Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Construct 2 pada Materi Ekosistem Siswa MTS Tanah Gunung

Mustari S. Lamada(1), Muhammad Riska(2), Muhammad Fiqri W.R(3*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v6i3.53279

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian research and development (R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis android dengan materi ekosistem menggunakan aplikasi Construct 2 dan mengetahui hasil uji media pembelajaran menggunakan standar ISO 25010 yang terdiri dari aspek functional suitability, portability, perfomance efficiency, dan usability. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D (Define, Design, Develop, and Disseminate). Berdasarkan hasil pengujian menggunkan standar ISO 25010, pada aspek: a) pengujian pada aspek functional suitability memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 100 % pada aspek media dan 94,5 % pada aspek konten/materi dengan kriteria sangat layak; b) pengujian pada aspek portability memperoleh nilai persentase sebesar 100%; c) pengujian aspek performance efficiency dinyatakan memenuhi standar; d) pengujian aspek usability diperoleh nilai rata-rata persentase tanggapan pengguna seberas 85,55% dan termasuk dalam kategori sangat baik.

Keywords


Media Pembelajaran; Android; Ekosistem; Construct 2; ISO 25010

Full Text:

PDF

References


Dewi, P.K. dan Budiana, N., Media pembelajaran bahasa: aplikasi teori belajar dan strategi pengoptimalan pembelajaran. Malang: UB Perss, 2018.

Iklimah, Mala & Agung, Yudha, A., Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Menggunakan Software Construct 2 Pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar Di Smk Negeri 1 Sidoarjo, Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2018.

International Organization for Standardization, ISO/IEC, 25010, 2011.

Jocom, N., Peran Smartphone Dalam Menunjang Kinerja Karyawan Bank Prismadana (Studi Pada Karyawan Bank Prismadana Cabang Airmadidi), Journal “Acta Diurna,” 2013.

Lefudin, Belajar dan pembelajaran dilengkapi dengan model pembelajaran, strategi pembelajaran, pendekatan pembelajaran dan metode pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish, 2017.

Mulyawan, M.D., Kumara, I.N.S., Swamardika, I.B.A. dan Saputra, K.O., Kualitas Sistem Informasi Berdasarkan ISO/IEC 25010: Literature Review, Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, 2021.

Permana, S.D.H., Pembangunan Aplikasi Game Android Pengenalan Pola Warna Pada Paud Posdaya, JURNAL INFOTEL - Informatika Telekomunikasi Elektronika, 2016.

Riduwan, Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2015.

Sulfiani, EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK BERBASIS MANAJEMEN KELAS SufSapti, Mujiyem, ‘, Jurnal Al-Ta’dib, vol. 53, no. 9, hal. 127–144, 2019.

Sugiyono, Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development (R&D). Bandung: Alfabeta, 2017.[1]–[10]


Article Metrics

Abstract view : 105 times | PDF view : 60 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mustari S. Lamada, Muhammad Riska, Muhammad Fiqri W.R

Terindeks:

        

 

 

Diterbitkan Oleh:

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,

Makassar, Telp. (0411) 889629

Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id

 Creative Commons License
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Web Analytics View My Stats MediaTIK