Kreativitas Visual Pada Desain Poster Iklan Komersial Karya Mahasiswa

Irfan Irfan(1*), Jalil Jalil(2), Satriadi Satriadi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/p.v4i1.12980

Abstract


Kreativitas visual adalah kemampuan memilih dan mengolah visual menarik yang akan digunakan untuk kebutuhan tertentu. Visual merupakan salah satu unsur penting desain grafis, visual  memiliki fungsi sebagai penyampai dan penguat  pesan dalam iklan, visual dapat berupa gambar manual, hasil foto, ilustrasi gabungan manual dan digital, bahkan dapat berupa rekayasa font. Untuk memahami lebih mendalam bagaimana kreativitas  visual dimanfaatkan dalam iklan poster media cetak,  maka perlu dilakukan penelitian.  Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menjelaskan tentang penggunaan jenis visual pada desain iklan poster komersial karya mahasiswa Desain Komunikasi Visual yang memprogramkan mata kuliah periklanan 1. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis visual apa saja yang paling dominan digunakan oleh mahasiwa pada iklan poster komersial, dengan demikian dapat ditemukan karakteristik dan tingkat kreativitas visual yang menjadi kecenderungan pada tugas desain iklan poster komersial mahasiswa. Penelitian menggunakan pendekatan estetik dengan analisis data menggunakan sistem interaktif  Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada umumnya visual yang digunakan telah memenuhi kaidah estetik dan fungsional sebagai media pemberi informasi, ditinjau dari aspek kreativitas dan kaitannya dengan ajakan berimajinasi bagi pelanggang, visual yang digunakan belum menawarkan kreativitas yang mumpuni, sebab masih membatasi diri pada visual produk saja tanpa melibatkan visual penunjang seperti model yang lebih dapat membangkitkan keinginan karena adanya figur yang dilihat sebagai sebuah testimoni yang menarik.

Keywords


Visual; Kreativitas; Poster

Full Text:

PDF

References


Alwi, Hasan, et al., Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2007. Ali, Matius, Estetika, Pengantar Filsafat Seni, Jakarta: Sanggar Luxor, 2011. Kusmiati, Artini. (et.al)., Disain Komunikasi Visual. Jakarta. Djambatan, 1999. Marianto, M Dwi, Art & Levitation, Seni dalam Cakrawala, Yogyakarta, Penerbit Pohon Cahaya, 2015. Masri, Andry, Strategi Visual Bermain Dengan Formalistik dan Semiotik Untuk Menghasilkan Kualitas Visual Dalam Desain, Yogyakarta: Jalasutra, 2010. Miles, M.B. dan Huberman. Analisis Data Kualitatif, (Penerjemah: Tjetjep Rohendi Rohidi), Jakarta: (UIPRESS), 1992. Parker, DeWitt H. The Principles of Aesthetics, Second Edition, New York: Appleton Century Crofts Inc. 1964. Widagdo. Desain dan Kebudayaan. Bandung: Penerbit ITB. 2005. Sachari, Agus. Paradigma Desain Indonesia, Jakarta: CV. Rajawali, 1986. Sachari, Agus, Yan Yan S. Desain dan Dunia Kesenirupaan Indonesia dalam Wacana Transformasi Budaya, Bandung: Penerbit ITB, 2001. Sutopo, H.B., Metodoloi Penelitian Kualitatif; Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian, Surakarta, Sebelas Maret University Press, 2002. Kartika, Dharsono Sony. "PAMOR KAWALI DALAM MASYARAKAT BUGIS." Gelar: Jurnal Seni Budaya 15.1 (2017).


Article Metrics

Abstract view : 3558 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL PAKARENA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Program Studi Pendidikan Sendratasik
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar

Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung 
Jl.
Daeng Tata Makassar 90224

E-mail: pakarena@unm.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pakarena  dilisensikan di bawah  Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Internasional Creative Commons .

Index by