Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kecemasan Akademik Siswa SMAN 5 Makassar

Nur Fadhilah Radiah Alim(1*), Ahmad Razak(2), Novita Maulidya Jalal(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Siswa memiliki tugas dan tanggungjawab untuk menyelesaikan tugas sekolah dan memahami materi pembelajaran. Hal ini membuat siswa harus bersaing untuk memperoleh prestasi belajar yang membanggakan. Tuntutan peran sebagai siswa mampu menimbulkan kecemasan. Siswa yang mengalami kecemasan dapat menghambat prestasi belajar. Cara yang dapat dilakukan dalam mengatasi perasaan cemas dengan meningkatkan kecerdasan emosional. Siswa yang cerdas secara emosi cenderung mampu mengontrol perasaan cemas yang dirasakan ketika menghadapi situasi sulit saat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap kecemasan akademik siswa SMAN 5 Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kecerdasan emosional dan kecemasan akademik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 5 Makassar sebanyak 210. Data dianalisis menggunakan teknik uji normalitas dan linearitas, dan analisis regresi sederhana dengan bantuan SPSS. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap kecemasan akademik dengan nilai signifikasi sebesar (0,00<0,05) yang berarti Ha diterima. Artinya semakin tinggi kecerdasan emosional maka semakin rendah kecemasan akademik pada siswa SMAN 5 Makassar. Penelitian ini berimplikasi pada bidang psikologi pendidikan dan sebagai masukan bagi siswa serta guru dalam meningkatkan kecerdasan emosional dengan memaksimalkan layanan konseling.


Keywords


Kecemasan Akademik, Kecerdasan Emosional, Siswa

Full Text:

PDF

References


Agus, H. P., & Wilani, N. M. (2018). Peran kecemasan menghadapi ujian pada mahasiswa tahin pertama program studi pendidikan dokter di fakultas kedokteran. Jurnal Psikologi Udayana, Edisi Khusus. 156-163.

Annisa, L. M., Suryani, S., & Mirwanti, R. (2018). Tingkat kecemasan mahasiswa keperawatan dalam menghadapi ujian berbasis computer based test. Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Kesehatan, 16(2). 67-75. DOI: 10.30595/medisains. v16i2.2522

Arora, B. (2017). Importance og emotional intelligence in the workplace. International Journal of Engineering and Appliied Science, 4(1). 43-45

Goleman, D. (2001). Kecerdasan Emosional Untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta: PT. Gramedia, alih bahasa Alex Tri Kantjono.

Goleman, D. (2009). Emotional Intelligence (Why It Can Matter More Than IQ). London: Bloomsbury

Hooda, M., & Saini, A. (2017). Academic: anxiety overview. Educational Quest: An International Journal of Education and Applied Social Science, 8(3). 807-810. DOI: 10.5958/2230-7311.2017.00139.8

Madoni, E. R., & Mardliyah, A. (2021). Determinasi religiusitas, kecerdasan emosional dan dukungan sosial terhadap kecemasan akademik siswa. Jurnal Consulenza: Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 4(1). 1-10.

Maqsood, A., & Ijaz, T. (2013). Develompment an validation of study anxiety scale for school students. Pakistan Journal of Social & Clinical Psychology, 11(1). 29-35.

Purwati, P., & Nurhasanah, N. (2017). Deskripsi pengsruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan matematika unipa. Jurnal Pancaran Pendidikan, 5(4). 169-178.

Riskesdas. (2018). Hasil utama riset kesehatan dasar. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 1-100.

Reber, A. S., & Reber, E. S. (2010). Kamus Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sarifah, S. (2016). Hubungan kecerdasan emosi dengan kecemasan ibu hamil pertama trimester ke 3 dalam menghadapi persalinan di samarinda. Jurnal Psikoborneo, 4(1). 10-17.

Suarti, N. K., Astuti, F. H., & Gunawan, I. M., Ahmad, H., & Abdurrahman. (2020). Layanan informasi dalam rangka meminimalisisr kecemasan akademik siswa. Jurnal Kependidikan 1(2). 111-117.

Zevara, D. F., & Suherman, M. M. (2018). Hubungan antara tingkat kecemasan dengan prestasi akademik mahasiswa di kota bandung. Jurnal FOKUS, 1(3). 111-116.


Article Metrics

Abstract view : 292 times | PDF view : 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats