Podcast; Media Ajar Kreatif Dalam Pembelajaran Sejarah

Khaeruddin Khaeruddin(1*),

(1) Prodi Pendidikan Sejarah FIS-H Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v6i1.47076

Abstract


Abstrak - Mata pelajaran sejarah yang dianggap sebagai mata pelajaran membosankan, terus meningkatkan rasa malas  peserta didik untuk belajar sejarah. Hal tersebut mengharuskan tenaga pendidik untuk mampu mengkolaborasikan kreativitas pada teknologi dengan media ajar. Penggunaan podcast dapat menjadi alternatif yang dapat digunakan didalam maupun diluar kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran dan strategi media podcast sebagai media ajar kreatif yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran sejarah. Dalam penulisan artikel ini, penulis menggunakan pendekatan dan analisis sejarah melalui studi kepustakaan dalam mengumpulkan data. Penulisan artikel ini menggunakan data yang diperoleh dari sumber-sumber tertulis seperti buku, artikel ilmiah yang berhubungan dengan pembahasan dalam artikel yang akan ditulis.  Hasil yang di dapatkan dari penelitian ini bahwa Podcast pada pembelajaran dikelas sangat baik digunakan untuk belajar menyimak akan tetapi tenaga pendidik harus mampu menyesuaikan dengan materi ajar serta kemampuan belajar peserta didiknya. Guru pada proses pembelajaran akan sangat terbantu dengan penggunaan podcast. Hal ini disebabkan karena penyampaian materi ajar lebih khususnya pada pembelajaran sejarah yang dapat digabungkan baik berupa teks, gambar dan video  pada meteri ajar yang bersifat teori  serta materi yang bersifat praktek. Keterkaitan dengan hal tersebut maka, pembelajaran akan lebih terarah karena peserta didik dapat menerima materi secara jelas.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Al-Asmahi, M. I., Novrianti, N., Zuliarni, Z., & ... (2022). Pengembangan Desain Pesan Podcast Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Literasi Digital, 2(2), 85–95. https://www.pusdig.my.i d/literasi/article/view/229

Amalia, M. N. (2021). Sebuah Kajian Pustaka: Tren Podcast sebagai Media dalam Pembelajaran Bahasa kedua. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(2), 168–176. https://doi.org/10.35569/biormatika.v7i2.1146

Aziz, R. R., Degeng, I. N. S., & Soepriyanto, Y. (2022). Pengembangan Media Video Podcast Pada Pembelajaran Sejarah Kelas XI Materi Pendudukan Bangsa Jepang Di Indonesia. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 05(03), 265–273. https://doi.org/10.17977/um038v5i32022p265

Farhan, M. (2022). PENGGUNAAN PODCAST SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. Jurnal Estetika, Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 64–71.

Hutabarat, P. M. (2020). Pengembangan Podcast sebagai Media Suplemen Pembelajaran Berbasis Digital pada Perguruan Tinggi. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 2(2), 107–116. https://doi.org/10.7454/jsht.v2i2.85

Khusnul Fatonah, D. L. (2021). Pemanfaatan Media Podcast Dalam Pembelajaran Menyimak Bagi Siswa Kelas IV di SDN Kebon Jeruk 06 Jakarta Barat. Jurnal Seminar, 298–305.

Maghfiroh, Z. L. (2022). Persepsi Santri Terhadap Penerapan Podcast Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Audio. TA’LIM: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(1), 37–50.

Mayangsari, D., & Tiara, D. R. (2019). Podcast Sebagai Media Pembelajaran Di Era Milenial. Jurnal Golden Age, 3(02), 126. https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i02.1720

Putri, Y. E., Pratiwi, W. D., & Nurhasanah, E. (2021). Penerapan Media Podcast terhadap Menyimak Puisi dalam Pembelajaran Daring Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2371–2379. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.858

Rukmantara, R. A. S. G. (2017). Penggunaan Audio Visual Youtube “Arabic Podcast” Pada Pembelajaran Maharah Kalam di SMA Muhammadiyah 4 Depok. Al-Irsyad, 105(2), 79. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Saepuloh, M. F., Nurwahidah, L. S., & Kartini, A. (2021). Media Pembelajaran Podcast untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi. Caraka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Bahasa Daerah, Vol 10(2), 107–116.

Setiawati, T., Kurdi, M. S., Kurdi, M. S., & ... (2022). Strategi pembelajaran yang komunikatif berbasis media siniar. Jurnal Komunikasi …, 6(4), 414–422. https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jkp/article/view/4795%0Ahttps://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jkp/article/download/4795/2495

Sudarmoyo. (2020). Podcast sebagai Alternatif Media Pembelajaran Jarak Jauh. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 65–73.

Sugatri, M. (2021). Peranan Siniar sebagai Media Pembelajaran Sosiologi di Masa Pandemi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(1), 58–66. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i1.219

Sulthoni, M., Tejamukti, I., & Suprijono, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Berbasis Podcast Sebagai Media Pelengkap Pembelajaran Learning Management System (Lms) Pada Mata Pelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Siswa Sekolah Indonesia Davao. Maharsi, 3(2), 13–23. https://doi.org/10.33503 /maharsi.v3i2.1745

Suriani, A., Chandra, C., Sukma, E., & Habibi, H. (2021). Pengaruh Penggunaan Podcast dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Berbicara pada Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 800–807. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.832

Susilowati, R. D., Sutama, S., & Faiziyah, N. (2020). Penerapan Podcast pada Aplikasi Spotify Sebagai Media Pembelajaran Matematika di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 4(1), 68. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v4n1.p68-78

Syahputra, W. F., & Novrianti. (2022). Pengembangan Podcast Sebagai Media Pembelajaran Siswa SMA pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Jurnal Literasi Digital, 2(1), 36–45. https://doi.org/10.30605/jld.2.1.2022.113

Widyatnyana, K. N., & Rasna, W. (2021). Pembelajaran keterampilan Menyimak Dengan Menggunakan Media Podcast Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 10(2), 230–231. https://ejournal2. undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/695


Article Metrics

Abstract view : 179 times | PDF view : 419 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Khaeruddin Khaeruddin