ANALISIS KARAKTER PANGERAN BADAR DALAM PERTUNJUKAN TEATER BANGSAWAN PALEMBANG (Naskah Dua Korban Di Gunung Meru)

Zul id`han(1*),

(1) STKIP Muhammadiyah Oku Timur
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/p.v5i2.15650

Abstract


Penelitian berjudul “ Analisis karakter Pangeran Badar dalam pertunjukan Teater Bangsawan Palembang” ini berusaha untuk menterjemahkan Karakter tokoh pada lakon teater Bangsawan dengan pendekatan teori psikologi dan teori penokohan. Untuk menjawab permasalahan tersebut maka peneliti membuat beberapa pertanyaan dalam rumusan masalah yang berkaitan dengan: 1. Bagaimana sikap, perilaku, dan nada bicara Pangeran Badar kepada tokoh yang lain, 2.Seperti apakah pola pikir Pangeran Badar terhadap tokoh yang lain. dan 3.Seperti apakah peran Pangeran badar pada sudut pandang Penokohan. Adapun metode yang di gunakan dalam pengumpulan data adalah diskriftif analisis. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, studi pustaka, wawancara, dan dokumentasi. Lakon Dua Korban di Gunung Meru merupakan karya Johar Saad, dan karakter tokoh dari Pangeran Badar menjadi sosok terpenting dalam lakon tersebut, karena pada sebuah penampilan teater akan muncul sebuah konflik yang di bangun oleh tokoh-tokoh. Hasil penelitian ini memberikan sebuah analisis pengambaran kehidupan cerita yang dibangun pada konsep teater bangsawan yang dapat dipetik pembelajaran di dalamnya, Bagian terpenting adalah mengacu terhadap tokoh yang menjadi sasaran jalan cerita, tabiat atau karakter yang muncul dari Pangeran Badar merupakan cerminan karakter antagonis seorang penguasa yang arogan hingga akhir hayatnya.


Keywords


Teater Bangsawan, Karakter, Penokohan

Full Text:

PDF

References


Ambar, Sari, Mei. “Analisis Karakter dan Konflik Tokoh Utama dalam Novel Bochan Karya Nathusme Sousakhi”. Tesis S2 Program Studi Sastra Jepang Universitas Dian Nuswantoro Surabaya, 2011.

Aminuddin. Teori Penokohan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1984.

Anirun, Suyatna. Menjadi Sutradara. Bandung: STSI Press Bandung, 2002.

Arikunto, Suharsini. Prosudur Penelitian Suatu Pendekatan Peraktik. Jakarta: Rineka, cipta 2010.

Asmara, Adhy. Cara Menganalisa Drama. Yogyakarta: Nur Cahaya, 1983.

Azhari, Muhammad. Manajemen Teater. Palembang: Unsri, 2009.

Bertens, K. Etika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1993.

Boskoff, Alvin. “Recent Theories Of Social Change’’ dalam Werner J. Chanman dan Alvin Boskoff (ed),Sociology and Hystory: Theory and Research. London: The Free Press of Glence, 1964.

Budyatna, Muhammad. Teori Komunikasi Antar Pribadi. Jakarta: Kencana Prenada, 2011.

Bujang, Rahmah. Sejarah Perkembangan Drama Bangsawan Di Tanah Melayu Dan Singapura. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka, 1975.

Burhan, Burgin. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana, 2007.

Charles , Andrain. Kekuasaan. Yogyakarta: Yudistira, 1992.

Damajanti, Irma. Psikologi Seni. Bandung: PT. Kiblat Buku Utama, 2006.

Danandjaja. Ilmu foklore. Jakarta: Erlangga, 2007.

Danim. Metode Penelitian. Bandung: Yrama Widya, 2002.

Goodman, J Douglas, dan George Ritzer. Teori Sosiologi Modern. Terj. Alimandan. Jakarta: Prenada Media, 2004.

Haryanto. Kekuasaan dan Kedudukan. Yogyakarta: Kanisius, 2005.

Hasanudin, WS. Drama dalam karya dua dimensi. Bandung: Angkasa, 2009.

Haviland, William A. Antropologi. Terj. Sahid. Jakarta: Erlangga,1993.

Ismet, Adang. Seni Peran. Bandung: Kelir, 2007.

Jayanti, Novi Dwina. “Kepribadian Tokoh Uemura Kana Dalam Drama Toire No Kamisama Karya Uemura Kana” Jurnal Teknologi Informasi Bahasa VOl. 32 NO. 02 Program Studi Sastra Jepang Universitas Dian Nuswantoro: Surabaya, 2012.

Joseph, Murphy. Rahasia Kekuatan Pikiran Bawah Sadar. Jakarta: Spektrum, 2002.

KARTIKA, Dharsono Sony, et al. PAMOR KAWALI DALAM MASYARAKAT BUGIS. Gelar: Jurnal Seni Budaya, 2017, 15.1.

Margono, Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Abadi, 2006.

Maslow, Abraham, H. Motivasi dan Kepribadian. Terj. Nurul Iman. Jakarta: Midas Surya Grafindo, 1994.

Murgiyanto, Sal dan Made, Bandem. Teater Tradisonal. Yogyakarta: Kanisius, 1964.

Nurgiyantoro, Burhan. Teori Pengkajian fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1994.

Rantika. Membaca Ekpresi Lawan Bicara. Yogyakarta: Kanisius, 2003.

Rendra, WS. Seni Drama Untuk Remaja. Jakarta: PT. Pustaka Jaya,1993.

Risnawati dan Ghufron. Teori –Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-ruzz Media, 2010.

Robert, A. Dahl. Kekuasaan Pemimpin. Terj. Ramasari. Bandung: Cipta Buana, 1978.

Sahid, Nur. Semiotika Teater. Yogyakarta: ISI Yogyakarta, 2004.

Samsuri. Analisis Bahasa. Jakarta: Erlangga, 1991.

Saputra, Puji. Legenda Gunung Semeru. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

Satoto, Soediro. “Tokoh dan Penokohan dalam Caturlogi Drama Orkes Madun karya Arifin A Noer”. Disertasi Doktor dalam Ilmu Budaya Universitas Indonesia, 1998.

. Analisis Drama dan Teater jilid 1. Yogyakarta: Ombak, 2012.

. Analisis Drama dan Teater jilid 2. Yogyakarta: Ombak, 2012.

Semium, Yustinus. Teori-Teori Kepribadian. Yogyakarta: Kanisius, 2013.

Singh N.K. dan Mr. A.R. Agwan. Encyclopaedia of the Holy Qur’ân, New Delhi: balaji Offset, Edisi I h. 175, 2000.

Soedarsono. R.M. Seni Pertunjukan Indonesia di Era Globalisasi, Jakarta: Depdikbud, 1998.

Subagiyo, Heru. Jurnal. Estetika Lakon Tragedi. Yogyakarta : Jurnal ISI Yogyakarta, 2007.

Sugiyono. Penelitian Kualitatif dan Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Bakti Adiyta Citra, 2008.

Tasman, A. Analisa Gerak dan Karakter. Surakarta: ISI Pres 2008.

Wadiyo. Akulturasi Dalam Kebudayaan, Jakarta: Prenada, 2006.

Walgito, Bimo. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Kanisius, 2005.

Waluyo, J. Herman. Drama, Naskah, Pementasan, dan Pengajarannya. Surakarta: UNS, 2007.


Article Metrics

Abstract view : 786 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL PAKARENA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Program Studi Pendidikan Sendratasik
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar

Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung 
Jl.
Daeng Tata Makassar 90224

E-mail: pakarena@unm.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pakarena  dilisensikan di bawah  Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Internasional Creative Commons .

Index by