PENGARUH MONEY PRIMING TERHADAP PERILAKU MENOLONG PADA REMAJA AKHIR

Muhammad Anshary Arma Arsyad(1), Lukman Lukman(2*), Hilwa Anwar(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Perilaku menolong merupakan tindakan yang dilakukan individu secara sukarela dengan tujuan untuk membantu individu lain yang membutuhkan. Salah satu faktor yang ditemukan memengaruhi perilaku menolong, yaitu money priming. Money priming merupakan pemberian stimulus untuk mengaktifkan konsep uang yang dilakukan tanpa sadar pada individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh money priming terhadap perilaku menolong pada remaja akhir. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen between subject design, randomized two groups design, posttest only. Penelitian ini melibatkan remaja akhir dengan rentang usia 18-21 tahun (N=35). Penelitian ini menggunakan teknik analisis data Mann Whitney U. Analisis data diperoleh nilai signifikansi (p) sebesar 0,26 (p > 0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh money priming terhadap perilaku menolong pada remaja akhir. Implikasi temuan ini membuktikan bahwa semangat gotong royong dan tolong menolong masih ada dan penting untuk tetap dijaga agar tidak hilang, misalnya dengan melakukan pelatihan yang dapat meningkatkan empati.

Keywords


money priming, perilaku menolong, remaja akhir

Full Text:

PDF

References


Alfianti, M. (2021). Fenomena perilaku prososial saat ini. diakses dari https://www.kompasiana.com/mairani91155/6130f3970101905fd90b77a3/fenomena-perilaku-prososial-saat-ini.

Ampuni, S. (2020). Pandemi dan revitalisasi karakter prososial bangsa. diakses dari https://psikologi.ugm.ac.id/pandemi-dan-revitalisasi-karakter-prososial-bangsa/.

Dewall, C, N., Baumeister, R, F., Gailliot, M, T., & Maner, J, K., (2008). Depletion makes the heart grow less helpful: Helping as a function of self-regulatory energy and genetic relatedness. Personality and Social Psychology Bulletin, 34(12), 1653-1662. 10.1177/0146167208323981.

El-Hafiz, S., Nauly, M., Fauzia, R., Pitaloka, A., Takwin, B., Hakim, M, A., Minza, W, M., Firmansyah, M, R., Purba, R, M., Yustisia, W., Hudijana, J., Botutihe, S, N., Shadiqi, M, A., Abidin, Z., & Moningka, C. (2018). Psikologi sosial: Pengantar dalam teori & penelitian. Salemba Humanika.

Fitriani, W. (2012). Bias budaya dalam tes psikologi ditinjau dari aspek testee dan alternatif solusinya. Ta’dib, 15(2), 189-198.

Gloria. (2016). Sebagian alat tes psikologi masih impor. Diakses dari https://www.ugm.ac.id/id/berita/11080-sebagian-besar-alat-tes-psikologi-masih-impor.

Ganser, J., & Huda, F. (2010). 已阅 Music’s effect on mood and helping behavior. UW-L Journal of Undergraduate Research, XII, 1–5.

Gasiorowska, A., Chaplin, L, N., Zaleskiewicz, T., Wygrab, S., & Vohs, K, D. (2016). Money cues increase agency and decrease prosociality among children: Early signs of market-mode behaviors. Psychological Science, -(-), 1-14. 10.1177/0956797615620378

Kayuan, I, M, W, M., & Tobing, D, H. (2021). Pengaruh empati dan moral disengagement terhadap perilaku prososial pada remaja yang tinggal di kota dan desa. Journal of Psychology and Humanities, 1(2), 13-22.

Latane, B., & Darley, J, M. (1968). Group inhibition of bystnader intervention in emergencies. Journal of Personality and Sosial Psychology, 10(3), 215-221.

Li, X., & Xie, X. (2017). The helping behavior helps lighten physical burden. Basic and Applied Social Psychology, 39(4), 183–192. https://doi.org/10.1080/01973533.2017.1320762

Lodder, P., Ong, H, H., Grasman, R, P, P, P., & Wicherts, J, M. (2019). A comprehensive meta-analisis of money priming. American Psychological Association. 10.1037/xge0000570.

Miller, J. G., Bersoff, D. M., & Harwood, R. L. (1990). Perceptions of Social Responsibilities in India and in the United States: Moral Imperatives or Personal Decisions? Journal of Personality and Social Psychology, 58(1), 33–47. https://doi.org/10.1037/0022-3514.58.1.33

Mok, A., & Cremer, D. (2017). Too tired to focus on others? Reminders of money promote considerate responses in the face of depletion. Journal of Business and Psychology, 33(3), 405–421. https://doi.org/10.1007/s10869-017-9497-6

Myers, D. (2012). Psikologi sosial (10 ed.). Jakarta: Salemba Humanika.

Nickell, G. (1998). The helping attitudes scale. Paper presented at convention of the American Psychological Association.

Pfeffer, J., & DeVoe, S. E. (2009). Economic evaluation: The effect of money and economics on attitudes about volunteering. Journal of Economic Psychology, 30(3), 500–508. https://doi.org/10.1016/j.joep.2008.08.006.

Savani, K., Mead, N. L., Stillman, T., & Vohs, K. D. (2016). No match for money: Even in intimate relationships and collectivistic cultures, reminders of money weaken sociomoral responses. Self and Identity, 15(3), 342–355. https://doi.org/10.1080/15298868.2015.1133451

Simarmata, N., Yuniarti, K, W., Riyono, B., & Patria, B. (2020). Gotong royong in indonesian history. Digital Press Social Sciences and Humanities, 5(00006), 1-15. doi: 10.29037/digitalpress.45341.

Usmadi. (2020). Pengujian persyaratan analisis (uji homogenitas dan uji normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50-62.

Vohs, K. D., Mead, N. L., & Goode, M. R. (2006). The Psychological of Money Consequences. 314(5802), 1154–1156.

Wahidah, S. (2018). Pengaruh konformitas teman sebaya terhadap perilaku menolong korban bullying di smk negeri 1 tenggarong. Motivasi, 6(1), 36–49. http://ejurnal.untag-smd.ac.id/index.php/MTV/article/viewFile/3720/3575

Wierzbicki, J., & Zawadzka, A. M. (2016). The effects of the activation of money and credit card vs. that of activation of spirituality – which one prompts pro-social behaviours?. Current Psychology, 35(3), 344–353. https://doi.org/10.1007/s12144-014-9299-1

Yusainy, C. (2019). Panduan riset eksperimental dalam psikologi. Malang: UB Press.


Article Metrics

Abstract view : 124 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats