Komunikasi Efektif dalam Pemasaran pada Siswa SMK Negeri 1 Makassar

Resekiani Mas Bakar(1*), Rahmawati Syam(2), Abdul Wahid(3), Nuriftital Jannah(4), Nining Riani Turu(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Data mencatat bahwa pengangguran terbanyak berasal dari lulusan Sekolah Menengah Kejuruan. Pengangguran lulusan SMK diakibatkan oleh adanya kesenjangan antara kualitas lulusan SMK dengan kualitas yang dibutuhkan oleh dunia kerja. Kegagalan lulusan terserap dunia kerja disebabkan oleh kurangnya kemampuan soft skill, kepribadian, dan sosial. Softskill yang dibutuhkan salah satunya adalah kemampuan komunikasi yang efektif. Kemampuan komunikasi pada kegiatan ini dilakukan dalam bentuk pemberian pelatihan. Pelatihan komunikasi efektif dalam pemasaran diberikan kepada salah satu mitra dari PT. Sinar Sosro yaitu SMK Negeri 1 Makassar. Tujuan dari pelatihan yang dilakukan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan terkait komunikasi efektif dalam Pemasaran, sehingga lebih mudah terserap dalam dunia kerja. Pelatihan diikuti oleh 60 orang siswa SMK Negeri 1 Makassar kelas X. Setelah diberikan materi mengenai komunikasi efektif, dilanjutkan dengan sesi simulasi sebagai sales dan customer. Peserta kegiatan pelatihan menunjukkan antusiasme yang tinggi terhadap serangkaian aktivitas pelatihan yang dilaksanakan, dilihat dari keseriusan peserta dalam menyimak materi pembekalan dan keaktifan peserta dalam mengajukan beberapa pertanyaan yang relevan serta motivasi dalam mengikuti proses simulasi

Keywords


Komunikasi efektif; Pelatihan; Pemasaran; SMK Negeri 1 Makassar

Full Text:

PDF

References


Agarina, M., & Karim, A. S. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Kegiatan Pelatihan Nasional Berbasis Web Pada Institut Informatics Dan Bisnis Darmajaya. Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika), 10(1).

Apriliana, S. D., & Nawangsari, E. R. (2021). Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia (sdm) berbasis kompetensi. Forum Ekonomi, 23(4). 804-812.

Jayadiningrat, M.G., & Ati, E.K (2018). Peningkatan keterampilan memecahkan masalah melalui model pembelajaran problem based lerning (PBL) pada mata pelajaran Kimia. Jurnal pendidikan kimia indonesia. 2(1).

Mardiyanto, D., & Giarti, G. (2019). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran (Studi Kasus Strategi Komunikasi Pemasaran Merchandise di Kedai Digital Solo). Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(01).

Wijayanti, S. H., Utami, N., Putri, B. K. N., & Mantiri, S. M. (2021). Penilaian diri kompetensi komunikasi pencari kerja dalam memasuki dunia kerja. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(2).

Wijaya, M. O., & Utami, E. D. (2021, November). Determinan Pengangguran Lulusan SMK di Indonesia Tahun 2020. Pelatihan Nasional Official Statistics, 2021(1). 801-810.


Article Metrics

Abstract view : 101 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats