MENURUNKAN TINGKAT STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA

Widyastuti Widyastuti(1*), Mita Evalista(2), Andi Nadia Qarirah Rafifah Alisyahbana(3), Alifiah Muthia(4), Anggita Ramadhani Putri Tahir(5), Nafizah Aulia Q. Jamil(6),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Stres merupakan hal yang tidak dapat dihindari oleh semua individu dan dapat dialami oleh semua kelompok masyarakat, termasuk di perguruan tinggi. Individu yang berstatus sebagai mahasiswa di perguruan tinggi merupakan kelompok yang mengalami tekanan yang lebih tinggi daripada tingkat-tingkat pendidikan di bawahnya sehingga memiliki kemungkinan lebih tinggi mengalami permasalahan mental dan fisik yang lebih parah (Gao, Ping, & Liu, 2020) Tuntutan dan tanggungjawab akademik yang menekan akan menimbulkan perasaan tidak nyaman, ketegangan hingga perubahan tingkah laku sebagai respon yang kemudian membentuk stres akademik. Stres akademik yang dialami mahasiswa bila tidak dapat dikontrol akan mempengaruhi pikiran, perasaan, fisik hingga tingkah laku mahasiswa.metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah psikoedukasi. psikoedukasi dalam bentuk seminar secara daring atau webinar yang dilakukan dengan metode ceramah. Partisipan pada penelitian ini adalah mahasiswa yang berusia 17-23 tahun yang terdiridari 31 mahasiswa yang ada di kota Makassar. seluruh peserta merupakan mahasiswa aktif yang mengalami stress. Psikoedukasi dilakukan melalui zoom cloud meeting diikuti oleh mahasiswa berjumlah 31 peserta.Psikoedukasi dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai stres, dampak stres hingga manajemen stres kepada mahasiswa yang diharapkan memiliki manfaat untuk mengurangi kemungkinan dampak negatif dari stres akademik yang dialami mahasiswa. Hasil dari pelaksanaan partisipan bisa lebih memahami gejala stress tersebut serta dengan adanya psikoedukasi partisipan merasa terbantu dan mendapatkan pengetahuan yang baru mengenai stress akademik.


Keywords


Psychoeducation, academic stress, students

Full Text:

PDF

References


Taylor, S. E. (2018). Health Psychology (10th ed.). New York: McGraw-Hill Education.

Gao, W., Ping, S., & Liu X. (2020). Gender differences in depression, anxiety, and stress among college students: A longitudinal study from China. Journal Affective Disorder,263, 292-300. doi: 10.1016/j.jad.2019.11.121

Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya. Nurmaliyah, F. (2014). Menurunkan stres akademik siswa dengan menggunakan teknik self- instruction. Pendidikan Humaniora, 2(3), 273–282. http://journal.um.ac.id/index.php/jph/arti cle/view/4469/951

Erindana, F. U. N., Nashori, H. F., & Tasaufi, M. N. F. (2021). Penyesuaian Diri dan Stres Akademik Mahasiswa Tahun Pertama Self Adjustment and Academic Stress in First- Year University Student. Journal Psikologi, 4(1), 11-18.

Mudjijanti, F. (2021). Stres Akademik Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19 di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Kota Madiun. Jurnal Konseling Komprehensi: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling. 8(2), 19-28. 10.36706/jkk.v8i2.15210

Lazarus, R. S., & Folkman, S. (1984). Stress Appraisal and Coping. New York: Springer Publishing Company Inc.

Setiani, T. P., & Haryanto, H. C. (2019). Efektivitas psikoedukasi terhadap kemampuan adaptasi sosial pada mahasiswa baru. Psikoislamika, 16(1), 1-8.


Article Metrics

Abstract view : 4 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats