PENGEMBANGAN KOMPETENSI SPIRITUAL BAGI KELOMPOK SISWA SMAN GOWA
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universita Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Kompetensi Spiritual ialah kekuatan intrinsik individu siswa yang merupakan kompetensi utama dalam berfungsinya kompetensi yang lain seperti intelektual, emosional, dan wellbeing. Kegiatan pengabdian yang telah dilakukan bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan peningkatan kompetensi spiritual siswa SMAN 1 Gowa. Kegiatan ini dilakukan melalui pelatihan atau workshop dengan memberikan materi, melakukan tanya jawab, diskusi, penugasan, dan praktek kepada peserta. Pelatihan ini dilaksanakan di SMAN 1 Gowa dan diikuti oleh 20 siswa dan hasil pelatihan ini terbukti meningkatkan pengetahuan dan kompetensi dan siswa menunjukkan antusiasme dan respon positif selama mengikuti program pelatihan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Azwi, N. M., & Rohmah, S. (2019). Pengaruh Kompetensi Spiritual terhadap Kedisiplinan Siswa di Lingkungan Sekolah. IQ (Ilmu Al-qur'an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(02), 189-201.
Azis, Safrudin. (2017). Kompetensi Spiritual guru paud perspektif Pendidikan islam. Tadris, Vol.12 (1), h. 63-78.
Fitri, R. N. (2016). Pengaruh Pembentukan Karakter dengan Kecerdasan Spiritual di SMA Negeri 22 Palembang. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 5(1), 109-118.
Goleman, Daniel. 2000. Emotional Intelligence (Kecerdasan Emosional). Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.
Mubasyiroh, R., Putri, I. Y. S., & Tjandrarini, D. H. (2017). Mental emotional symptoms'determinants of junior-senior high school student in indonesia 2015. Buletin Penelitian Kesehatan, 45(2), h. 103-112.
Razak, Ahmad., Mansyur, A.Y., Piara, M. (2021). Pentingnya Keterampilan Spiritual Teaching bagi Guru Sebagai Upaya Penigkatan Kecerdasan Spiritual Siswa. Seminar Nasional Hasil Penelitian 2021, ISBN: 978-623-387-014-6, h. 1642- 1650.
Setyoko, Imanuddin Hari., Andayani, A., dan Setiawan Budi. (2019). Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa dalam Pembelajaran Sastra. Widyabastra. Vol.7 (2), h. 1- 5.
Thoybah, Nurhayana dan Aulia, Farah. (2020). Determinan kesejahteraan siswa di indonesia (sebuah tinjauan literatur). Jurnal Riset Psikologi. Vol.2020 (2), h. 1-12.
Undang-undang RI no. 20 Tahun 2003.
Article Metrics
Abstract view : 62 times | PDF view : 9 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats