MENGOPTIMALKAN PENGGUNAAN JOBSHEET PRAKTIKUM PADA PEMBELAJARAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK NEGERI 5 GOWA

Riana T. Mangesa(1*), Kholik Prasojo(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/mekom.v10i1.47726

Abstract


Jobsheet merupakan lembar kerja praktik yang berisi pedoman yang harus dikerjakan oleh siswa, petunjuk langkah untuk menyelesaikan tugas praktik. Jobsheet adalah petunjuk praktik yang berisi alat, bahan yang digunakan, urutan petunjuk kerja, hasil pemeriksaan dan kesimpulan mengenai praktik yang dilaksanakan di laboratorium. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan jobsheet dalam praktik instalasi penerangan listrik di SMK Negeri 5 Gowa, dengan 1) membandingkan keterampilan siswa dalam praktik instalasi penerangan listrik menggunakan media jobsheet dan pembelajaran tanpa menggunakan jobsheet; 2) membandingkan ketuntasan belajar siswa yang diajar melalui media jobsheet dan pembelajaran langsung (papan tulis). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan the pretest-posttest non-equivalent control group design, menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas XII SMK Negeri 5 Gowa, yang terdiri dari 2 kelas. Dari populasi yang ada diambil dua kelompok secara random sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media jobsheet dalam praktik instalasi penerangan listrik di SMK Negeri 5 Gowa, efektif karena dapat; 1) meningkatkan keterampilan praktik instalasi penerangan listrik dan 2) menuntaskan hasil belajar siswa.


Keywords


iklim K3, peningkatan kesadaran K3, peranan guru

Full Text:

PDF

References


Rusman. (2013). Metode-metode pembelajaran: mengembangkan profesionalisme Guru. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Daryanto. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Widarto. 2013. Panduan Penyusunan Jobsheet Mapel Produktif pada SMK (online), http://staff. uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/dr-widarto-mpdpanduan - pengukuran-jobsheet-mapel-produktif-pada smk.pdf, diakses pada 1 Mei 2023.

Fatmawati, dkk. (2014). Makalah Pembuatan Jobsheet. Makassar: PKK, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.

Hasrul Bakri. (2009). Seri Buku Ajar. Mata Kuliah Instalasi Listrik 1. Universitas Negeri Makassar. Makassar: Agustus 2009.

PUIL (2011) Persyaratan Umum Instalasi Listrik.

Sulistiyanto, A.(2013). Pengembangan jobsheet praktik instalasi penerangan listrik sebagai media pembelajaran di Smk N 1 Cirebon. (Skripsi) Novitasarih.

Sundayana, (2014). Pengembangan jobsheet praktik instalasi penerangan listrik sebagai media pembelajaran di Smk N 1 Cirebon. (Skripsi) Novitasarih


Article Metrics

Abstract view : 121 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.