Program Giat Senam untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Pasien Skizofrenia

Novi Yanti Pratiwi(1*), Kartika Cahyaningrum(2), Firdhana Atshila Ibrahim(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Skizofrenia adalah gangguan jiwa yang ditandai dengan gangguan besar pada pemikiran, emosi, serta perilaku. Pemikiran pasien skizofrenia seringkali tidak berhubungan secara logis, persepsi dan perhatian yang terdistorsi, emosi tidak seimbang dan terdapat gangguan pada aktivitas motorik Penderita skizofrenia ini memiliki kesulitan untuk menjalankan peran yang penting dalam hidup. Peran penting ini mencakup kepuasan, stabilitas, hidup mandiri, memiliki hubungan dengan orang lain, terutama hubungan yang dekat dengan teman dan keluarga. Maka dari itu pasien skizofrenia ini memiliki kualitas hidup yang buruk dari dibandingkan orang pada umumnya. Kegiatan yang dilakukan pada pasien skizofrenia yaitu senam bersama setiap hari jumat. Kegiatan senam bersama ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup serta melatih fungsi motorik kasar pada pasien skizofrenia di RSKD DADI Prov. Sulsel. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini yaitu kegiatan senam yang dilakukan selama 4 kali dalam sebulan. Hasil yang diperoleh dari giat senam memberikan kegiatan bermanfaat bagi pasien dan menyenangkan sehingga bermanfaat mengubah pola berpikir, perasaan dan perilaku pasien dalam kemampuan adaptasinya terhadap stresor. Pasien yang memiliki kemampuan beradaptasi dengan baik, pasien juga dapat berinteraksi dengan pasien yang lain sehingga meningkatkan kemampuan fungsi motoriknya, kemampuan sosialisasi, kemampuan ekspresi diri dan empati diri serta meningkatkan kualitas hidup pada pasien


Keywords


schizophrenia, quality of life, motor skills, exercise

Full Text:

PDF

References


Fiona, K., & Fajrianthi. (2013). Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Kualitas Hidup. Psikologi Kepribadian dan Sosial, 2(3), 106-113.

Herlina & Gilbert. 2013. Pengaruh Senam Bugar Lanjut Usia Terhadap Kualitas Hidup Penderita Hpertensi. Universitas Sam Ratulangi Manado.

Ibrahim, Z. Z., Amaliah, P. R., & Setiawati, O. R. (2016). Hubungan Fungsi Motorik Kasar Terhadap Kualitas Hidup anak cerebral palsy di Instalasi Rehabilitasi Medik RSUD DR. H. ABDUL MOELOEK BANDAR LAMPUNG Tahun 2014. Medika malahayati, 3(2), 79-82.

Purnama, A. (2016). Pengaruh Senam Yoga terhadap Tingkat Kecemasan Wanita Pra Menopause WANITA PRA MENOPAUS. Kesehatan Olahraga, 6(2), 283-293.

Salsabila, L., Adjeng, A. T., & Nurmasuri. (2023). Efektivitas Olahraga sebagai Terapi Tambahan pada Pasien Skizofrenia. Kesehatan dan Agomedicine, 10(1), 99-105.


Article Metrics

Abstract view : 6 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats