PEMANFAATAN QUIPPER SCHOOL DALAM KONSEP VIRTUAL CLASS UNTUK MELATIH KETERAMPILAN DAN AKTIVITAS BELAJAR SIMULASI DIGITAL DI SMK NEGERI 1 GARUT

Irwanto Irwanto(1*), Anceu Yulia(2), Nizar Alam Hamdani(3),

(1) Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik Elektro, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(2) Program Studi Teknologi Pendidikan, Program Pascasarjana STKIP Garut
(3) Program Studi Teknologi Pendidikan, Program Pascasarjana STKIP Garut
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/mekom.v6i1.11997

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan Quipper School dalam konsep virtual class untuk melatih keterampilan dan aktivitas belajar simulasi digital kelas X di SMK Negeri 1 Garut. Keterampilan (skill) simulasi digital yang kurang dan aktivitas belajar peserta didik yang berkurang karena pemanfaatan akses internet yang belum tepat atau belum dimanfaatkan untuk pembelajaran membuat penulis tertarik untuk melakukan analisis mengenai pemanfaatan akses internet untuk dunia pendidikan khususnya pembelajaran guna melatih skill dalam simulasi digital dan menambah aktivitas belajar peserta didik.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, metode ini meneliti sekelompok manusia, suatu set kondisi ataupun suatu kelas peristiwa yang kemudian menganalisis untuk menginterpretasikan data yang diperoleh dengan pemecahan masalah serta suatu fenomena akhir yang relevan. Penelitian ini akan memberikan gambaran tentang masalah atau fenomena yang terjadi di lingkungan SMK Negeri 1 Garut, siswa kelas X jurusan Farmasi dan Akuntansi tahun ajaran 2014/2015, informan dalam penelitian ini sebanyak 40 orang peserta didik. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi serta teknik analisis datanya adalah dengan menggunakan metode Miles dan Hubermen.Temuan yang didapat dalam penelitian ini adalah data-data empiris mengenai pemanfaatn Quipper School dalam konsep virtual class, skil) peserta didik dalam mata pelajaran simulasi digital, dan aktivitas belajar belajar peserta didik. Pemanfaatan Quipper School dalam konsep virtual class dapat membuat peserta didik menjadi terampil dalam mata pelajaran simulasi digital dan menambah aktivitas belajar peserta didik baik pada mata pelajaran simulasi digital maupun pada mata pelajaran lainnya.

Keywords


Quipper School, Virtual Class, Simulasi Digital, Internet

Full Text:

PDF

References


Clark, R. 2002. Six Principles of Effective E-learning : What Works and Why. Learning Solutions e-Magazine. Edisi: September 10, 2002. Jurnal.

Dabbagh, N & Brenda B. (2005). Online Learning Concepts, Strategies, And Application. New Jersey: Pearson Education.

Darmawan, D. (2014). Pengembangan E-Learning Teori dan Desain. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Depdiknas. (2003). Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Hamalik, O. (2009). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hamalik, O. (2009). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Joyce, B. (2009). Models of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kuswana, W. S. (2013). Dasar-dasar Pendidikan Vokasi dan Kejuruan. Bandung: CV Alfabeta.

Maspul. Tersedia di website http://punyasiapa.net/teori-charles-prosser-16-prinsip-pendidikan-kejuruan/. DiaksesTanggal 20 Maret 2015.

Miarso, Y. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana, Prenada Media Grup.

Monica, P. (2014). Tersedia di website http://id.techinasia.com/jumlah-pengguna-internet-indonesia-2014-2018/. Diambil tanggal 28 Februari 2015.

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: CV Alfabeta.

Naidu, S. 2003. E-learning: A Guidebook of Principles, Procedures and Practises. India: Commonwealth Educational Media Center for Asia (CEMCA). Jurnal.

Rizal, R. Company Profile. Tersedia di website. www.QuipperSchool.com/id. Diambil pada tanggal 1 Maret 2015

Stevan, M. (2014). Tersedia di website http://id.techinasia.com/jumlah-pengguna-smartphone-di-indonesia-2018/. Diakses tanggal 28 Februari 2015.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya. Jakarta PT Rineka Cipta.


Article Metrics

Abstract view : 12 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.