PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS(STAD) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MAHASISWADI DI JURUSAN PKK FT UNM
(1) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/mekom.v5i2.7446
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran dengan model STADuntuk meningkatkan kreativitas mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and development). Penelitian pengembangan ini mengadopsi model Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang dimodifikasi melalui empat tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan(design), tahap pengembangan (development)dan tahap penyebaran (disseminate). Dalam tahap pengembangan dilakukan validasi ahli. Penelitian ini dirancang berlangsung satu tahun, dan menghasilkan desain prototipe awal perangkat-perangkat pembelajaran, selanjutnya mengembangkan perangkat-perangkat pembelajaran Mata Kuliah piranti dapur, uji coba, evaluasi dan revisi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan model pembelajaran STAD efektif meningkatkan kreativitas mahasiswa.Hal ini dapat dilihat dari dua aspek yaitu keterlaksaan pembelajaran yang diamati oleh tiga orang observer dan hasil penilaian angket kreativitas mahasiswa. Selanjutnya, diperoleh produk/ perangkat pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa dengan kategori valid, efektif dan praktis serta diapresiasi baik oleh pengampu mata kuliah dasar boga. Produk perangkat pembelajaran berupa RPP-STAD, dan buku ajar untuk mahasiswa jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 89 times | PDF view : 19 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.