FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU MASYARAKAT MENGGUNAKAN ENERGY LISTRIK YANG HEMAT DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN (Studi Kasus Pada Kompleks Perumahan Type 70 Kota Makassar)

Alimuddin Sa’ban Miru(1*), Aminuddin Bakry(2), Andi Imran(3), Hilda Ashari(4),

(1) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(2) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(3) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(4) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/mekom.v8i2.22727

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menemukan pengetahuan tentang energy listrik yang hemat dan berwawasan lingkungan, sikap terhadap energy listrik, dan motivasi menggunakan energy listrik yang hemat dan berwawasan lingkungan masyarakat yang menghuni rumah type 70   di Kota Makassar; (2)untuk menemukan perilaku masayarakat menggunakan energy listrik yang hemat dan berwawasan lingkungan pada masyarakat yang menghuni rumah type 70   di Kota Makassar ; (3) untuk menemukan pengaruh pengetahuan tentang energy listrik yang berwawasan lingkungan, sikap terhadap energy listrik, dan motivasi menggunakan energy listrik yang hemat dan berwawasan lingkungan secara sendiri-sendiri dan secara bersama-sama terhadap perilaku masyarakat menggunakan energy listrik yang hemat dan berwawasan lingkungan yang menghuni rumah type 70   di Kota Makassar. Penelitian ini tergolong penelitian korelasional berlokasi pada kompleks perumahan type 70  di Kota Makassar. Besarnya sampel adalah 50  kepala keluarga dipilih dengan metode Purposive random sampling. Hasil Penelitian adalah (1) Pengetahuan, Sikap, dan Motivasi masyarakat yang menghuni pada perumahan type 70 di Kota Makassar menggunakan energy listrik yang hemat dan berwawasan lingkungan berada pada kategori sedang, (2) Perilaku masyarakat yang menghuni pada perumahan type 70 di Kota Makassar menggunakan energy listrik yang hemat dan berwawasan lingkungan berada pada kategori sedang, (3) Pengetahuan, Sikap, dan Motivasi masyarakat yang menghuni pada perumahan type 70 di Kota Makassar menggunakan energy listrik yang hemat dan berwawasan lingkungan berpengaruh secara signifikan baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap perilaku menggunakan energy listrik yang hemat dan berwawasan lingkungan.


Keywords


Pengetahuan, Sikap, Motivasi dan Perilaku Energi Listrik Yang Hemat Dan Berwawasan Lingkungan

Full Text:

PDF

References


Adini, G.D., 2012, Analisis Potensi Pemborosan Konsumsi Energi Listrik pada Gedung Kelas Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Skripsi, Universitas Indonesia, Depok.

Adnani H., 2011. Ilmu Kesehatan Masyarakat, Cetakan 1, Penerbit Nuha Medika, Yoyakarta.

Adnil Edwin Nurdin,. 2011. Tumbuh Kembang Perilaku Manusia. Penerbit Buku Kedokteran EGC, Jakarta

Ahmadi.2012. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Anderson, Lorin W. (Author). 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.

Azwar, A. 2012.Pengantar Ilmu Kesehatan Lingkungan, Jakarta: Mutiara Sumber Widya.

Boom, Benj amin S. 2001.A Taxonomi for Learning, Teaching and Assessment. New York: Longman.

Frytxell, Gerald E. & Lo, Carlos W. H. 2003.The Influence of Environmental Knowledge and Values on Managerial Behaviours on Behalf of the Environment: An Empirical Examination of Managers in China.Journal of Business Ethics46 (1):45 - 69.

Hunggerfort, H.R, and Trudi L. Volk., 1991.Changing Learner Behavior Trough Environmental Education.Unesco, UNDP, UNICEF, and World Bank. (www.elkhornsloughctp.org. Diakses 29 Maret 2017)

Kadir (1990), Energy. Jakarta. Universitas Negeri makassar

Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor: 86 Tahun 2002 Tentang Pedoman Pelaksanaan Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup Dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup

Moeller, Dade W. 1992. Environmental Health, USA: Harvard Uversity Press.

Notoatmojo.Soekijo. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku: Jakarta: Rineka Cipta.

Ojedokun, O. 2011. “Attitude towards littering as a mediator of the relationship between personality attributes and responsible environmental behavior” Waste management journal 31 (12), 2601-2611.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia 1 Nomor 70 Tahun 2009 I Tentang ~ Konservasi Energi

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Sarwono, S. W.2007. Psikologi Lingkungan. Kerjasama PPS Psikologi UI dengan PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta.

Slamet Juli Soemirat. 2011. Kesehatan Lingkungan. Yogyakarta: Gadjah Mada Uversity Press.

Sumantri, S. 2010. Pengolahan Sampah Padat. Jakarta: Paramiha.

Tukiyat., 2009. Perilaku Masyarakat Situ Rawa Besar dalam Mengelola Lingkungan. Sinopsis Disertasi. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Undang-Undang RI No. 23 tahun 1992 tentang Kesehatan Lingkungan

Undang-Undang RI No. 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup

Undang-Undang RI No. 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup

Undang-Undang RI No. 36 tahun 2009 tentang Kesehatan Lingkungan.


Article Metrics

Abstract view : 227 times | PDF view : 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.