ANALISIS DISFEMISME KEBAHASAAN DALAM DIALOG PENDIDIKAN DI GROUP FACEBOOK KEMENDIKBUD REPUBLIK

Muh Irfan Rahman(1*), Muhammad Saleh(2), Usman Usman(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Analisis Disfemisme Kebahasaan dalam Dialog Pendidikan di Group Facebook Kemendikbud Republik Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud fenomena disfemisme kebahasaan dan mendeskripsikan fungsi fenomena disfemisme kebahasaan dalam dialog pendidikan di grup Facebook Kemendikbud Republik Indonesia. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena-fenomena sosial masa kini atau masa lampau. Dari hasil temuan diketahui bahwa dialog pendidikan di grup Facebook Kemendikbud RI terdapat penggunaan bentuk dan fungsi disfemisme. Adapun wujud yang ditemukan yaitu istilah teknis, sirkumlokusi, sinekdoke totem pro parte, dan ekspresi figuratif. Sedangkan fungsi disfemisme kebahasaan yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu, ketidaksetujuan, penolakan, mengkritik, memberi pernyataan, menyakiti, ketidakpedulian, dan menggugat. Akan tetapi, penggunaan bentuk disfemisme tersebut masih dalam batas wajar. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa dialog pendidikan dalam grup facebook kemendikbud RI  masih memperhatikan nilai-nilai sopan santun berbahasa.


Full Text:

PDF

References


Allan, Keith and Kate Burridge. 1991. Euphemism and Dysphemism: Language Used as Shield and Weapon. New York: Oxford University Press.

Crystal, David. 1987. “The Functions of Language,” in The Cambridge Encyclopedia of Language. Cambridge: Cambridge University Press.

Iorio, J. 2003. Taboo Language in Context: How Speaers Address The Taboo. http://personal, ecu. edu./iorioj/woeks/taboo-language/doc.

Laili, Elisa Nurul. 2017. Disfemisme dalam Perspekti Semantik, Sosiolinguistik, dan Analisis Wacana. LINGUA Vol. 12, No. 2 Desember 2017.

Murdiyanto Laksmana Putra, Dodik. 2018. Fenomena Disfemisme Kebahasaan Dalam Kolom Komentar Akun Instagram @Lambe Turah Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Siswa Smp. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Pascarina, Hanifa. 2018. Disfemisme Dan Teijemahannya Pada Teks Berita Bbc Online. Leksema: Jurnal Bahasa dan Sastra. Volume 3 Nomor 1.

Setiawan, Reinhard., Abdul Malik dan Legi Elfitra. 2020. Penggunaan Disfemisme dalam Pemberitaan Covid-19 dalam Berita Daring Detik.ComEdisi Mei-Juni 2020. Student Online Journal. Vol.l, No. 2.


Article Metrics

Abstract view : 170 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar 

Email: jurnal.manifestasi@gmail.com

Indexed by:

 Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

 

 

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License