PERAN AKTIVITAS KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
(1) Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(2) Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(3) Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/mekom.v8i2.22695
Abstract
Penggunaan seluruh potensi individu dalam aktivitas belajar akan mengakibatkan terjadi perubahan
perilaku tertentu. Menurut Rusman (2017) aktivitas belajar terjadi dalam satu konteks perencanaan
untuk mencapai suatu perubahan. Melalui kerja sama dan partisipasi aktif peserta didik dalam proses
penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat merangsang dan membentuk peserta didik
secara keseluruhan untuk meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
aktivitas pemecahan masalah dan hasil belajar siswa melalui penerapan model PBL pada mata kuliah
Pembelajaran Mikro. Metode penelitian menggunakan Classrom Action Research (CAR), yang
dilaksanakan dalam dua siklus. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, tes dan
dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penerapan sintaks PBL dapat meningkatkan aktivitas belajar dan meningkatkan
hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran mikro dengan Gain Indeks sebesar 0,75.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Archambault, J. (2008). The Effect of
Developing Kinematics Concepts
Graphically Prior to Introducing
Algebraic Problem Solving
Techniques. Action Research Required
for the Master of Natural Science
Degree with Concentration in Physics;
Arizona State University
Arikunto. S. (2015). Penelitian Tindakan
Kelas Edisi Revisi. Jakarta: Rineka
Cipta.
Aunurrahman.( 2016). Belajar dan
Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Azwar, S. (2010). Sikap Manusia Teori dan
Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Arends, R I.( 2012). Learning to Teach ninth
edition. New York: McGraw-Hill.
Choi, E., Lindquist, R., & Song, Y. (2014).
Effects of Problem-Based Learning vs.
Traditional Lecture on Korean
Nursing Students’ Critical Thinking,
Problem-Solving, and Self-Directed
Learning. Nurse Education Today,
(1), 52–56.
https://doi.org/10.1016/j.nedt.2013.02.
Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan
Metode Pembelajaran dalam Dinamika
Belajar Peserta didik. Yogyakarta:
Deepublish.
Ningrum, Epon. (2014). Penelitian
Tindakan Kelas: Panduan Praktis dan
Contoh. Yogyakarta: Ombak.
Nur, Muhammad. ( 2011). Pembelajaran
Bebasis Masalah. Surabaya: Unesa Press
Oktavianto, D. A., (2017). Pengaruh
Pembelajaran Berbasis Proyek
Berbantuan Google Earth terhadap
Keterampilan Berpikir Kritis the
Effect of Project-Based Learning
Assisted Google Earth to Spatial
Thinking Skills. Jurnal Teknodik,
(1), 059.
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran
Berorientasi Standar Proses
Pendidikan. Jakarta. Kencana.
Sardiman (2016) Interaksi dan Motivasi
Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Susanto, Ahmad. (2012). Teori Belajar dan
Pembelajaran di Sekolah Dasar.
Jakarta:Prenada Media Group.
Weiss, G. (2017). Problem-Oriented
Learning in Geography Education:
Construction of Motivating Problems.
Journal of Geography, 116(5), 206–
https://doi.org/10.1080/00221341.201
1272622.
Article Metrics
Abstract view : 153 times | PDF view : 64 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.