STRATEGI PEMASARAN DALAM MEMPERTAHANKAN BISNIS COFFEE SHOP DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI ANOMALI COFFEE MAKASSAR)

Muh. Iqram East Mopilie(1*), Muhammad Ilham Wardhana Haeruddin(2), M. Ikhwan Maulana Haeruddin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jm.v2i2.42300

Abstract


Abstrak. “Strategi Pemasaran Dalam Mempertahankan Bisnis Coffee Shop di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Anomali Coffee Makassar).” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang cocok untuk diterapkan oleh bisnis coffee shop untuk bertahan di masa pandemi Covid-19, khususnya strategi pemasaran yang diterapkan oleh Anomali Coffee Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Alat analisis yang digunakan yaitu dari model bisnis kanvas untuk pemetaan konsep dasar, PESTEL dan Five-Forces of Porter untuk analisis eksternal, dan bauran pemasaran 4P dan STP untuk analisis internal perusahaan. Untuk mendeskripsikan hasil penelitian digunakan matriks SWOT dan TOWS dengan menentukan strategi pemasaran yang cocok untuk diterapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kekuatan dari Anomali Coffee Makassar berada dari segi tempat yang strategis dan nyaman, dengan kualitas kopi yang digunakan berkualitas tinggi, dan untuk adaptasi di masa pandemi, menginovasikan produk minumannya dengan mengeluarkan produk botolan yang bisa di simpan oleh konsumen. Sedangkan kelemahan dari bisnis ini berada di segi bauran promosi yang belum tersampaikan dengan baik ke konsumen dan dari segi harga yang kurang bisa digapai oleh kalangan menengah ke bawah. Anomali Coffee Makassar juga memiliki peluang pasar B2B dimana jika bisa meluncurkan produk botolannya dengan harga 20 ribu dan memasarkannya di berbagai marketplace agar bisa dijangkau oleh seluruh kalangan. Sedangkan ancaman yang harus dihadapi berupa situasi pandemi yang tidak menentu hingga menurunnya daya beli masyarakat, serta pemberlakuan PPKM dari pemerintah yang membuat operasional dari kafe sangat terbatas.

Kata kunci: Strategi pemasaran, coffee shop, pandemi Covid-19, Anomali Coffee Makassar.

Abstract. Marketing strategies in Maintaining coffee shop business during the Covid-19 Pandemic (Case study of Anomali Coffee Makassar).

This study aims to determine the appropriate marketing strategy to be applied by the coffee shop business to survive the Covid-19 pandemic, especially the marketing strategy implemented by Anomali Coffee Makassar. The research approach used in this research is to use a qualitative descriptive approach. The analytical tools used are the business model canvas for basic concept mapping, PESTEL and Five-Forces of Porter for external analysis, and the marketing mix 4P and STP for internal company analysis. To describe the research results, SWOT and TOWS matrices are used to determine the appropriate marketing strategy to be applied. The results of this study indicate that the strength of Anomali Coffee Makassar lies in its strategic and comfortable place, with high quality coffee used, and for adaptation during the pandemic, innovating its beverage products by issuing bottled products that can be stocked by consumers. Meanwhile, the weakness of this business is in terms of the promotion mix which has not been conveyed properly to consumers and in terms of prices which are less affordable for the lower middle class. Anomali Coffee Makassar also has a B2B market opportunity where if they can launch a bottled product at a price of 20 thousand rupiah and market it in various marketplaces so that it can be reached by all groups. Meanwhile, the threats that must be faced are in the form of an uncertain pandemic situation to the decline in people's purchasing power, as well as the implementation of PPKM from the government which makes the operations of cafes very limited.

Keywords: Marketing strategy, coffee shop, Covid-19 pandemic, Anomali Coffee Makassar.


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, F.D., Hardjanto I & Hayat A (2015). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM MElalui Fasilitas Pihak Eksternal dan Potensi Internal (Studi Kasus pada Kelompok Usaha Emping Jagung di Kel. Pandanwangi Kec. Blimbing, Kota Malang), Jurnal Administrasi Publik, Vol 1 No 6 2015, 1286-1295.

Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Universitas Negeri Malang: PT Gelora Aksara Pratama.

Kasmir, (2003). Manajemen Perbankan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2010). Principle of Marketing. New Jersey: Pearson.

Potter, W. (2014). Marketing Strategies. Arguing for a General Framework for Mass Media Scholarship, January 2006, 72–81. https://doi.org/10.4135/9781483329864.n5

Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Henrikurniawan, H., Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., Nelwan, E. J., Chen, L. K., Widhani, A., Wijaya, E., Wicaksana, B., Maksum, M., Annisa, F., Jasirwan, C. O. M., & Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45. https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415.

Varadarajan, R. (2010). Strategic marketing and marketing strategy: domain, definition, fundamental issues and foundational premises. Journal of the Academy of Marketing Science, 38(2), 119-140.

Wibowo, D.H., Sunarti, Z.A. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Studi pada batik Diajeng Solo Vol. 29 No 1 2015, 59.


Article Metrics

Abstract view : 239 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Manajemen

index by:

               

 

 Creative Commons License
Jurnal Manajemen is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.