Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar

Nuridayanti Nuridayanti Nuridayanti(1*), Muhammad Muhammad Akil(2), Fitrah A Darmawan(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v3i1.14372

Abstract


Problem posing adalah model pembelajaran yang mengharuskan peserta didik dapat menyusun soal dan menjawabnya sendiri untuk
merekonstruksi pemahaman mereka, sehingga model pembelajaran ini diasumsikan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian
ini dilakukan Untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar peserta didik dengan penerapan model pembelajaran problem posing dan bagaimana
pengaruh penerapan model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian menggunakan jenis penelitian quasi
eksperimen dengan menggunakan subjek penelitian berjumlah 54 peserta didik. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan
angket dan tes hasil belajar. Data yang ada dianalisis menggunakan uji t. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik dengan
penerapan model pembelajaran problem posing lebih besar dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dan terdapat pengaruh
penerapan model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar peserta didik.


Keywords


Hasil belajar, Problem posing.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 218 times | PDF view : 67 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020

Terindeks:

        

 

 

Diterbitkan Oleh:

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,

Makassar, Telp. (0411) 889629

Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id

 Creative Commons License
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Web Analytics View My Stats MediaTIK