Pengaruh Kesiapan dan Keterlibatan Siswa Terhadap Prestasi Akademik pada Era Digital

Ika Suarsi(1*), Muhammad Daud(2), Widyastuti Widyastuti(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik cluster random sampling yang bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh kesiapan siswa terhadap prestasi akademik, (2) mengetahui pengaruh keterlibatan siswa terhadap prestasi akademik, dan (3) mengetahui pengaruh kesiapan dan keterlibatan siswa terhadap prestasi akademik pada era digital. Variabel bebas dalam penelitian adalah kesiapan dan keterlibatan siswa, sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi akademik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bulukumba sebanyak 236 siswa, sedangkan sampelnya berjumlah 106 siswa. Data hasil penelitian diperoleh melalui skala dan dokumentasi nilai rapor. Teknik analisis data yaitu dengan analis regresi berganda. Berdasarkan hasil statistika inferensial diperoleh hasil penelitian yaitu (1) secara parsial kesiapan siswa tidak berpengaruh terhadap prestasi akademik, (2) keterlibatan siswa berpengaruh terhadap prestasi akademik, dan (3) ada pengaruh secara simultan kesiapan dan keterlibatan siswa terhadap prestasi akademik di era digital.


Keywords


prestasi akademik, kesiapan siswa, keterlibatan siswa

Full Text:

PDF

References


Azis, T. N. (2019). Strategi Pembelajaran Era Digital. Annual Conference on Islamic Education and Social Sains (ACIEDSS 2019), 1(2), 308–318.

Cleary, T. J., Slemp, J., & Pawlo, E. R. (2021). Linking student self-regulated learning profiles to achievement and engagement in mathematics. Psychology in the Schools, 58(3), 443–457. https://doi.org/10.1002/pits.22456

Fredricks, J. A., Blumenfeld, P. C., & Paris, A. H. (2004). School engagement: potential of the concept, state of the evidence. Review of Educational Research, 74(1), 59-109.

http://dx.doi.org/10.3102/00346543074001059

Guo, J. P., Yang, L. Y., Zhang, J., & Gan, Y. J. (2022).

Academic self-concept, perceptions of the learning environment, engagement, and learning outcomes of university students: relationships and causal ordering. Higher Education, 83(4), 809–828. https://doi.org/10.1007/s10734-021-00705-8

Izzaty, R. E., Ayriza, Y., Setiawati, F. A., & Amalia,

R. N. (2017). Prediktor Prestasi Belajar Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi, 44(2), 153. https://doi.org/10.22146/jpsi.27454

Polat, E., Hopcan, S., & Arslantaş, T. K. (2022). The Association between Flipped Learning Readiness, Engagement, Social anxiety, and Achievement in Online Flipped Classrooms: a Structural Equational Modeling. Education and Information Technologies, 27(8), 11781–11806. https://doi.org/10.1007/s10639-

-11083-8

Schnitzler, K., Holzberger, D., & Seidel, T. (2021). All better than being disengaged: Student engagement patterns and their relations to academic self-concept and achievement. European Journal of Psychology of Education, 36(3), 627–652. https://doi.org/10.1007/s10212-020-00500-6

Sari, I. K. (2018). Keterlibatan siswa di sekolah sebagai variabel moderator pada hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi akademik siswa SMP Muhammadiyah di Kota Malang (Tesis tidak diterbitkan, Program Magister Psikologi Universitas Negeri Malang, Malang)

Schaufeli, W. B., Salanova, M., González-romá, V., & Bakker, A. B. (2002). The measurement of engagement and burnout: a two sample confirmatory factor analytic approach. Journal of Happiness Studies, 3(1), 71-92.

http://dx.doi.org/10.1023/A:1015630930326

Slameto. (2010). Belajar dan faktor – faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sulastri, S., & Priambang, Y. (2021). Pengaruh Keterlibatan Akademik dan Kesiapan Digital Terhadap Prestasi Akademik Pada Pembelajaran Online. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 10(1), 9- 14. https://doi.org/10.26740/jupe.v10n1.p9-14 https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jupe/article/vie w/42937

Suryabrata, S. (2002). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: PT.Raja grafindo persada

Tomaszewski, W., Xiang, N., & Western, M. (2020). Student engagement as a mediator of the effects of socio-economic status on academic performance among secondary school students in Australia. British Educational Research Journal, 46(3), 610–630. https://doi.org/10.1002/berj.3599

Willms, J. D. (2003). Student engagement at school: A sense of belonging and participation; Results from PISA 2000. Diakses dari http://www.oecd.org/education/school/programmefor internationalstudentassessmentpi sa/33689437.pdf. (Diakses pada November, 2021)


Article Metrics

Abstract view : 155 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats