PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS(STAD) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MAHASISWADI DI JURUSAN PKK FT UNM

Syamsidah Syamsidah(1*),

(1) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/mekom.v5i2.7446

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran   dengan model STADuntuk meningkatkan kreativitas mahasiswa. Metode penelitian yang  digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and development).  Penelitian pengembangan ini mengadopsi model Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang dimodifikasi melalui empat tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap  perancangan(design), tahap pengembangan (development)dan tahap penyebaran  (disseminate). Dalam tahap pengembangan dilakukan validasi ahli. Penelitian ini dirancang  berlangsung satu tahun, dan menghasilkan desain prototipe awal perangkat-perangkat pembelajaran, selanjutnya mengembangkan perangkat-perangkat pembelajaran Mata Kuliah piranti dapur, uji coba, evaluasi dan revisi.

 Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan model pembelajaran STAD efektif meningkatkan kreativitas mahasiswa.Hal ini dapat dilihat dari  dua aspek yaitu  keterlaksaan pembelajaran  yang diamati oleh tiga orang observer   dan hasil  penilaian angket kreativitas  mahasiswa. Selanjutnya, diperoleh produk/ perangkat pembelajaran yang dapat meningkatkan  kreativitas mahasiswa dengan kategori valid, efektif dan praktis serta diapresiasi baik oleh pengampu mata kuliah dasar boga. Produk perangkat pembelajaran berupa RPP-STAD,  dan buku ajar untuk mahasiswa jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga.


Keywords


Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Model STAD, Kreatifitas.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 24 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.