Pengaruh Stres dan Dukungan Sosial Terhadap Dukungan Sosial Pada Remaja Yang Orang Tuannya Bercerai

Istiqamah Juraidin(1*), Syamsul Bahri Thalib(2), Eva Meizara puspita Dewi(3),

(1) Universitas negeri makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Mengetahui apakah stres dan dukungan sosial berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa yang orang tuanya bercerai di SMK Negeri 2 Gowa. Dengan sampel sebanyak 62 Responden dan menggunakan metode sampel karakteristik. Teknik pengumpulan data yaitu dengan penyebaran kuesioner serta telah melakukan uji validitas dan reabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda dan uji T dengan menggunakan software SPSS versi 25. Hasil uji dengan SPSS 25 menggunakan uji T (Parsial) diperoleh T hitung > T tabel atau 9,533 > 2,001 sehingga Stres (X1) dikatakan berpengaruh. Selain itu signifikansi stres sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dinyatakan bahwa stres memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar. Melalui pengujian yang sama yaitu uji T diperoleh nilai T hitung untuk dukungan sosial, T hitung > T tabel atau 13,278 > 2,001 sehingga dikatakan berpengaruh. Selain itu nilai signifikansi dukungan sosial sebesar 0,000 < 0,005 sehingga dikatakan bahwa dukungan sosial berpengaruh terhadap motivasi belajar.

Full Text:

PDF

References


Ainul Hakiki, “Dampak Perceraian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Remaja Di Madrasah Aliyah Islamiyah Ciputat”, (Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: 2017).

Aprilia, L. P. P. (2020). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kesejahteraan Psikologis Pada Individu Usia Dewasa Awal Yang Memiliki Orang Tua Bercerai (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Yogyakarta).

Ashriati, N., Alsa, A., Suprihatin, T. 2018. Hubungan Antara Dukungan Sosial Orangtua Dengan Kepercayaan Diri Remaja Penyandang Cacat Fisik SLB-D YPAC Semarang. Jurnal Psikologi Proyeksi. Vol 1, No 1, Hal 47-70.

Asy’ari, M., Ekayati, I.N & Andik, M. 2014. Konsep Diri, Kecerdasan Emosi dan Motivasi Belajar Remaja. Jurnal Psikologi Indonesia. Vol 3. No.1 hal 83-89

Audina, M., Yamin, M., & Wirman, R. P. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Terpadu Remaja Di Sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri Jambi Luar Kota (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).

Azwar, S. 2017. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Relajar.

B. Uno, Hamzah. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta : Bumi Aksa

Baron, R.A., Byrne, D. (2012). Psikologi Sosial Ed.10 J. 2. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Clercq, L, D., Smet, B. 2017. Psikologi Kesehatan: Suatu Pendahuluan. Universitas Katholik Sukgijapranata.

Cohen and Hoberman, 2016. Motivational and Self-Regulated Learning Components of Classroom Academic Performance.Jurnal Of Education Psychology.Vol 82, No 1.

Demolingo, D,P, dkk, ( 2018 ). Hubungan stres dengan motivasi belajar pada maharemaja semester V program studi ilmu keperawatan fakultas kedokteran universitas sam Ratulangi Manado. Jurnal Keperawatan Vol 6. No 1.

Demolingo, D. P. A., Kalalo, F., & Katuuk, M. E. (2018). Hubungan Stres Dengan Motivasi Belajar Pada Maharemaja Semester V Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Keperawatan, 6(1).

Dimyati, & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Djiwandono, S, E, W. 2005. Konseling dan Terapi Dengan Anak dan Orang Tua. Jakarta: Gramedia.

Donsu, Jenita DT. (2017). Psikologi Keperawatan.Yogyakarta : Pustaka Baru Press

Duri Kartika, C., Ruhaena, L., & Psi, S. (2015). Hubungan antara kecerdasan emosi dengan stres akademik maharemaja fakultas psikologi universitas muhammadiyah surakarta (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA).

Effendi, R, W., Tjahjono, E. 2018. Hubungan Perilaku Coping dan Dukungan.Sosial Dengan Kecemasan Pada Ibu Hamil Anak Pertama. Jurnal:Anima. Vol 14, No. 54.

Emeralda, G. N., & Kristiana, I. F. (2018). Hubungan antara dukungan sosial Orang Tua dengan motivasi belajar pada remaja Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Empati, 6(3), 154-159.

Eviaty., Satiadarma, M, P. 2019. Persepsi Terhadap Dukungan Sosial Rekan Sekerja dan Gejala Burnout (Studi Pada Perawat Unit Perawatan Intensif). Jurnal Phronesis. Vol 7, No 2.

Firdaus, A. R. 2018. Hubungan Dukungan Sosial Dengan Motivasi Belajar Pada Maharemaja Di Universitas Muhammadiyah Semarang (Relationship Of Social Support With Learning Motivation In Students In The University Of Muhammadiyah.

Gordon, T. 2020. Mengajar Anak Berdisiplin Diri di Rumah dan di Sekolah. Terjemahan Purwanto. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hasanah, M., & Sutopo, S. (2020). Pengaruh School Well-Being Terhadap Motivasi Belajar Remaja di Madrasah Aliyah. Ummul Qura: Jurnal Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan, 15(2), 34-42.

Hasanah, U. (2020). Pengaruh perceraian orangtua bagi psikologis anak. Agenda: Jurnal Analisis Gender dan Agama, 2(1), 18-24.

Idzhar, A. (2016). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar remaja. Jurnal office, 2(2), 221-228.

Indriani, D., Haslan, M. M., & Zubair, M. (2018). Dampak Perceraian Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Anak. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 5(1).

Irwanto. 2017. Penggunaan Strategi Self-Monitoring Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik SMK. Jurnal Psiko-Edukasi. Vol 2, No 3.

Kahar, I. (2018). Pengaruh Motivasi Dan Minat Belajar Remaja Kelas X Terhadap Hasil Belajar Servis Atas Bola Voli SMANegeri 18 Luwu (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).

Kendal, Gottlieb, and Hemmen, B, H. 2018. Marshaling Sosial Support Formats, Processes and Effects.United States: Sage Publication.

Kim dan Sherman. 2018. Memelihara Kedekatan Dalam Menjalin Hubungan. Catatan Kuliah (Psikologi sosial). Yogyakarta.

Koller, R., & Williams, D. (2017, May). Will serverless end the dominance of linux in the cloud?. In Proceedings of the 16th Workshop on Hot Topics in Operating Systems (pp. 169-173).

Latipun. 2019. Psikologi Eksperimen. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press.

Lazarus dan Folkman, 2018. Does Coping Help? A Reexamination ofthe Relation Between Coping and Mental Health. Journal ofPersonality and Sosial psychology.Vol 53, No 2.

Liandari, F. M. (2021). Hubungan antara Interaksi Teman Sebaya dengan Stres pada Santri Remaja di Pondok Pesantren Darul Qurán Wal Irsyad Wonosari.

Liandari, F. M. (2022). Hubungan antara Interaksi Teman Sebaya dengan Stres pada Santri Remaja di Pondok Pesantren Darul Qurán Wal Irsyad Wonosari.

Lukaningsih, Z & Bandiyah, S. 2011. Psikologi Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medikaas

Marisa, C., & Putri, A. M. (2017). The influence of individual counseling in improving learning motivation for students. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 137-144.

Marks, D.F, Murray, M., Evans, B., & Willig, C. (2002). Health Psychology Theory, Research and Practice. New Delhi: Sage Publications Inc.

Mashudi, P. 2019. Kebutuhan Dasar Manusia, Stres Adaptasi dan Koping Mekanisme. Disajikan Pada Pelatihan Mata Ajar Kesehatan Jiwa Bagi Guru SPKSJ-SPK.Bogor.

Meiriana, A. (2016). Hubungan Antara Coping Stres dan Dukungan Sosial Dengan Motivasi Belajar Pada Remaja yang Orang Tuanya Bercerai. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2).

Ni’mah, A. (2014). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Self Efficacy Dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Maharemaja Jurusan Bimbingan Dan Konseling Universitas Negeri Semarang Angkatan 2009. Skripsi. Semarang: UNNES

Nuzliah, K. M. B. (2015). Kreativitas Terhadap Problem Solving (Pemecahan Masalah) Remaja Dalam Belajar Serta Implikasi Terhadap Bimbingan Dan Konseling di SMPN 29 Padang. Jurnal Edukasi, 1(3).

Oktora, N. D. (2021). Dampak Perceraian Orang Tua Bagi Psikologis Anak. SETARA: Jurnal Studi Gender dan Anak, 3(2), 24-34.

Peserta didiknto, S. 2017. Peran Self-Efficacy dan Strategi Coping Terhadap Hubungan Antara Stresor Kerja dan Stres Kerja. Jurnal: Psikologika. No 19.

Pramadi, A., Lasmono, H, K. 2018. Koping Stres Pada Etnis Bali, Jawa, dan Sunda.Jurnal: Anima. Vol 18, No 4.

Prawira, A. 2018.Pengaruh penggunaan Media Gambar dan Motivasi Belajar Terhadap Kepribadian Peserta didik Pada Pendidikan Budi Pekerti.Jurnal Tabularasa. Thn II, Vol 4.

Prayascitta, P. (2010). Hubungan antara coping stres dan dukungan sosial dengan motivasi belajar remaja yang orangtuanya bercerai.

Priyoto. (2014). Konsep manajemen stres. Yogyakarta: Nuha Medika.

Purnaningsih, F. (2016). Motivasi Belajar Remaja yang Mengalami Broken home (Studi Kasus).

Puspita, F. C. (2018). Hubungan Stres Terhadap Motivasi Belajar Maharemaja Tingkat Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Majority, 7(3), 24-33.

Safaria dan Saputra. 2018. Pengaruh Persepsi Mengenai Kondisi Lingkungan Kerja dan Dukungan sosial Terhadap Tingkat Burnout pada Perawat IRD RSUD dr. Soetomo Surabaya. Jurnal Insan. Vol 6, No 1.

Sarafino, E, P. 2016. Health Psychology Biopsychososial Interaction.Second edition

Sarason. 2019. Abnormal Psychology. New-Jersey: Prentical Hall

Sardiman, A, M. 2017.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sardiman. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sarwono. S, W. 2016. Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Savira, L. A., Setiawati, O. R., Husna, I., & Pramesti, W. (2021). Hubungan Stres dengan Motivasi Belajar Maharemaja disaat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(1), 183-188.

Savira, L. A., Setiawati, O. R., Husna, I., & Pramesti, W. (2021). Hubungan Stres dengan Motivasi Belajar Maharemaja disaat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(1), 183-188.

Smet, B. 2017. Psikologi Remaja dan Kesehatan. Jakarta: Grasindo

Stanley, M. dan Patricia G. Beare, (2007). Buku ajar keperawatan gerontik. Edisi 2. Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Sugiono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tunggadewi, T. P., & Indriana, Y. (2018). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Motivasi Belajar Pada Santri Di Pesantren Tahfidz Daarul Qur’an Jawa Tengah. Jurnal Empati, 6(3), 313-317.

Ulfa, M. (2020). Peran Keluarga dalam konsep psikologi perkembangan anak usia dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 3(1), 20-28.

Uno, H, B. 2017. Teori Motivasi dan Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara.

Wiramihardja, Y. 2017. Peran Dukungan Orang tua dan Guru Terhadap Penyesuaian Sosial Anak Berbakat Intelektual. Jurnal Provitae. No 1.

Wlodkowski, R, J., Jaynes, J, H. 2018. Hasrat Untuk Belajar (Membantu Anak-Anak Termotivasi dan Mencintai Belajar). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yamin, M., 2018. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Cipayung: Gaung Persada.

Zuhara, I., Muflikhati, I., & Krisnatuti, D. (2017). Stresor, social support, coping strategy, stres, and life satisfaction of married woman student. Journal of Family Sciences, 2(1), 1-14.


Article Metrics

Abstract view : 362 times | PDF view : 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats