PENGARUH KUALITAS LAYANAN APLIKASI MOBILE JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) TERHADAP KEPUASAN PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN CABANG MAKASSAR

Muh. Ammar Haitsam Rusly(1*), Zainal Ruma(2), Burhanuddin Burhanuddin(3), Agung Widhi Kurniawan(4), Tenri Sayu Puspitaningsih Dipoatmodjo(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) 
(5) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jm.v3i1.44747

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan pada aplikasi Mobile JKN terhadap kepuasan peserta BPJS Kesehatan Cabang Makassar.Populasi penelitian adalah peserta BPJS Kesehatan yang menggunakan Aplikasi Mobile JKN. Sampel akhir akhir yang diperoleh adalah  60 responden. Analisis data yang digunakan adala regresi linear berganda menggunakan Statistical Program for Social Science (SPSS 2022).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan yang terdiri dari reliability (X1), Responsiveness (X2), Assurance (X3), Emphaty (X4). Dan tangible (X5) dari kelima variabel tersebut yang berpengaruh signifikan hanya Responsiveness (X2) dan Assurance (X3). Dan sisanya reliability (X1), Emphaty (X4). dan tangible (X5) tidak berpengaruh signifikan.

Kata Kunci : Kualitas layanan, reliability, responsiveness, assurance, emphaty, tangible, Kepuasan

Abstract. This study aims to determine the effect of service quality on the Mobile JKN application on the satisfaction of BPJS Kesehatan Makassar branch participants.The research population is BPJS Kesehatan participants who use the JKN Mobile Application. The final final sample obtained was 60 respondents. The data analysis used is multiple linear regression using the Statistical Program for Social Science (SPSS 2022).The results of this study indicate that service quality consists of reliability (X1), responsiveness (X2), assurance (X3), empathy (X4). And the tangible (X5) of the five variables that have a significant effect are only Responsiveness (X2) and Assurance (X3). And the rest is reliability (X1), Empathy (X4). and tangible (X5) has no significant effect.

Keyword: Service quality,reliability, responsiveness, assurance, empathy, tangible, satisfaction


Full Text:

PDF

References


Alma. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta, Bandung.

Diza., Moniharapon, S., dan Ogi, I. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Fifgroup Manado.Jurnal Emba ISSN: 2303-1174. Diakses 1 Maret 2016, Hal 109- 119.

Kotler dan Armstrong, G. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 12. Erlangga. Jakarta.

Kotler dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 12 Jilid 2. Indeks, Jakarta.

Lumenta, J.D, Mandey, S.L dan Jopie, J.J. 2014. Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen PT. Pos Indonesia (PERSERO) Manado Jurnal Emba ISSN: 2303-1174 Diakses 3 September 2014, Hal 1550-1562.

Sugiono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. CV. Alfabeta. Bandung.

Sugiono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitaif ,Dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Suryani. 2013. Perilaku Konsumen Di Era Internet: Implikasinya pada Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Andreani. 2010. Analisis kualitas layanan bisnis makanan dan minuman di Surabaya ditinjau dari derajat pemenuhan kepuasan konsumen. Surabaya.

Marisni. 2012. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanngan jasa Brt Transmusi .Palembang.

Merdian. 2017. Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan .(studi kasus Tiki cabang Jogjakarta).

Fuji. 2016. Analisis kepuasan konsumen GOJEK Wilayah Kota Bandung.


Article Metrics

Abstract view : 93 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Manajemen

index by:

               

 

 Creative Commons License
Jurnal Manajemen is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.