Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Produk Skintific Dalam Perspektif Mahasiswa UNM

Romansyah Sahabuddin(1), Hery Maulana Arif(2*), Juliet Triani Unde(3), Firla Amaria Putri(4), Ayu Nazirah(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jm.v3i2.54692

Abstract


Celebity endorser dipakai menarik perhatian untuk masyarakat dengan harapan dapat menaikkan kesadaran barang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana endorsement celebrity berdampak pada keinginan pembeli untuk membeli barang. Dalam penelitian kami Ini dilakukan menggunakan teknik kuantitatif dan analisis deskriptif. Analisis ini melibatkan mahasiswa UNM orang yang berusia 18 tahun atau lebih yang menggunakan produk Skintific dan melihat celebrity endorser mempromosikan produk Skintific dengan 100 orang jumlah responen. Penelitian dilakukan dengan memakai metode kuantitatif dan analisis deskriptif. bahwa variabel menarik, kredibilitas dan kemahiran dapat mempengaruhi minat beli pelanggan terhadap produk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa celebrity endorsement berpengaruh besar pada minat beli dibuktikan dengan uji t yang hasil menunjukkan nilai t hitung > t tabel (1,987 < 6,068) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini sesuai dengan penelitian bahwa Celebrity Endorser berdampak positif dan signifikan pada keinginan untuk membeli. Selain itu, Penelitian juga menunjukkan bahwa endorser terkenal mempunyai pengaruh terhadap pembeli

Full Text:

PDF

References


Agustia, L. Pengaruh Product Knowledge dan Beauty Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening pada Pengguna Moisturizer Skintific di Platform TikTok. Jurnal Manajemen Update, 12(3).

Amanda, S. N. S., Ayuni, A., & Sudrajat, A. (2023). Pengaruh Harga Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Skintific. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(12), 505-514.

Atmaja, D. R., & Rahayu, P. (2023). The Effect of Celebrity Endorsement and Sosial Media Marketing on Purchase Intention Skincare Product in Tiktok Shop. Majalah Ilmiah Bijak, 20(2), 280-292.

Febriyanti, R. S., & Wahyuati, A. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 5(5).

Kintradinata, L. L., & Hidayah, R. T. (2023). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH MELALUI APLIKASI TIKTOK TERHADAP MINAT BELI PADA PRODUK SKINTIFIC. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 10(2), 882-892.

Kusuma, L. M., Wipudiari, M. B., Enshito, K. S. R., & Jahja, A. S. (2023). PENGARUH INFLUENCER, USER GENERATED CONTENT, BRAND IMAGE TERHADAP PURCHASE INTENTION PRODUK SKINTIFIC DI MEDIA SOSIAL TIKTOK. Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi, 2(2), 17-27.

Laily, F., & Yulianti, I. (2023). PENGARUH VIRAL MARKETING, PRODUCT QUALITY DAN PRICE TERHADAP PURCHASE DECISION. Jurnal Manajemen Pemasaran dan Perilaku Konsumen, 2(2).

Najah, N. (2023). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Perawatan Kulit Skintific (Studi Pada Mahasiswi Program Studi Ekonomi Syari’ah Uin Datokarama Palu) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu).

NISA’LU’LU’MAFRUCHAH, K. H. O. I. R. U. N. (2023). Anteseden Niat Pembelian Online Terhadap Produk Perawatan Kulit Merek Skintific Pada Platform Social Commerce Tiktok Shop.

OKTARIA, R. (2023). PENGARUH INFLUENCER MARKETING DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINTIFIC (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas HKBP Nommensen).

Putri, G. H., & Patria, B. (2018). Pengaruh Endorsement Selebriti Instagram terhadap Minat Beli Remaja Putri. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 4(1), 33-41.

Pratama, A. Y. (2023). Pengaruh Digital Marketing Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta Yang Membeli Produk Perawatan Skintific) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Setiyani, I. N. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Promosi Online Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Citra Merek Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Produk Skintific Dan Tasya Farasya Sebagai Celebrity Endorser) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta).

Suratmi, A. (2023). Pengaruh Daya Tarik Beauty Influencer, Electronic Word of Mouth, dan Brand Resonance yang Memediasi Terhadap Keputusan Pembelian Moisturizer Skintific (Doctoral dissertation, Universitas Jenderal Soedirman).

Surbakti, K. L. D., & Nuraini, D. (2023, July). Brand Image Memediasi Antara Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian. In Forum Manajemen (Vol. 21, No. 2, pp. 87-98).

Tita Puspita Sari, T. I. T. A. (2023). Analisis Promosi Live Streaming Skincare Skintififc Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee (Doctoral dissertation, Universitas Sahid Jakarta).

Widyadhana, A. J. (2023). Analisis Pengaruh Makro Influencer Dan Mikro Influencer Dalam Kol (Key Opinion Leader) Marketing Terhadap Brand Awareness Skintific. Inisiatif: Jurnal Ekonomi, Akuntansi dan Manajemen, 2(4), 62-75.


Article Metrics

Abstract view : 193 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Manajemen

index by:

               

 

 Creative Commons License
Jurnal Manajemen is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.