PENGARUH IKLIM K3 DAN PERANAN GURU TERHADAP PENINGKATAN KESADARAN K3 DI BENGKEL PADA PROGRAM PRODUKTIF SMK NEGERI 1 SEDAYU YOGYAKARTA

Retyana Wahrini(1*), Hasbi Hasbi(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/mekom.v9i2.40408

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh iklim K3 terhadap peningkatan kesadaran K3 di bengkel pada program produktif di SMK N 1 Sedayu Yogyakarta, (2) pengaruh peranan guru terhadap peningkatan kesadaran K3 di bengkel pada program produktif di SMK N 1 Sedayu Yogyakarta, (3) pengaruh iklim K3 dan peranan guru terhadap peningkatan kesadaran K3 di bengkel pada program produktif di SMK N 1 Sedayu Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK N 1 Sedayu Yogyakarta. Sampel penelitian ini diambil dengan proportional random sampling sebanyak 188 siswa. Variabel bebas dalam penelitian adalah iklim K3 (X1), peranan guru (X2), dan variabel terikat peningkatan kesadaran K3 (Y). Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Validitas instrumen dilakukan dengan expert judgement dan analisis butir menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Pengujian hipotesis dengan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Hasil penelitian ini adalah (1) iklim K3 berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kesadaran K3 dengan korelasi 0,659, nilai thitung = 5,341 > ttabel = 1,65, dan dengan nilai kontribusi 43,4%, (2) peranan guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kesadaran K3 dengan korelasi 0,658, nilai thitung = 6,815 > ttabel = 1,65, dan dengan nilai kontribusi 43,3%, (3) iklim K3 dan peranan guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kesadaran K3 dengan korelasi 0,711, nilai Fhitung= 94,813 > Ftabel = 2,99, dan dengan nilai kontribusi 50,6%.

Keywords


iklim K3, peningkatan kesadaran K3, peranan guru

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2018. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006, tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Departemen Pendidikan Nasional.

Matatula, Jack. 2018. Himpunan Peraturan Perundangan di Bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Diakses dari http://xa.yimg.com/kq/groups/3862917/357115816/name/himpunan+permen+bidang+K3.pdf. pada tanggal 28 Maret 2013.

Anizar. 2019. Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja Di Industri. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ismara, Ima. 2017. Budaya K3, Iklim K3 Dan Performansi K3 Di Rumah Sakit Se-DIY. Diakses dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/PSdisertasi%20safety%20culture%20climate%20performance%20tpb%20ul%20.pdf. pada tanggal 16 Maret 2013.

Mardiani, Dewi. 2017. Freeport Abaikan Prosedur Keselamatan Karyawannya. Diakses dari http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/13/05/15/mmujuf-freeport-abaikan-prosedur-keselamatan-karyawannya. pada tanggal 1 Juni 2013.

Siswoyo, Dwi, dkk. 2019. Ilmu Pendidikan. UNY Press: Yogyakarta.

Puluhan Siswa SMK 1 Muara Uya Keracunan. Diakses dari http://www.metrotanjung.com/2010/10/puluhan-siswa-smk-1-muara-uya-keracunan.html. pada tanggal 1 Juni 2013.

Ridley, John. 2017. Kesehatan dan Keselamatan kerja. (alih bahasa: Soni Astranto ). Jakarta : Erlangga.

Suparlan. 2018. Guru Sebagai Profesi. Hikayat Publishing: Yogyakarta.

Mulyasa, E. 2016. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Menyenangkan. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Sugihartono, dkk. 2017. Psikologi Pendidikan. UNY Press: Yogyakarta


Article Metrics

Abstract view : 90 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.