PSIKOEDUKASI TERKAIT KANKER DAN CARA PENCEGAHANNYA PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Kartika Cahyaningrum(1*), Novi Yanti Pratiwi(2), Anis Nabila Ahmad(3), Aisyah Arifuddin(4), Farida s(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Dilansir dari World Bank Our World in Data ancaman terbesar nyawa manusia pada lima tahun terakhir ini hingga tahun 2017 yaitu penyakit Kanker. Kanker menjadi penyakit yang paling banyak memakan korban jiwa yaitu sebanyak 9.560.000 korban, dimana jumlah ini berada diatas Covid – 19, Diabetes dan Malaria”. Kanker merupakan salah satu penyebab dari morbiditas dan mortalitas dini di seluruh dunia. World Health Organization (WHO) memperkirakan bahwa pada 2030 akan terjadi lonjakan insiden kanker sekitar 300% di dunia dan 70% dari insiden kanker di negara berkembang termasuk Indonesia.Tujuan dilakukannya psikoedukasi ini adalah untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terkait kanker dan cara pencegahannya. Sasaran dari pelaksanaan psikoedukasi terkait kanker ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar. Metode yang digunakan adalah pembagian poster kegiatan promosi kesehatan yang akan dilakukan yaitu berjudul “Without Cancer, life better”. Tema tersebut diangkat untuk memberikan edukasi dalam bentuk preventif dalam mencegah penyakit kanker melalui promosi kesehatan yang dilakukan. Adapun tujuan dari promosi kesehatan ini adalah untuk memberikan pemahaman dalam bentuk pembelajaran pada kognitif sasaran promosi dengan memberikan informasi terkait upaya pencegahan dini terhadap penyakit kanker sebagai upaya preventif dalam menghindari penyakit kanker pada manusia. Hasil yang diperoleh dengan adanya psikoedukasi ini adalah adanya peningkatan pemahaman pada partisipan mengenai kanker dan cara pencegahannya.

 

 


Keywords


Psikoedukasi; Kanker; Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Akmal, M. (2010). Ensiklopedi Kesehatan untuk umum.

Khasanah, N. A., Oktaviyanti, I. K., & Yuliana, I. (2019). Hubungan riwayat merokok dan tempat tinggal dengan gambaran sitopatologi kanker paru. Homeostasis, 2(1), 93-98.

Nasution, W. M., Asfriyati, A. , & Siregar, F. A. (2018). Pengaruh pemakaian kontrasepsi hormonal dan riwayat keluarga terhadap kejadian kanker payudara di RSUD Dr. Pirngadi medan tahun 2017. Medika Respati, 13(2), 39-47.

Nita, V., & Indrayani. (2020). Pendidikan kesehatan dalam upaya pencegahan kanker serviks pada wanita usia subur. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 306–310.

Purnamawati., Tandrian, C., Sumbayak, E. M., & Kertadjaja, W. (2021). Analisis kejadian kanker paru primer di Indonesia pada tahun 2014-2019. Jurnal Kedokteran Meditek, 27(2), 164-172.

Putra, S. R. (2015). Buku lengkap kanker payudara. Laksana.

Riani, E. N., & Ambarwati, D. (2021). Early Detection Kanker Serviks Sebagai Upaya Peningkatan Derajat Hidup Perempuan. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(2), 144-146.

Saddam, H. (2020). Pengoptimalisasian Keamanan Kerja Terhadap Kesehatan, Keselamatan dan Perilaku Kerja pada PT. Pelindo III Cabang Gresik. Skripsi.

Sutarto, Sutarto (2017) Teori Kognitif dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Islamic Counseling Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 01(02), 1-26.

Taylor, S. E. (2018). Health psychology, tenth edition. New York: In McGraw-Hill. Education.


Article Metrics

Abstract view : 10 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats