ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SISWA SMK NEGERI DI KOTA MAKASSAR

Mustari Lamada(1*), Edi Suhardi Rahman(2), Herawati Herawati(3),

(1) Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(3) Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/mekom.v6i1.12000

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan literasi siswa SMK Negeri yang ada di Kota Makassar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah kemampuan literasi siswa yang diukur dengan Skala Likert. Populasinya adalah masing-masing 30 siswa setiap SMK Negeri yang ada di kota Makassar yang berjumlah 10 sekolah, sedangkan penentuan sampelnya menggunakan teknik Random sampling dengan sampel sebanyak 300 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket). Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif dengan pengkategorian menggunakan program SPSS. Hasil analisis data kemampuan literasi siswa SMK Negeri yang di Kota Makassar diperoleh untuk literasi baca tulis dalam kategori sedang dengan presentase 67,3%. Untuk literasi numerisasi dalam kategori sedang dengan presentase 70,7%. Untuk literasi sains dalam kategori sedang dengan presentase 71,3%. Untuk literasi digital dalam kategori sedang dengan presentase 66,0%. Untuk literasi finansial dalam kategori sedang dengan presentase 72,7%, dan untuk literasi budaya dalam kategori sedang dengan presentase 72,0%.

Keywords


Kemampuan, Analisis, literasi

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2018). Agustus 2018: Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 5,34 Persen. Diakses dari https://www.bps.go.id/pressrelease/2018/11/05/1485/agustus-2017--tingkatpengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-34-persen.html pada tanggal 28 Februari 2019, Jam 12.25 WIB

Hurlock. (2012). Perkembangan Anak, jilid 2. Jakarta: Erlangga

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

P21. (2015). Framework for 21st Century Learning. Retrieved September 28, 2015, from http://www.p21.org/storage/documents/docs/P21_Framework_Definiti ons_New_Logo_2015.pdf

Sutriantno, dkk, (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Atas. Jakarta:Direktorat Jendral Dasar dan Pendidikan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayan Indonesia.

Tim GLN. 2017b. Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kemdikbud.


Article Metrics

Abstract view : 57 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.