PERAN AKTIVITAS KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Riana T. Mangesa(1*), Mustari S. Lamada(2), Mardiana Mardiana(3),

(1) Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(2) Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(3) Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/mekom.v8i2.22695

Abstract


Penggunaan seluruh potensi individu dalam aktivitas belajar akan mengakibatkan terjadi perubahan
perilaku tertentu. Menurut Rusman (2017) aktivitas belajar terjadi dalam satu konteks perencanaan
untuk mencapai suatu perubahan. Melalui kerja sama dan partisipasi aktif peserta didik dalam proses
penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat merangsang dan membentuk peserta didik
secara keseluruhan untuk meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
aktivitas pemecahan masalah dan hasil belajar siswa melalui penerapan model PBL pada mata kuliah
Pembelajaran Mikro. Metode penelitian menggunakan Classrom Action Research (CAR), yang
dilaksanakan dalam dua siklus. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, tes dan
dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penerapan sintaks PBL dapat meningkatkan aktivitas belajar dan meningkatkan
hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran mikro dengan Gain Indeks sebesar 0,75.


Keywords


Keaktifan, Hasil Belajar, Problem Based Learning (PBL)

Full Text:

PDF

References


Archambault, J. (2008). The Effect of

Developing Kinematics Concepts

Graphically Prior to Introducing

Algebraic Problem Solving

Techniques. Action Research Required

for the Master of Natural Science

Degree with Concentration in Physics;

Arizona State University

Arikunto. S. (2015). Penelitian Tindakan

Kelas Edisi Revisi. Jakarta: Rineka

Cipta.

Aunurrahman.( 2016). Belajar dan

Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Azwar, S. (2010). Sikap Manusia Teori dan

Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Arends, R I.( 2012). Learning to Teach ninth

edition. New York: McGraw-Hill.

Choi, E., Lindquist, R., & Song, Y. (2014).

Effects of Problem-Based Learning vs.

Traditional Lecture on Korean

Nursing Students’ Critical Thinking,

Problem-Solving, and Self-Directed

Learning. Nurse Education Today,

(1), 52–56.

https://doi.org/10.1016/j.nedt.2013.02.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan

Metode Pembelajaran dalam Dinamika

Belajar Peserta didik. Yogyakarta:

Deepublish.

Ningrum, Epon. (2014). Penelitian

Tindakan Kelas: Panduan Praktis dan

Contoh. Yogyakarta: Ombak.

Nur, Muhammad. ( 2011). Pembelajaran

Bebasis Masalah. Surabaya: Unesa Press

Oktavianto, D. A., (2017). Pengaruh

Pembelajaran Berbasis Proyek

Berbantuan Google Earth terhadap

Keterampilan Berpikir Kritis the

Effect of Project-Based Learning

Assisted Google Earth to Spatial

Thinking Skills. Jurnal Teknodik,

(1), 059.

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran

Berorientasi Standar Proses

Pendidikan. Jakarta. Kencana.

Sardiman (2016) Interaksi dan Motivasi

Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Susanto, Ahmad. (2012). Teori Belajar dan

Pembelajaran di Sekolah Dasar.

Jakarta:Prenada Media Group.

Weiss, G. (2017). Problem-Oriented

Learning in Geography Education:

Construction of Motivating Problems.

Journal of Geography, 116(5), 206–

https://doi.org/10.1080/00221341.201

1272622.


Article Metrics

Abstract view : 153 times | PDF view : 64 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.