PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS STEM DI SMK UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI

Anita Candra Dewi(1*), chairunnisa AR Lamasitudju(2), Hendra Jaya(3),

(1) FT Universitas Negeri Makassar
(2) FT Universitas Negeri Makassar
(3) FT Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/mekom.v9i2.37557

Abstract


Pembelajaran berbasis STEM dapat memfasilitasi siswa SMK bagaimana mereka dapat belajar secara bermakna. Kegiatan PkM ini dilakukan secara offline dengan metode ceramah, modeling, tanya jawab/diskusi, tugas proyek, dan presentasi. Metode Ceramah: Pembelajaran elektronika dasar dengan pendekatan teori-konseptual STEM. Pemodelan: Mempraktikkan proyek STEM yang dapat dibuat dalam pembelajaran elektronika dasar di SMK. Kegiatan PkM yang diikuti peserta dalam hal ini guru sangat antusias, berjalan lancar, dan dapat meningkatkan pemahaman literasi dan numerasi. Guru SMK dapat menjadikan pembelajaran STEM dalam konteks elektronika dasar sebagai alternatif pembelajaran khususnya mata pelajaran produktif di kelas. Program Kemitraan Masyarakat mampu menjadi solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh guru SMK, bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk tugas guru dan pengembangan karir (83,33%), Memperoleh tambahan atau pendalaman konsep di bidang kajian dan pengembangan modul (75 %), Strategi atau model yang digunakan dalam kegiatan ini selaras atau sesuai dengan tuntutan/harapan guru (83,33%), guru mampu menerima secara komprehensif dari materi yang telah disampaikan dalam kegiatan (66,67%) , guru mampu memahami STEM secara utuh (80%), Guru mampu menyelenggarakan pembelajaran produktif di sekolah dengan STEM (91,67%), dan kegiatan semacam ini perlu dilakukan secara berkala (95%).

Keywords


STEM, SMK, Literasi, Numerasi

Full Text:

PDF

References


Hendra Suwardana, 2018. Revolusi Industri 4.0 Berbasis Revolusi Mental. JATI UNIK, 2018, Vol.1, No.2,Halaman 109-118. ISSN : 2597-6257 (Cetak). https://core.ac.uk/download/pdf/235152255.pdf

Ratih Hurriyati, 2019. Strategi Diferensiasi Program Studi Pendidikan Bisnis di Era Masyarakat 5.0. Universitas Negeri Malang.

Hadratullah, Trisno Martono, dan Yunastiti Purwaningsih. Pengembangan Strategi Pembelajaran Melalui Model Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Flip Charts Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X MA Nurul Iman Dasan Makam Lombok Timur. Diakses secara online 15 Feb 2022 di https://media.neliti.com/media/publications/120120-ID-pengembangan-strategi-pembelajaran-melal.pdf

Nanang Hanafiah & Cucu Suhana.2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika

Aditama

Henry Setya Budhi, Ulya Fawaida. 2021. Pengembangan Perangkat dan Model Pembelajaran Berbasis Mata Kuliah IPA Terpadu Melalui Pendekatan Stem (Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Teknik Dan Matematika). Jurnal Ilmiah Pendidikan (JIE) P-ISSN : 2774-857X Vol. 1, No. 1, Januari 2021. Halaman muka jurnal: http://journal.upgris.ac.id/index.php/JIE

Widiyanti, ISR, & Mizan, S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) bagi Mahasiswa Program Studi PGSD. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 5(2), 330-345. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i2.13952

Sulistiawati. 2021. Pembelajaran Terpadu Stem untuk Meningkatkan Literasi Matematika Calon Mahasiswa Guru Matematika pada Perkuliahan Pra Kalkulus 1. https://doi.org/10.25157/teorema.v6i1.4727

Anita Candra Dewi. 2021. Pelatihan Media Google Classroom Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia untuk Kelompok Guru Bahasa Sekolah Menengah Pertama (SMP). JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat) 6 (2), 679-686.

Soenarto, S. (1993). Strategi Manajemen Praktik PBM di SMK. Jurnal PTK, No. 2 Tahun 1. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Syahmani, Rilia Iriani, Mahdian, Rusmansyah, Shabrina Adzhani Febriati, Jahidah Rahmatillah, dan Dwi Maulina. Sosialisasi dan Pelatihan Pembelajaran STEM IPA-Kimia dalam Konteks Lahan Basah pada MGMP IPA-Kimia di Prodi Pendidikan Kimia Kabupaten Banjar. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat ISSN: 2722-3043 (online) ISSN: 2722-2934 (cetak) Vol 4 No 1 2022 Hal 52-63 , http://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/btj/indeks


Article Metrics

Abstract view : 474 times | PDF view : 116 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.