamsul Bachri. 2010. Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Penerbit Kencana

(13) Tilaar, A. R, 2002. Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia, Bandung: Remaja Rosdakarya.

(14) Tirtarahardja & La Sulo. 2010. Pengantar Pendidikan. Makassar: Badan Penerbit UNM

(15) Pelras, Christian. 1996. The Bugis (The Peoples of South-East Asia and the Pasific), Amerika Serikat: Blakwell Publishers.

(16) Yasil, Suradi, dkk, 1985. Peralatan Hiburan dan Kesenian Daerah Sulawesi Selatan. Ujungpandang: Deprtemen Pendidikan dan Kebudayaan, Proyek Inventarisasi dan Pembinaan Nilai-nilai Budaya


Article Metrics

Abstract view : 32 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PAKARENA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Program Studi Pendidikan Sendratasik
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar

Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung 
Jl.
Daeng Tata Makassar 90224

E-mail: pakarena@unm.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pakarena  dilisensikan di bawah  Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Internasional Creative Commons .

Index by