Pelaksanaan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Dan Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik

Retyana Retyana Wahrini(1*), Labusab Labusab Labusab(2), Elfira Elfira Makmur(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v3i1.14370

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) persepsi siswa tentang model pembelajaran kooperatif STAD terhadap
hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengendali daya tegangan rendah di SMKN 1 Sedayu Yogyakarta, (2) pemanfaatan sumber belajar
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengendali daya tegangan rendah di SMKN 1 Sedayu Yogyakarta, dan (3) persepsi siswa
tentang model pembelajaran kooperatif STAD dan pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran
pengendali daya tegangan rendah di SMKN 1 Sedayu Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto yang dilakukan di SMKN
1 Sedayu Program Keahlian TITL. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian TITL dengan populasi sebanyak 105
siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket. Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis
regresi ganda. Validitas instrumen penelitian ini melalui expert judgement kepada dosen ahli sedangkan reliabilitas instrumen diketahui dengan
rumus alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persepsi siswa tentang model pembelajaran kooperatif STAD tergolong sangat
baik; (2) Pemanfaatan sumber belajar tergolong sangat baik; (3) Hasil belajar siswa Program Keahlian TITL di SMKN 1 Sedayu Yogyakarta
yang telah mencapai nilai KKM sebanyak 40%, dan siswa yang belum mencapai nilai KKM 60%.; (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan
persepsi siswa tentang model pembelajaran kooperatif STAD terhadap hasil belajar siswa ditunjukkan dengan Y= 29,798 + 0,540X1 dengan
kontribusi sebesar 48,6%.; (5) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar siswa ditunjukkan
dengan Y = 41,637+0,367X2 dengan kontribusi sebesar 28,7%; (6) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang model
pembelajaran kooperatif STAD dan pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar siswa ditunjukkan dengan
Y=30,028 + 0,570 X1-0,034 X2 dengan kontribusi sebesar 48,7%


Keywords


STAD, Sumber Belajar, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 135 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020

Terindeks:

        

 

 

Diterbitkan Oleh:

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,

Makassar, Telp. (0411) 889629

Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id

 Creative Commons License
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Web Analytics View My Stats MediaTIK