MEMINIMALISIR TURNOVER INTENTION KARYAWAN PT X YANG BERGERAK DI INDUSTRI E-COMMERCE MELALUI PENGOPTIMALAN KOMITMEN ORGANISASIONAL

Rusli Ginting Munthe(1*), Giovanni Abadi(2),

(1) Universitas Kristen Maranatha
(2) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jm.v4i1.59259

Abstract


Abstrak. Sektor bisnis e-commerce berkontribusi besar terhadap pertumbuhan perekonomian Indonesia. Bahkan, e-commerce menjadi tiang penopang perekonomian Indonesia pada masa pandemi. Marketplace merupakan salah satu dari model bisnis e-commerce yang memberikan kemudahan bagi penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi melalui pemanfaatan teknologi. PT X merupakan perusahaan yang bergerak di bidang marketplace. Sebagai bisnis yang menyediakan jasa dan layanan, operasional PT X akan sangat bergantung pada keberadaan karyawan yang cukup dan komitmen mereka terhadap perusahaan. Realitas yang terjadi di PT X adalah tingkat turnover intention karyawan yang tinggi dan cenderung terus meningkat. Mengacu pada riset terdahulu, masalah ini dipengaruhi oleh komitmen organisasi para karyawan. Riset ini merupakan studi kuantitatif dengan pengumpulan data primer melalui kuesioner yang disebarkan kepada 52 karyawan PT X dan seluruhnya dinilai layak untuk diolah lebih lanjut. Hasil riset menunjukkan bahwa komitmen organisasi memiliki pengaruh sebesar 44,2% dan 55,8% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dianalisis pada riset ini. Mengacu pada riset terdahulu yang telah dilakukan, faktor yang dimaksud adalah stres kerja, beban kerja, kompensasi, dan kepuasan kerja. Oleh sebab itu, faktor-faktor tersebut dapat digunakan pada riset selanjutnya.

 

Kata kunci: Komitmen Organisasional, Turnover Intention, Efisiensi Bisnis


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 69 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Manajemen

index by:

               

 

 Creative Commons License
Jurnal Manajemen is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.