DESAIN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN APLIKASI SCREEN RECORDER DAN VIDEO CONFERENCE

Edy Sabara(1*), Retyana Wahrini(2), Aulia Sabril(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/mekom.v9i2.40406

Abstract


Pada pertengahan tahun 2019 seluruh negara di dunia menghadapi pandemi Covid-19 yang diakibatkan oleh virus Corona. Sampai sekarang awal tahun 2022 pandemi ini masih belum ditemukan obatnya dan bahkan terus meluas dan semakin banyak orang yang terjangkit virus ini. Adanya wabah virus ini menyebabkan pemerintah Indonesia memberlakukan pembatasan sosial dalam skala besar (PSBB) dan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) level 3, level 2, dan level 1 bagi daerah-daerah yang terjangkit penyakit ini termasuk kabupaten-kota di provinsi Sulawesi Selatan. Dampak dari diberlakukannya pemabatasan dalam dunia pendidikan salah satunya adalah menyebabkan sekolah harus menerapkan pembelajaran daring atau pembelajaran dari rumah. Berdasarkan kondisi tersebut, maka dalam merancang dan mempersiapkan proses pembelajaran melibatkan banyak komponen dan aktivitas yang harus terencana dengan baik, sistematis dan terukur dengan menggunakan teknologi internet dan aplikasi aplikasi interaktif. Namun sebagian besar guru yang mengajar pada satuan pendidikan di sekolah dasar khususnya guru di kabupaten Pangkajene dan Kepulauan masih mengalami kendala dalam menyiapkan perangkat pembelajaran, utamanya media audio visual yang bisa menjadi alternatif dalam penyampaian materi ajarnya. Kondisi seperti ini menjadi cukup potensial dijadikan sebagai lokasi sasaran kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam hal pelatihan pembuatan video pembelajaran dengan aplikasi rekam layar. Selain itu guru pada umumnya sudah memiliki laptop dan bahkan sekolah pada umumnya memiliki personal komputer, sehingga pemahaman tentang pengoperasian komputer sangat baik.

Keywords


Aplikasi interaktif, media pembelajaran, pelatihan, pendampingan

Full Text:

PDF

References


Muhasim, M. (2017) „Pengaruh tehnologi digital terhadap motivasi belajar peserta didik‟, Palapa, 5(2), pp. 53–77.

Salsabila, U. H. et al. (2020) „Pemanfaatan teknologi media pembelajaran di masa pandemi covid-19‟, Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), pp. 1–13.

Anderson, T. (2008) The theory and practice of online learning. Athabasca University Press.

Gagné, R. M. and Merrill, M. D. (1990) „Integrative goals for instructional design‟, Educational Technology Research and Development. Springer, 38(1), pp. 23–30.

Bonk, C. J. (2002) Online training in an online world. CourseShare. com Bloomington, IN.

Yuliani, M. et al. (2020) Pembelajaran daring untuk pendidikan: Teori dan penerapan. Yayasan Kita Menulis.

Maulah, S. and Ummah, N. R. (2020) „Persepsi Mahasiswa Biologi terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Pandemi Covid 19‟, ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(2), pp. 49–61.

Heinich, M. (no date) „Russel (1993) Instructional Media‟. New York: Memillan Publishing.

Ali, S. M., Habashy, T. M. and Kong, J. A. (1992) „Spectral-domain dyadic Green‟s function in layered chiral media‟, JOSA A. Optical Society of America, 9(3), pp. 413–423.

Arief, S. S. (1984) „Media Pembelajaran, Pengertian, Pengembangan, Penempatan‟, Jakarta: Rajawali.

Nurfitri, K. (2019) „Peningkatan Kompetensi Web Design Peserta Didik Menggunakan Metode “Rekam Layar” Di LKP Elite English School‟, J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer dan Informatika), 3(2), pp. 401–410.


Article Metrics

Abstract view : 16 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.