Psikoedukasi Pentingnya Komunikasi Interpersonal Dalam Industri Perhotelan

Rahmawati Syam(1*), Syamsul Bakhri Gaffar(2), Novita Maulidya Jalal(3), Muhammad Arafah(4), Saphira Salsabilah Syamsuddin(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(3) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(4) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Puangrimaggalatung
(5) universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Komunikasi secara umum adalah aspek penting dalam kehidupan sosial masyarakat. Komunikasi interpersonal merupakan komunikasi yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih. Melalui komunikasi, individu dapat saling bertukar informasi, pikiran, dan ide. Ketika komunikasi yang dibangun antar individu baik maka akan terjalin hubungan yang baik antar individu yang saling berinteraksi. Sebaliknya, jika komunikasi terjalin dengan tidak baik, maka akan memungkinkan terjadinya konflik antar individu. Dalam industri perhotelan, pelayanan merupakan aspek utama dari industri ini. Pelayanan yang diberikan kepada konsumen tidak lepas dari bagaimana karyawan perhotelan berkomunikasi dengan konsumen yang memakai jasa hotel. Komunikasi yang dibangun antara karyawan dengan konsumen perlu mengandung unsur komunikasi efektif agar hubungan yang terjalin positif dan konsumen puas atas pelayanan yang diberikan. Psikoedukasi mengenai pentingnya komunikasi interpersonal dalam industri perhotelan bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai komunikasi interpersonal yang efektif bagi karyawan XYZ Hotel Makassar sebagai bagian dari peningkatan pelayanan kepada konsumen. Kegiatan ini dilakukan secara offline dalam bentuk seminar dengan menghadirkan ahli sebagai narasumber utama. Kegiatan dilaksanakan pada 13 Oktober 2022 dan dihadiri oleh 15 orang peserta kegiatan. Melalui kegiatan ini, karyawan XYZ Hotel Makassar mendapatkan pengetahuan mengenai apa yang dimaksud dengan komunikasi efektif dapat terjalin serta aspek apa saja yang dibutuhkan untuk mewujudkan terlaksananya komunikasi yang efektif. Kegiatan ini juga memberikan pengetahuan mengenai komunikasi professional antar rekan kerja yang dibutuhkan untuk membangun kerjasama tim. Selain menjadi sarana pengembangan diri dan karir, psikoedukasi komunikasi interpersonal juga dijadikan karyawan sebagai sarana hiburan dengan agenda permainan mengenai komunikasi yang dihadirkan di dalam kegiatan psikoedukasi.

Keywords


Komunikasi Interpersonal; Psikoedukasi; Seminar

Full Text:

PDF PDF

References


Alfan, A. C. (2019). Karakteristik Dan Psikologi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kembali Produk Melalui E-Commerce. BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 16(1). http://dx.doi.org/10.30651/blc.v16i1.2452

Dwiya, K. G. S. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Penanganan Komplain Terhadap Kepercayaan Pelanggan: Studi Kasus Pada Honda Astra Motor. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 75-87. Diambil Dari Http://Journal.Undiknas.Ac.Id/Index.Php/Manajemen/Article/View/2110

Estikowati, E. (2016). Pentingnya Komunikasi Dalam Upaya Meningkatkan Kepuasan Tamu Di Hotel Tugu Malang. Jurnal Pariwisata Pesona, 1(1). Https://Doi.Org/10.26905/Jpp.V1i1.367

Ekalista, P., & Hardianto, W. T. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Hotel Kartika Graha Malang Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung. Jurnal Komunikasi Nusantara, 1(1), 20-26. Https://Doi.Org/10.33366/Jkn.V1i1.6

Himpsi. (2010). Kode Etik Psikologi Indonesia.

Miftah, M. (2019). Strategi Komunikasi Efektif Dalam Pembelajaran. Jurnal Teknodik, Xii(2), 084-094. Https://Doi.Org/10.32550/Teknodik.V12i2.473

Rinaldi, M. R., & Hardika, J. (2022). Psikoedukasi Antisipasi Stres Akademik Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Seminar Daring. Jpkmi (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 3(3), 230-238. Https://Doi.Org/10.36596/Jpkmi.V3i3.434

Simanjuntak, M., & Hamimi, U. K. (2019). Penanganan Komplain Dan Komunikasi Word-Of-Mouth (Wom). Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 12(1), 75-86. Https://Doi.Org/10.24156/Jikk.2019.12.1.75

Suprapto, H. A. (2018). Pengaruh Komunikasi Efektif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kewirausahaan Mahasiswa. Lectura: Jurnal Pendidikan, 9(1), 1-9. Https://Doi.Org/10.31849/Lectura.V9i1.913

Ulfa, M. M., & Surenda, R. (2021). Pengaruh Komunikasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Di Hotel Grand Inna Padang. Jurnal Kajian Pariwisata Dan Bisnis Perhotelan, 2(1), 13-18. Https://Doi.Org/10.24036/Jkpbp.V2i1.24372

Wisman, Y. (2017). Komunikasi Efektif Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Nomosleca, 3(2), 646-654. Https://Doi.Org/10.26905/Nomosleca.V3i2.2039


Article Metrics

Abstract view : 323 times | PDF view : 20 times PDF view : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats