IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM MATA PELAJARAN DAN PENGEMBANGAN DIRI DI SMK

Wakila Awal(1*), Riana T.Mangesa(2), Syafiuddin Parenrengi(3),

(1) Guru SMK Ternate
(2) Jurusan Pendiidkan Teknik Elektro
(3) Jurusan Pendiidkan Teknik Otomotif
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/mekom.v5i2.7440

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi nilai-nilai karakter yang diintegrasikan ke dalam mata pelajaran serta melalui pengembangan diri di SMK Negeri 1 Kota Ternate. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui pengamatan, wawancara, studi dokumentasi dan triangulasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data (data reduction), penyajian data (display data), conclusion drawing/ verivication. Adapun pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini adalah uji Credibility (derajat kepercayaan) dengan cara melakukan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah dan guru memahami pengintegrasian nilai-nilai karakter ke dalam mata pelajaran, melalui silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berbasis pendidikan karakter. Pada penerapan nilai karakter melalui pengembangan diri dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler di sekolah meliputi Baca Tulis Al-Qur’an, pramuka dan olahraga.


Keywords


Nilai-nilai Karakter, Mata Pelajaran, SMK

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 27 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.