Cover Image

REVITALISASI TARI PATU’DU’ KUMBA OLEH SANGGAR SENI UWAKE’ DI KECAMATAN TINAMBUNG KABUPATEN POLEWALI MANDAR

Radawanti Radawanti(1*), Rahma M(2), Andi Padalia(3),

(1) 
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/p.v5i1.12502

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini menjawab masalah yang terjadi selama proses Revitalisasi Pattu'du 'Kumba yang dilakukan oleh Sanggar Seni Uwake' yaitu: (1) Bagaimana Proses Revitalisasi Pattu'du 'Kumba oleh Sanggar Seni Uwake' di Kecamatan Tinambung Kabupaten Polewali Mandar, (2) faktor apa yang mempengaruhi Revitalisasi Pattu'du 'Kumba oleh Sanggar Seni Uwake' di Kecamatan Tinambung Kabupaten Polewali Mandar. Teknik mengumpulkan data yang dibeli adalah: (1) Studi Pustaka yang diperoleh adalah dokumen-dokumen, dan buku-buku. (2) Pengamatan dilakukan dengan cara melihat langsung dan kondisi Sanggar Seni Uwake 'yang merevitalisasi Tari Pattu'du' Kumba.(3) Wawancara dilakukan dengan beberapa narasumber yaitu Bapak Ahmad Asdy, Bapak H Alimuddin, Bapak M Rahmat Muchtar, Bapak Muhammad Ridwan Alimuddin, Ibu Siti Adila, dan Bapak Muh Naim Sail. (4) Dokumentasi yang diperoleh terdiri dari foto-foto, video serta rekaman hasil wawancara dengan beberapa Narasumber. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Kualitatif sesuai dengan permasalah yang ada.
Objek penelitian adalah Tari Pattu'du 'Kumba. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Proses Revitalisasi Pattu'du 'Kumba oleh Sanggar Seni Uwake' di Kecamatan Tinambung Kabupaten Polewali Mandar dilakukan dengan cara mengajak anak-anak anggota sanggar untuk kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan kesenian tradisional,Selain itu, proses revitalisasi juga dilakukan dengan menerapkan kembali Tari Pattu'du 'Kumba terhadap anggota Sanggar, kemudian setelah mereka membahas hal-hal tentang Tari Pattu'du' Kumba mereka membuatkan jadwal untuk latihan minimal sekali atau dua kali latihan agar pada saat dipentaskan penari tidak kaku dalam bergerak. Anggota Sanggar yang direkrut adalah siswa-siswi pelajar SMP dan SMA. Wujud gerak yang mengubah perubahan adalah pada Ragam Mioro 'Mi'undur (2) Revitalisasi Pattu'du'Kumba didukung oleh dua faktor yaitu faktor pendukung dan penghambat, hal tentang faktor pendukungnya adalah dukungan SDM, dukungan dari Tokoh Budayawan serta masyarakat donor, pendukung dari pemerintah terdiri dari sarana untuk menyajikan serta menyediakan alat musik untuk Sanggar Seni Uwake '.Faktor penghambat selama proses Revitalisasi adalah kurang memakan waktu oleh para anggota jadi pada saat latihan. Tidak ada beberapa penari atau pemusik yang berhalangan hadir, tidak ada baju dan perhiasan. luar. hal tentang faktor pendukungnya adalah persetujuan SDM, dukungan dari Tokoh Faktor penghambat selama proses Revitalisasi tidak memerlukan waktu oleh para anggota sehingga pada saat latihan Tidak ada penari atau pemusik yang hadir, tidak ada baju dan perhiasan Pattu'du 'Kumba yang ditanyakan oleh Sanggar harus pada saat akan dipentaskan jika perlu kostum dari luar.hal tentang faktor pendukungnya adalah dukungan SDM, dukungan dari Tokoh, Budayawan, dan masyarakat lokal, dukungan dari pemerintah, penyediaan fasilitas untuk memulai, serta penyediaan alat musik untuk Sanggar Seni Uwake '. Faktor penghambat selama proses Revitalisasi adalah kurang memakan waktu oleh para anggota jadi pada saat latihan Tidak ada beberapa penari atau pemusik yang berhalangan hadir, tidak ada baju dan perhiasan Pattu'du 'Kumba yang diminta oleh Sanggar sehingga pada saat akan dipentaskan sesuai kebutuhan pembeli luar.


Keywords


Revitalisasi; Pattu'du Kumba; Uwake;

Full Text:

PDF

References


Asdy, Ahmad. 2006. Jelajah Budaya Mengenal Kesenian Mandar. Yayasan Maha Putra Mandar

Asdy, Ahmad. 2016. Kumpulan Sejarah Lagu-lagu Nostalgia Mandar. Yayasan Mahaputra Mandar.

Asdy, Ahmad . 2019. Mengenal Pattu’du’ Tradisional Mandar. Yayasan Maha Putra Mandar.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.1989.Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka

Djelantik, A.M. 1999. Estetika Sebuah Pengantar. Bandung: MSPI

Hadi, Y Sumandiyo. 2007. Kajian Tari Teks dan Konteks. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Hidajat, Robby. 2011. Koreografi dan Kreativitas pengetahuan dan pertunjukan praktikum koreografi. Yogyakarta: Kendil media pustaka seni Indonesia

Jazuli, M. 2016. Peta Dunia Seni Tari. Sukoharjo: Farisma Indonesia.

Latief, Halilintar. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Padat Daya.

Moleong, Lexy J. 2006. Metode Penelitian Kualitatif . Bandung: Rosdakarya.

Nadjamuddin, Munasiah. 1982. Tari Tradisional Sulawesi Selatan. Berita Utama Bhakti Baru. Ujung Pandang.

Ranjabar, Jocabus. 2006. Sistem Sosial Budaya Indonesia. Bogor: Ghalia Indonesia

Soedarsono. 1997. Tari-tarian Indonesia. Jakarta. Debdibbus

Soedarsono . 2010. Seni Pertunjukan di Era Globalisasi.Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sugiono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Sumaryono. dan Suanda, Endo. 2006. Tari Tontonan. Jakarta: Lembaga Pendidikan Seni Nusantara.

Webtografi

Bungaria, Sri. 2013. Studi Morfologi Tari Patuddu Kumba di Kecematan Tinambung Kabupaten Polewali Mandar dengan Sistem Notasi Laban. (skripsi Fakultas Seni dan Desain Program Studi Sendratasik Universitas Negeri Makassar)

Indahdkurn dan Mushangga. 2018. Tari Tradisional Terbagi Menjadi Tiga. Brainly.https://brainly.co.id/tugas/14934436

Lutfiyana, Emma. 2015. Eksistensi Tari Lawet di Kabupaten Kebumen. (skripsi Fakultas Bahasa dan Seni Program Studi Pendidikan Seni Tari Universitas Negeri Yogyakarta)

Padalia, Andi.2002.Tari Pattudduk Suatu Kajian Antropologi Seni Tentang Pergeseran Orientasi Nilai Dari Sakral Ke Profan Di Tinambung Polmas.(Tesis Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Makassar).


Article Metrics

Abstract view : 197 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL PAKARENA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Program Studi Pendidikan Sendratasik
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar

Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung 
Jl.
Daeng Tata Makassar 90224

E-mail: pakarena@unm.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pakarena  dilisensikan di bawah  Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Internasional Creative Commons .

Pakarena diindeks oleh