Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v3i1.14372
Abstract
Problem posing adalah model pembelajaran yang mengharuskan peserta didik dapat menyusun soal dan menjawabnya sendiri untuk
merekonstruksi pemahaman mereka, sehingga model pembelajaran ini diasumsikan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian
ini dilakukan Untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar peserta didik dengan penerapan model pembelajaran problem posing dan bagaimana
pengaruh penerapan model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian menggunakan jenis penelitian quasi
eksperimen dengan menggunakan subjek penelitian berjumlah 54 peserta didik. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan
angket dan tes hasil belajar. Data yang ada dianalisis menggunakan uji t. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik dengan
penerapan model pembelajaran problem posing lebih besar dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dan terdapat pengaruh
penerapan model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 218 times | PDF view : 67 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020
Terindeks:
Diterbitkan Oleh:
Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,
Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,
Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,
Makassar, Telp. (0411) 889629
Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Stats MediaTIK