ANALISIS KEBUTUHAN PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING DENGAN MODULAR OBJECT-ORIENTED DYNAMIC LEARNING ENVIRONMENT DI SMK NEGERI 3 PAREPARE

Sugeng A. Karim(1*),

(1) UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/mekom.v3i1.2616

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment (MOODLE) sebagai pembelajaran berbasis e-learning di SMK Negeri 3 Parepare, dengan objek penelitiannya adalah GuruSMK bidang keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Dalam rangka mencapai tujuan dalam penelitian ini diajukan delapan aspek seputar pembelajaran berbasis IT di sekolah, kesesuaian MOODLE dengan program studi, penggunaan fasilitas IT dalam kegiatan pembelajaran, belajar secara online, belajar secara mandiri, penggunaan MOODLE dalam proses belajar siswa, bimbingan dalam menyelesaikan tugas-tugas siswa memalui MOODLE, dan penetapan nilai akhir tentang kompetensi siswa dapat dilakukan secara transparan melaui MOODLE. Data diolah dengan menggunakan metode analisis deskriptif dengan responden guru serta sample adalah guru TKJ. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan penelitian tentang analisis kebutuhan pembelajaran e-learning berbasis MOODLE di SMK Negeri 3 Parepare yang dilakukan dengan memberikan angket kepada guru-guru dengan item pertanyaan seputar aplikasi MOODLE maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran e-learning di SMK Negeri 3 Parepare perlu dilakukan.

Kata Kunci: Kebutuhan, MOODLE, SMK


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1018 times | PDF view : 280 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.