Peningkatan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa Pada Materi Mendesain Jaringan LAN Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Kelas X TKJ 2 SMK Negeri 1 Larantuka

Maria Hendrina Boleng(1*), Muhammad Yusuf Mappeasse(2), Muh Nasrun(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMKN 10 Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v5i2.33782

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada dan tidaknya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Adapun jenis penelitian
ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X TKJ 2 SMK Negeri 1 Larantuka yang berjumlah 32 orang.
Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis
deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa, hal ini terbukti dari persentase
ketuntasan siswa secara klasikal dari pra siklus yang hanya sebesar 68,75% meningkat menjadi 87,5% pada siklus I dan kembali
meningkat pada siklus II mencapai 93,75%, sedangkan persentase hasil pengamatan keaktifan siswa pada siklus I mencapai 72%
kemudian naik pada siklus II menjadi 82%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan
keaktifan dan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Project Based Learning.


Keywords


Project Based Learning, Desain Jaringan LAN, Keaktifan, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 263 times | PDF view : 140 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Maria Hendrina Boleng, Muhammad Yusuf Mappeasse