PERAN MINAT KERJA DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA SMK

Sulistianingsih AS Sulistianingsih(1*), Mojibur Rohman(2), Zaudah Cyly Arrum Dalu(3),

(1) STT STIKMA Internasional Malang
(2) UNIRA Malang
(3) STT STIKMA Internasional Malang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/mekom.v5i2.7436

Abstract


Kesiapan kerja adalah upaya menyiapkan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kesiapan kerja sangat penting dimiliki oleh seorang siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), karena siswa SMK merupakan harapan masyarakat untuk menjadi lulusan yang mempunyai kompetensi sesuai bidang keahliannya. Seiring dengan kebutuhan industri yang semakin meningkat serta kemajuan teknologi yang pesat, semakin menuntut proses yang serba cepat namun tepat. Tuntutan dunia industri tersebut mengharuskan dunia pendidikan untuk membekali para siswa agar saat lulus nanti sudah siap menghadapi dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesiapan kerja siswa dan variabel mana yang lebih dominan memberikan kontibusi terhadap kesiapan kerja siswa SMK di Malang. Variabel bebas yang diteliti adalah minat kerja dan prestasi belajar kejuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan yang telah melaksanakan Prakerin. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan ada kontribusi positif antara minat kerja dan prestasi belajar kejuruan terhadap kesiapan kerja siswa. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah minat kerja sebagai tinjauan dari variabel soft skill memberikan kontribusi yang lebih kecil dibandingkan kontribusi prestasi belajar kejuruan sebagai tinjauan dari variabel hard skill.


Keywords


Minat Kerja, Prestasi Belajar, Kesiapan Kerja, Siswa SMK.

Full Text:

PDF

References


Al-Mighwar, M. (2006). Psikologi remaja. Bandung: Pustaka Setia, 63–67.

Alfan, M. Z. (2014). Pengaruh Bimbingan Karir dan Lingkungan Sekolah Melalui Motivasi Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Negeri 2 Magelang. Economic Education Analysis Journal, 3(1).

Ali, M., & Asrori, M. (2004). Psikologi remaja. Jakarta: Bumi Aksara.

Arfandi, A. (2013). Relevansi Kompetensi Lulusan Diploma Tiga Teknik Sipil di Dunia Kerja. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(3).

Ariyanto, F., & Suparmin, S. (2014). Korelasi antara Prestasi Belajar Kejuruan dan Etos Kerja dengan Kesiapan Kerja di Otomotif Siswa Kelas XI TKR SMK Ma’arif 2 Gombong Kebumen Jawa Tengah. Jurnal Taman Vokasi, 2(2).

AS, S. (2014). Kontribusi Motivasi untuk Bekerja dan Prestasi Belajar AutoCAD terhadap Kesiapan Kerja Siswa di Bidang Jasa Konstruksi. DISERTASI Dan TESIS Program Pascasarjana UM.

Asrib, A. R., & Arfandi, A. (n.d.). Meeting the industrial demand of construction engineering graduate competence. Jurnal Pendidikan Vokasi, 7(3), 320–328.

Baiti, A. A., & Munadi, S. (2014). Pengaruh Pengalaman Praktik, Prestasi Belajar Dasar Kejuruan dan Dukungan Orang Tua Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2).

Depdiknas, P. B. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Fasikhah, S. S., & Fatimah, S. (2013). Self-regulated learning (SRL) dalam meningkatkan prestasi akademik pada mahasiswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(1), 145–155.

Hurlock, E. B., Istiwidayanti, Sijabat, R. M., & Soedjarwo. (1990). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Erlangga, Jakarta.

Kurniawati, A., & Arief, S. (2016). Pengaruh Efikasi Diri, Minat Kerja, dan Bimbingan Karir terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Program Keahlian Akuntansi. Economic Education Analysis Journal, 5(1).

Maryani, P. (2017). Kontribusi Bakat Mekanik dan Proses Belajar pada Mata Pelajaran Produktif terhadap Kompetensi Serta Kesiapan Untuk Bekerja di Industri. Innovation of Vocational Technology Education, 8(2).

Muayati, R., & Margunani, M. (2014). Pengaruh Praktik Kerja Industri (Prakerin), Penguasaan Mata Diklat Produktif Akuntansi dan Minat Kerja Siswa terhadap Kesiapan Menghadapi Dunia Kerja Siswa SMK Program Keahlian Akuntansi di SMK N 1 Salatiga Tahun Ajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal, 3(2).

Pujianto, P., & Arief, S. (2017). Pengaruh Pengalaman on The Job Traning dan Motivasi Dunia Kerja terhadap Kesiapan Kerja Siswa. Economic Education Analysis Journal, 6(1), 173–187.

Sasmito, A. P., Kustono, D., & Patmanthara, S. (2015). Kesiapan Memasuki Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI) Siswa Paket Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMK. Teknologi Dan Kejuruan, 38(1).

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Vani, S. (2015). Pengaruh Praktek Kerja Industri (Prakerin) dan Keterampilan Siswa terhadap Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Siswa Administrasi Perkantoran Smk N 3 Padang. JURNAL ECONOMICA: Research of Economic And Economic Education, 3(2), 185–195.

Walgito, B. (2005). Bimbingan dan konseling (Studi dan Karir). Yogyakarta: Andi.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, pp. 263–278).


Article Metrics

Abstract view : 689 times | PDF view : 163 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.