PENERAPAN METODE CSI (CUSTOMER SATISFACTION INDEX) DAN IPA (IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS) PADA TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN MIXUE (STUDI KASUS MAHASISWA UIN RADEN MAS SAID SURAKARTA)

Widya Galuh Hayuningtyas(1*), Tsai'un Nur Ziadah(2), Umu Salma Shofiana(3), Heni Susilowati(4), Muhammad Faris Mu'tashim(5), Ika Yoga(6),

(1) UIN Raden Mas Said Surakarta
(2) UIN Raden Mas Said Surakarta
(3) UIN Raden Mas Said Surakarta
(4) UIN Raden Mas Said Surakarta
(5) UIN Raden Mas Said Surakarta
(6) UIN Raden Mas Said Surakarta
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jm.v3i2.47747

Abstract


Era persaingan bisnis saat ini yang semakin ketat, kepuasan pelanggan menjadi faktor krusial yang dapat menentukan keberhasilan suatu perusahaan. Peningkatan kepuasan pelanggan menjadi fokus utama bagi perusahaan Mixue, yang beroperasi di industri pelayanan. Meskipun sejauh ini pendekatan pemasaran Mixue sangat baik dan efektif, tidak ada jaminan bahwa pertumbuhannya akan berlanjut di masa mendatang. Berdasarkan masalah ini, peneliti bermaksud untuk menggunakan metodologi CSI dan IPA untuk mempelajari kebahagiaan pelanggan Mixue dan menganalisis temuan untuk menentukan area yang perlu ditingkatkan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan konsumen berdasarkan analisis CSI adalah sebesar 78,87% yang menunjukkan indeks kepuasan pelanggan berada pada kategori puas. Pada pengujian dalam metode IPA terdapat 1 atribut yang masuk ke dalam kuadran 1 yang artinya ada 1 atribut pelayanan yang belum maksimal.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 17 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Manajemen

index by:

               

 

 Creative Commons License
Jurnal Manajemen is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.