Pengaruh Gaya Kepemimpinan Otokratik dan Beban Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Melalui Emotional Labour

Melindawaty Muis(1*), Abdul Saman(2), Lukman Lukman(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik total sampling yang bertujuan untuk (1) untuk mengetahui ada pengaruh gaya kepemimpinan otokratik terhadap kepuasan kerja. (2) untuk mengetahui ada pengaruh beban kerja terhadap kepuasan kerja, (3) untuk mengetahui ada pengaruh kepemimpinan otokratik terhadap emotional labour, (4) untuk mengetahui ada pengaruh beban kerja terhadap emotional labour, (5) untuk mengetahui ada pengaruh kepuasan kerja terhadap emotional labour, (6) untuk mengetahui ada pengaruh kepemimpinan otokratik terhadap kepuasan kerja melalui emotional labour, (7) untuk mengetahui ada pengaruh beban kerja terhadap kepuasan kerja melalui emotional labour. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah gaya kepemimpinan otokratik dan beban kerja, sedangkan variabel terikatnya adalah kepuasan kerja dan variabel mediasinya adalah emotional labour. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai yang bertugas di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dan Ketenagakerjaan Kabupaten Maros (N=164). Teknik analisis data yaitu dengan analisis jalur dengan menggunakan aplikasi SPSS Mplus versi 8.3. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa tidak ada pengaruh gaya kepemimpinan otokratik terhadap kepuasan kerja (p>0.05), ada pengaruh beban kerja terhadap kepuasan kerja (p<0.05), tidak ada pengaruh gaya kepemimpinan otokratik terhadap emotional labour pegawai (p>0.05), ada pengaruh beban kerja terhadap emotional labour pegawai (p<0.05), ada pengaruh emotional labour terhadap kepuasan kerja pegawai (p<0.05), tidak ada pengaruh secara langsung gaya kepemimpinan otokratik terhadap kepuasan kerja melalui emotional labour (p>0.05), ada pengaruh langsung beban kerja terhadap kepuasan kerja melalui emotional labour (p<0.05).


Keywords


Gaya Kepemimpinan Otokratik, Beban Kerja, Emotional Labour, Kepuasan Kerja.

Full Text:

PDF

References


A. W. Handaru and N. Muna. (2012). Pengaruh Kepuasan Gaji Dan Komitmen Organisasi Terhadap Intensi Turnover, Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 3, 4.

Amalia, Destriyani. (2014). Pengaruh Perceived Organizational Support, Motivasi Kerja Dan Gender Terhadap Kepuasan Kerja Pada Karyawan PT. Jasa Marga. Skripsi Sarjana, Universitas islam Negeri Syarif Hidayatullah. https://repository.uinjkt.ac.id

Ardana, Komang dkk. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Atmoko, T Prasetyo Hadi. (2018). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan di Cavinton Hotel Yogyakarta. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation. 1(2).

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, Saifuddin (2014). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Badeni. (2014). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Bandung: Alfabeta.

Blanchard, Ken & Hersey, Paul. (1995). Manajemen Perilaku Organisasi: Pendayagunaan Sumber Daya Manusia, Alih Bahasa: Agus Dharma, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Brotheridge, C. M., & Lee, R. T. (2003). Development and Validation of The Emotional Labour Scale. Journal of Occupational and Organizational Psychology, 76(3), 365-379.

Busro, Muhammad. (2018). Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenadameidia Group.

Che Ngah, Haslina, et., al. (2013). Leadership Style Of General Managers and Job Satisfaction Antecedent Of Middle Managers in 5-Star Hotel in Kuala Lumpur. Asian Social Science. 9(15).

Cho, M., Bonn, M. A., Han, S. J., & Lee, K. H. (2016). Workplace Incivility and Its Effect Upon Restaurant Frontline Service Employee Emotions and Service Performance. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 28(12), 2888–2912. https://doi.org/10.1108/IJCHM-04-2015-0205

Chu, K. H. and Murrmann, S. K. (2006). Development and Validation of the Hospitality Emotional Labor Scale. Tourism Management. 27: 1181-1191.

Colquitt, J.A., Lepine, J.A. dan Wesson, M.J. (2009). Organization Behavior: Improving Performance and Commitment in the Workplace. New York: The McGraw-Hill Com., Inc.

Danang, Sunyoto. (2013). Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama Anggota Ikapi.

Dani, Aditia Rachman, and Siti Mujanah. "Pengaruh Servant Leadership, Beban Kerja Dan Kreativitas Terhadap Kinerja Karyawan Dinas Perhubungan Kabupaten Bangkalan Madura Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening." Media Mahardhika 19.3 (2021): 434-445.

Dhania, D.R. (2010). Pengaruh Stres Kerja, Beban Kerja Terhadap Kepuasan Kerja. Jurnal Psikologi Universitas Muria Kudus. 1(1), 15-23.

Gardner, W. L., Fischer, D., & Hunt, J. G. (2009). Emotional labor and leadership: A threat to authenticity? Leadership Quarterly, 20, 466-482. doi:10.1016/j.leaqua.2009.03.011

Grandey, A. A., Diefendorff, J. M., & Rupp, D. E. (Eds.). (2013). Emotional labor in the 21st century: Diverse perspective on emotion regulation at work. New York, NY: Routledge.

Hannani, Ahmad. (2016). Pengaruh Beban Kerja, Kepuasan, Fasilitas Terhadap Kinerja Perawat Di Ruang Perawatan Mawar Lantai II Rumah Sakit Umum Wisata UTT Makassar. Jurnal Mirai Manajemen. 1(2). https://journal.stieamkop.ac

Hariandja. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gramedia Widiasarana.

Hasibuan, Malayu S. P. (2007). Organisasi dan Motivasi Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hochschild, A. R. (2012). The Managed Heart: Commercialization of human feeling. California: University of California Press.

Hulin, C. L., dan Judge, T. A. (2003). Job attitudes: A theoretical and empirical review. Dalam W. C. Borman, D. R. Ilgen, & R. J. Klimoski (Eds.), Handbook of psychology, 12, 255-276. Hoboken, NJ: Wiley.

Jacob and Jacques. (2008). The Relationship Among Principal Leadership, School Culture, and Student Achievement in Missouri Middle Schools. University of Missouri-Columbia.

Kartono, Kartini. (2002). Psikologi Umum. Bandung: Sinar Baru Algies Indonesia.

Kartono, Kartini. (2005). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Rajawali Press.

Kaur, S. (2014). Impact of Work Environment On Job Satisfaction. International Journal of Scientific and Research Publications, 4(1), 547–554.

Krayer, K. J. & Westbrook, L. (1986). The relationship between communication load and job satisfaction. World Communication, 15, 85-99.

Kreitner, Robert & Kinicki, Angelo. (2007). Organizational Behaviour. (7th Ed), Mc.Graw Hill International.

Luthans, Fred. (2006). Organizational Behaviour. 10th Edition. McGraw-Hill Companies Inc.

Mahendrawan, I. G., & Indrawati, A. D. (2015). Pengaruh beban kerja dan kompensasi terhadap kepuasan kerja PT. Panca Dewata Denpasar (Doctoral dissertation, Udayana University).

Malik, M. E., Ghafoor, M. M. & Iqbal, H. K. (2012). Impact of brand image, service quality, and price on customer satisfaction in Pakistan telecommunication sector. International Journal of Business and Social Science, 3(23): 123-129.

Mangkunegara, Anwar Prabu. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Rosda.

Mansoor, Muhammad et al.. (2011). The Impact of Job Stress on Employee Job Satisfaction A Study on Telecommunication Sector of Pakistan. Journal of Business Studies Quarterly, Vol.1:,No.3:h:50

Mastracci.S.H., Mary E. G. & Meridith. A.N. (2011). Emotional labor and Crisis Response working on the Razor’s Edge. New York: Routledge.

McShane, S. L., Von Glinow, Mary Ann. (2017). Organizational Behavior. (4th Ed.). New York: McGraw-Hill.

Morris, J. A., & Feldman, D. C. (1996). The Dimensions, Antecedents and Consequences of Emotional Labor. Academy of Management Review, 21, 986-1010.

Nurdiyani, I. (2015). Hubungan antara emotional labor process (surface acting dan deep acting) terhadap employee well being pada perawat instalasi rawat inap RS X wilayah Surabaya. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Surabaya: Universitas Airlangga

Permata, N. (2007). Dinamika manajemen emosi sesuai tuntutan kerja (emotional labor) pada karyawati penjualan dan promosi. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Prof. Dr H. EDY Sutrisno, M.Si. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. 1, Prenda Media Group Jakarta.

Putra, A. S. (2012). Analisis Pengaruh Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Divisi Marketing dan Kredit PT. WOM Finance Cabang Depok. Skripsi. Institut Pertanian Bogor.

Ramayah, T., Jantan, M., & Tasidina, S. K. (2001). Job Satisfaction: Empirical evidence for alternatives to JDI. National Decision Sciences Conference. San Francisco. Global Issues.

Perawati, P., Rukhayati, R., & Rahman, A. (2019). Pengaruh Beban Kerja Dan Stres Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Pada Dinas Energi Dan Sumber Daya Mineral Daerah Provinsi Sulawesi Tengah. Jurnal Kolaboratif Sains, 2(1).

Ratnaningsih, Ika Zenita. (2015). Manajemen Emosi Sesuai Tuntutan Kerja (Emotional Labor) Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Pada Wiraniaga. Jurnal Psikologi Undip, 14(1), 21-28. http://eprints.undip.ac.id/51968/

Riggio, R. E. (2000). Introduction To Industrial/ Organizational Psychology., (3rd Ed). New Jersey: Prentice Hall.

Robbins, Stephen P., Judge, Timothy A. (2008). Perilaku Organisasi. Edisi 12 Buku 1. Terjemahan: Diana Angelica, Ria Cahyani dan Abdul Rosyid. Jakarta: Salemba Empat.

Robbins, Stephen P., Judge, Timothy A. (2012). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Robbins, Stephen P., Judge, Timothy A. (2015), Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Saputra, F., & Mahaputra, M. R. (2022). Effect of Job Satisfaction, Employee Loyalty and Employee Commitment on Leadership Style (Human Resource Literature Study). Dinasti International Journal of Management Science, 3(4), 762–772.

Satria, P. A., & Dewi, P. P. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi: Studi Kasus pada Koperasi Simpan Pinjam di Kabupaten Gianyar. Jurnal Ilmiah Akuntansi & Bisnis, 4(1), 81-95.

Savas, N., Nazlican, E., Turhan, E. (2012). Job Satisfaction and Sociodemographic factors affecting garbage worker’s quality of life in Antakya (antioch), Turkey. Primary Health Care: Open Access. 2(1). doi: 10.4172/phcoa. 1000110.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2013). Research Methods for Business. In A Skill-Building Approach (7th Ed, hal. 237–266). Chichester: Wiley.

Skansi, D. (2000). Relation of Managerial Efficiency and Leadership Style Empirical Study in Hrvatska Elektroprivreda. Journal Management, 5(2):51-67.

Soedjono. (2005). Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Organisasi dan Kepuasan Kerja Karyawan pada Terminal Penumpang Umum di Surabaya. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 7(1).

Solimun, F., Fernandes, N., & Nurjannah, N. (2017). Metode statistika multivariat pemodelan persamaan struktural (SEM) pendekatan WarpPLS. Malang: UB Press.

Spector, P. E. (2012). Industrial and organizational psychology: Research and practice, (6th Ed). New Jersey : John Wiley & Sons, Inc.

Steven Jordan Gunadi Ong. (2018). Jurnal Pengaruh Gaya Kepemimpinan Otokratik Terhadap Kepuasan Kerja.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunarso. (2010). Pengaruh Kepemimpinan, Kedisiplinan, Beban Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia. 4(1).

Sutikno. (2014). Pemimpin dan Kepemimpinan: Tips Praktis untuk Menjadi Pemimpin yang diidolakan. Lombok: Holistica Lombok.

Sutikno. (2015). Pemimpin dan Kepemimpinan: Tips Praktis Untuk Menjadi Pemimpin yang Diidolakan. Lombok: Holistica.

Top, M., Akdere, M., & Tarcan, M. (2015). Examining transformational leadership, job satisfaction, organizational commitment and organizational trust in Turkish hospitals: public servants versus private sector employees. International Journal of Human Resource Management, 26(9), 1259–1282. https://doi.org/10.1080/09585192.2014.939987

Veithzal, Rivai. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, Edisi ke 6, Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Wahyudi, Agus. (2017). Analisis Gaya Kepemimpinan, Komitmen Organisasi Dan Komunikasi Terhadap Semangat Kerja Karyawan (Studi Kasus Pada Dealer Indomobil Nissan Datsun Jember). Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Jember. http://repository,unmuhjember.ac.id/1263/

Wahyuni, S., Sukatin, S., Fadilah, I. N., & Astri, W. (2022). Gaya Kepemimpinan Otoriter (Otokratik) Dalam Manajemen Pendidikan. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 123-130.

Wharton, Amy S. (2009). The Sociology of Emotional Labour. Annual Review of Sociology 35(1). DOI: 10.1146/annurev-soc-070308-115944. https://www.researchgate.net/publication/228173721_The_Sociology_of_Emotional_Labor.

Wibowo. (2007). Manajemen Kinerja. Edisi ketiga. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Wibowo. (2015). Perilaku Dalam Organisasi. Edisi Kedua. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wirawan. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Desivilya, H. S & Yagil, D. 2005. The Role of Emotions In Conflict Management: The Case of Work Teams. The International Journal of Conflict Management. 16 (1): 55-69.

Year M, Vita Simanungkalit, dan Endang Setyaningsih. (2003). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT. Lion Mentari Airline. Universitas Gunadarma.

Yuniarsih, Tjuju. (2017). Kinerja Unggul Sumber Daya Manusia. Bandung: Rizqi Press.

Yule, G.U., & Kendall, M.G. (1911). An introduction to the theory of statistics (14th ed. rev.)

Zaki, H., & Marzolina. (2016). Pengaruh Beban Kerja dan Keadilan Kompensasi Terhadap Turnover Intention Melalui Kepuasan Kerja Pada Karyawan PT. Adira Quantum Multifinance Cabang Pekanbaru. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, 8. (3).


Article Metrics

Abstract view : 34 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats