PENGEMBANGAN APLIKASI MIND MAPPING DALAM MENYIAPKAN TOPIK PENELITIAN MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK UNM PROGRAM DIPLOMA DAN SARJANA DALAM RANGKA PERCEPATAN STUDI

Saliruddin Saliruddin(1), Hendra Jaya(2*),

(1) Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika FT UNM
(2) Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika FT UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/mekom.v6i1.11999

Abstract


Tujuan penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: 1) untuk mengetahui bagaimana mengembangkan Aplikasi Mind Mapping dalam menyiapkan Topik Penelitian mahasiswa FT UNM Program Diploma dan Sarjana dalam Rangka Percepatan Studi; 2) untuk mengetahui bagaimana desain model aplikasi Mind-Mapping dalam menyiapkan Topik Penelitian mahasiswa FT UNM Program Diploma dan Sarjana dalam Rangka Percepatan Studi; 3) untuk mengetahui bagaimana kelayakan media Aplikasi Mind Mapping dalam menyiapkan Topik Penelitian mahasiswa FT UNM Program Diploma dan Sarjana dalam Rangka Percepatan Studi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development). Proses pengembangan Aplikasi Mind Mapping dalam menyiapkan Topik Penelitian mahasiswa FT UNM Program Diploma dan Sarjana dalam Rangka Percepatan Studi menggunakan pengembangan perangkat lunak dengan menggunakan metode Software Development Life Cycle (SDLC) dengan Waterfall-based Model. Aplikasi Mind Mapping ini didesain sedemikian rupa untuk membantu mahasiswa dalam menyelesaikan studi tepat waktu yang terdiri dari: 1) Perencanaan Topik Penelitian; 2) Penyelesaian Tugas Akhir; Hingga pada 3) Proses Pembimbingan. Model aplikasi Mind-Mapping dalam menyiapkan Topik Penelitian mahasiswa FT UNM Program Diploma dan Sarjana dalam Rangka Percepatan Studi menggunakan Aplikasi berbasis Web yang dapatberjalan di Smartphone dengan alamat web http://mindmapfree.com/#. Aplikasi Mind Mapping dalam menyiapkan Topik Penelitian mahasiswa FT UNM Program Diploma dan Sarjana dalam Rangka Percepatan Studi berdasarkan respon mahasiswa dapat dilihat bahwa mahasiswa sangat tebantu dengan menggunakan Mind-Map. Mahasiswa sangat senang menggunakan Aplikasi mind map. Media yang digunakan, sangat membantu mahasiswa dalam memahami alur yang mahasiswa harus kerjakan mulai dari Strategi Penyelesaian Studi, Strategi Penulisan Tugas Akhir, dan Strategi Pembimbinga, Dengan menggunakan Aplikasi berbantuan mind map membuat mahasiswa semakin tertarik untuk Selesai Tepat waktu, dengan menggunakan Aplikasi berbantuan mind map membuat mahasiswa lebih menyadari pentingnya menyelesaikan Studi. Dengan menggunakan Aplikasi berbantuan mind map mahasiswa merasa tertantang untuk menciptakan sesuatu yang baru, Dengan menggunakan Aplikasi berbantuan mind map membuat mahasiswa lebih memahami langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memecahkan masalah.

Keywords


Mind Map, Percepatan Studi

Full Text:

PDF

References


Agus Triarso. 2012. Pengembangan Mobil Edukasi (m-edukasi). Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan Kemdikbud

Arief Pradetya. 2013. Berkat BlackBerry Messenger, Pasar BB Indonesia Masih 'Seksi'. diakses dari http://tekno.liputan6.com tanggal 1 Mei 2013.

Buzan, Tony. (2005). Buku Pintar Mind Mapping: Jakarta: Gramedia Pustaka

Corno, L., & Randi,J. (1999). Self-Regulated Learning. [On-line]. Tersedia :http

Dick, Walker & Carey. Lou, Carey., James O. (2001). The systematic design of Instruction (5th Ed). New York. Longman

Eva Imania Eliasa. 2011. Strategi Belajar. Seminar PPLKKN Mahasiswa di SMAK Al Islam Sleman, 2011

Gagne, R, M. & Briggs L.J. (1974). Principle of Instructional Design. New york: Holt, Rinehart & Winston.

Gall, D. Meredith., Borg., Walter R.(2003). Education Research : an Introduction. (7th Edition). Allyn and Bacon.

Haigh, W. (1993). Using Computer to Solve Problems by The Guess and Test Method. School Science and Mathematics, 93(2), 92 – 95

Hendra J, & Sapto H. 2010. Pengembangan Laboratorium Virtual di SMK Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Pada Mata Pelajaran Produktif. Proceeding Seminar Nasional FT UNESA. ISBN: 978-979-028-359-9. Hal.231-240

Hendra J., 2011. Web-Based Collaborative Learning And Virtual School To Support World-Class School Learning Process. Proceeding : Center for School Development. ISBN: 978-602-98622-0-1. Hal. 15-25

Kozma, R.B, Belle, L.W & Williams, G.W. (1978). Instructional Techniques in Higher Education. Englewood Cliffts, N.J. Educational Technology Publication

Muhibbin Syah. (2002). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : Rosda karya

Nana Sudjana, dan Ahmad Rivai.(2001). Media Pengajaran. Jakarta : Sinar Baru Algesindo.

Nurhadi dkk. (2003). Pembelajaran Kontekstual (CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Orlich, D.C, et.al.(2007). Teaching Strategies: A guide to Effective Instruction. New York: Houghton Mifflin Company.

Pusat Kurikulum.(2010). Bahan pelatihan penguatan metodologi pembelajaran berdasarkan nilai-nilai budaya untuk membentuk daya saing dan karakter.

Pintrich, P. R., & De Groot, E. (1991). Motivational And Self-Regulated Learning Components Of Classroom Academic Performance. Journal Of Educational Psychology

Suharsimi, Arikunto. (1988). Organisasi dan Administrasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Tasma Sucita. 2009. Pengembangan Model Pembelajaran Praktikum Berbasis Software Komputer. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro – Universitas Pendidikan Indonesia

Zimmerman, B. J. (1989). A Social Cognitive View Of Self-Regulated Academic Learning. Journal Of Educational Psychology.

Zulfa, Umi. 2010. Strategi Pembelajaran (Edisi Revisi). Yogyakarta: Cahaya Ilmu


Article Metrics

Abstract view : 280 times | PDF view : 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.