EFEKTIVITAS PSIKOEDUKASI DALAM MENCEGAH PERILAKU KONSUMTIF DAN MENDORONG MOTIVASI MENABUNG PELAJAR SMA DI PANGKEP

Abdul Rahmat(1*), Muhammad Rhesa(2), Reza Mahyuddin(3), Muflih Wahid Hamid(4), Nur Rahmasari(5), Zahrani Khairunnisa(6),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa sekolah menengah atas di Pangkep dalam mengelola keuangan pribadi, terutama dalam mencegah perilaku konsumtif dan meningkatkan motivasi menabung. Metode penelitian yang digunakan adalah psikoedukasi dengan pendekatan informasional, melibatkan 100 siswa dari tiga sekolah berbeda. Teknik analisis yang digunakan mencakup pretest dan posttest untuk mengukur perubahan pengetahuan peserta serta evaluasi kualitatif dari feedback peserta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa psikoedukasi efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa mengenai perilaku konsumtif dan pentingnya menabung. Pretest menunjukkan bahwa mayoritas peserta memiliki pengetahuan rendah tentang perilaku konsumtif, sedangkan posttest menunjukkan peningkatan pengetahuan yang signifikan setelah sesi psikoedukasi. Seluruh peserta menyatakan bahwa materi yang disampaikan relevan dan bermanfaat, serta menunjukkan minat yang lebih tinggi untuk menabung setelah kegiatan. Observasi selama kegiatan menunjukkan tingkat keterlibatan yang tinggi dari peserta, yang aktif berpartisipasi dalam diskusi dan tanya jawab. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa psikoedukasi dapat menjadi intervensi efektif dalam membangun kecerdasan finansial dan mengubah perilaku konsumtif siswa menjadi lebih bijaksana dalam mengelola keuangan.

Keywords


Financial Intelligence; Consumer Behavior; Savings Motivation

Full Text:

PDF

References


Anwar, Z., & Rahmah, M. (2017). Psikoedukasi Tentang Risiko Perkawinan Usia Muda untuk Menurunkan Intensi Pernikahan Dini pada Remaja. Psikologia : Jurnal Psikologi, 1(1), 1. https://doi.org/10.21070/psikologia.v1i1.749

Edriani, D., Agusti, A., & Rahim, H. (2023). Financial Literacy Education for TPQ Baitul Muttaqin Children, Bungus Teluk Kabung District: Edukasi Literasi Keuangan pada Anak-Anak TPQ Baitul Muttaqin Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Jurnal Laporan Abdimas Rumah Ilmiah, 4(1), 7-12.

Fianto, F., Prismayani, R., Wijaya, N. I., Miftahussururi, Hanifah, N., Nento, M. N., … Adryansyah, N. (2017). Materi Pendukung Literasi Finansial. Retrieved from http://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/ 2017/10/literasi-finansial.pdf

Goyal, K. (2016). Globalization and its Impact on Transforming India ’ s Economy. International Journal of Research in Management & Business Studies (IJRMBS 2016), 3(4), 17–24.

Jumantini, E. (2018). Pengaruh Modernitas Individu dan Lingkungan Sosial terhadap Gaya Hidup pada Siswa SMK Bisnis dan Manajemen Terakreditasi Adi kota Bandung. Jurnal Equilibrium, 15, 57–63. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Lukens, E. P., & McFarlane, W. R. (2004). Psychoeducation as Evidence-Based Practice: Considerations for Practice, Research, and Policy. Brief Treatment and Crisis Intervention, 4(3), 205–225. https://doi.org/10.1093/brief-treatment/mhh019

Moningka, C., & Soewastika, A. W. (2022). Psikoedukasi Untuk Masyarakat Melalui Media Sosial Info Bintaro.

Rahman, M. T. (2016). Customers’ Attitude towards Online Shopping: The Case of Bangladesh. World Journal of Social Sciences, 6(2), 82–91.

Sari, D. E. (2018). Pendidikan Literasi Keuangan melalui Program Kemitraan dengan Bank untuk Mengurangi Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 22–30.

Sipunga, P. N., & Muhammad, A. H. (2014). Kecenderungan Perilaku Konsumtif Remaja Ditinjau dari Pendapatan Orang Tua Pada Siswa-Siswi SMA Kesatrian 2 Semarang. 3(1d), 62–68.


Article Metrics

Abstract view : 15 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats