IMPLEMENTASI METODE WEIGHTED PRODUCT TERHADAP PENENTUAN PENINDAKAN PENGADUAN DAN METODE SERVQUAL UNTUK MENGETAHUI KEPUASAN PELANGGAN

Ayu Permata Sari(1*), Roni Roni Andarsyah(2), Rd Rd Nuraini(3), Muhammad Hidayat Muhajir(4),

(1) Politeknik Pos Indonesia
(2) Politeknik Pos Indonesia
(3) Politeknik Pos Indonesia
(4) Univeritas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v3i2.14361

Abstract


Layanan pengaduan masyarakat adalah salah satu bentuk partisipasi untuk ikut berperan dalam membangun dan
pengawasan terhadap kinerja suatu perusahaan. Dalam proses pengaduan PT. Pos Indonesia, masih mengalami kesulitan
dalam menentukan pengaduan yang lebih mendesak, sehingga dalam menentukan pengaduan yang lebih mendesak atau
diprioritaskan untuk segera ditindaklanjuti membutuhkan waktu yang lama serta belum tentu hasil yang didapat juga benar.
Kesulitan lainnya adalah PT. Pos Indonesia tidak dapat mengetahui layanan apa saja yang telah memuaskan pelanggan dan
layanan apa saja yang perlu ditingkatkan. Maka penulis membuat sistem layanan pengaduan agar dapat mempermudah
dalam menentukan pengaduan yang diprioritaskan untuk ditindaklanjuti lebih dahulu, dan juga mempermudah PT. Pos
Indonesia untuk dapat mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan PT. Pos Indonesia. Penelitian ini
menggunakan metode Weighted Product yaitu salah satu metode penyelesaian masalah. Dengan menggunakan metode
Weighted Product (WP) akan mencari bobot untuk setiap kriteria, kemudian dilakukan proses peringkat yang akan
menentukan alternatif optimal dari pengaduan. Metode Weighted Product dapat membantu dalam mengambil keputusan
prioritas pengaduan. Dan metode Servqual untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan dengan ukuran seberapa baik suatu
layanan. Hasil dari penelitian ini, mempermudah dalam menentukan pengaduan yang diprioritaskan untuk ditindaklanjuti
dan mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan PT. Pos Indonesia.


Keywords


PT Pos Indonesia, Kepuasan Pelanggan, Kepuasan Layanan Pengaduan, Layanan Pengaduan Pelanggan, Metode Servqual, Metode Weighted Product, Prioritas Pengaduan

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 176 times | PDF view : 83 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020

Terindeks:

        

 

 

Diterbitkan Oleh:

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,

Makassar, Telp. (0411) 889629

Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id

 Creative Commons License
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Web Analytics View My Stats MediaTIK