PENGARUH PROMOSI, KEPERCAYAAN KONSUMEN DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN JAMAAH UMRAH PT. AMANAH TRAVEL INDONESIA BUKITTINGGI

Nona Nona(1*), Zuhelmi Zuhelmi(2),

(1) Universitas Islam Negeri Scjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
(2) Universitas Islam Negeri Scjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jm.v4i1.59452

Abstract


ABSTRAK.

Kepuasan jamaah adalah perasaan senang seseorang yang timbul dari perbandingan antara kesan kinerja dengan harapannya. Promosi, kepercayaan konsumen dan citra perusahaan merupakan faktor penting dalam menentukan kepuasan jamaah. Promosi, kepercayaan konsumen merupakan prioritas utama diberikan suatu perusahaan yang bergerak dibidang jasa. Hal ini menjadi daya Tarik jamaah agar dapat merasakan kepuasan  pelayanan yang diberikan perusahaan. Citra perusahaan yang baik akan menjadi pilihan jamaah. Cita perusahaan harus diperhatikan, terutama dalam usaha jasa yang berhubuungan dengan apa yang dirasakan pelanggan. Upaya mewujudkan kepuasan jamaah menyebabkan pihak manajemen berusaha keras menyusun dan melakukan langkah-langkah strategi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, kepercayaan konsumen dan citra perusahaan terhadap kepuasan jamaah umrah PT. Amanah Travel Indonesia Bukitinggi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan penelitian berupa kosioner dengan sampel penelitian  74 responden. Teknis analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, reabilitas, asumsi klasik, analisis regresi linear berganda uji T, uji F, dan koefesien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel promosi dan kepercayaan konsumen secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan jamaah. Sedangkan variabel citra perusahaan berepngaruh signifikan terhadap kepuasan jamaah umrah. Secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan jamaah umrah PT. Amanah Travel Indonesia Bukittinggi.

 

Kata kunci: Promosi, Kepercayaan Konsumen, Citra Perusahaan , Kepuasan Jamaah

 

ABSTRACT.Congregation satisfaction is a person's feeling of pleasure that arises from a comparison between the impression of performance and their expectations. Promotion, consumer trust and company image are important factors in determining congregation satisfaction. Promotion and consumer trust are the main priorities given by a company operating in the service sector. This is an attraction for the congregation so that they can feel the satisfaction of the services provided by the company. A good company image will be the choice of the congregation. The company's ideals must be considered, especially in service businesses that relate to what customers feel. Efforts to achieve congregational satisfaction have caused the management to try hard to develop and implement strategic steps. This research aims to determine the influence of promotions, consumer trust and company image on the satisfaction of PT Umrah pilgrims. Amanah Travel Indonesia Bukittinggi. This research uses quantitative methods with research in the form of questionnaires with a research sample of 74 respondents. The data analysis techniques used are validity, reliability, classical assumptions, multiple linear regression analysis, T test, F test, and coefficient of determination. The research results show that the promotional variables and consumer trust partially do not have a significant effect on congregational satisfaction. Meanwhile, the corporate image variable has a significant effect on the satisfaction of Umrah pilgrims. Simultaneously, it has a significant effect on the satisfaction of PT Umrah pilgrims. Amanah Travel Indonesia Bukittinggi

 

Keyword: Promotion, Consumer Trust, Company Image, Congregation Satisfaction


Full Text:

PDF

References


Abdur Rahman Al-Huzaifi. 2017. “Strategi Pembinaan Jamaah Umrah Milad Dalam Meningkatkan Pemasaran Haji Khusus Pad apt. Tauba Zakka Atkia (Tour and Travel) Jakarta, Skripsi, Jakarta: Universitas Syarif Hidayatullah.

Anisatun Nurul Uluwiyah, 2022, Strategi Bauran Promosi (Promotional Mix) Dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat, Yogyakarta: CV Multi Pustaka Utama.

Jurnal

Muhammad Akbar Rezki, 2018,“Pengaruh Bauran Pemasaran, Kepercayaan Konsumen Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Konsumen Survei Pada Jamaah Umrah PT. Barakallah Dunia Wisata”, Jurnal Manajemen Pemasaran, Volum 8 No 1 November hlm 42-58.

Muna Faizul, 2019, Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan, Jurnal Ilmiah Dan Manajemen Riset, Volum 8, November 12 hlm 8-10.

Anggraini Wulan Maulidia, Kamawati Agustina Tin, Ruspitasari Dewi Widia, 2020, Pengaruh Bauran Promosi, Kualitas Pelayanan, Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Melalui Kepercayaan Jamaah Umrah Serbagai Variabel Intervening, Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi, Volume 14 November 2, hlm 163-169.

Tajuddin Hanura Makhdaleva, Mulazid Sofyan Ade, 2017, Pengaruh Promosi, Kepercayaan Dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Haji (Mabrur) Bank Syariah Mandiri Kcp. Sawangan Koto Depok, Jurnal Ekonomi Islam,Volume 8 No 1 Januari-Juni, hlm 22.


Article Metrics

Abstract view : 8 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Manajemen

index by:

               

 

 Creative Commons License
Jurnal Manajemen is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.