Respons Guru Terhadap Penyusunan Instrumen Asesmen Minat Dan Gaya Belajar Anak Di Kabupaten Majene
Syamsuardi Saodi(1*), ST Fatmah Hiola(2), Muhammad Ihsan Said Ahmad(3), Hajerah Hajerah(4), Hasmawaty Hasmawaty(5),
(1) Universitas Negeri Makassar (2) Universitas Negeri Makassar (3) Universitas Negeri Makassar (4) Universitas Negeri Makassar (5) Universitas Negeri Makassar (*) Corresponding Author
Program Kemitraan Masyarakat (PKM): Pelatihan penyusunan instrumen asesmen minat dan gaya belajar anak bagi guru di Taman Kanak-kanak di Kabupaten Majene, ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan dasar guru dalam penguasaan penilaian pada satuan pendidikan khususnya di Taman Kanak-kanak. PKM ini dilaksanakan pada tahun 2023 di Kabupaten Majene Sulawesi Barat dengan mitra Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Cabang Banggae Kabupaten Majene Sulawesi Barat. Peserta PKM ini terdiri atas guru dan kepala sekolah satuan PAUD. Metode yang digunakan dalam kegiatan PKM ini adalah ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan. Analisis tingkat keberhasilan kegiatan PKM ini adalah melalui pengukuran tingkat penguasaan materi serta penyelesaian tugas. Kondisi akhir pelaksanaan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat ini menunjukkan bahwa peserta dapat memahami bagaimana penyusunan Asesmen Diagnostik pada Aspek kesiapan dan minat belajar anak di Taman Kanak-kanak. Keberhasilan PKM ini dapat dilihat dari tingginya partisipasi dan motivasi serta kedisiplinan peserta selama kegiatan pelatihan berlangsung.
Elnurianda, F., dkk,.(2021): Sekolah pertama bagi semua kisah belajar di tengah pandemi. Yogyakarta: Putra Surya Santosa.
Hamzah B. Uno & Satri K. (2012), Assesment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Rahman, H, dkk: (2020). Assesmen Pembelajaran PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Yogyakarta: Hijaz Pustaka Mandiri.
Sahidu, H, dkk: (2020). Model E-Assessment dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Malang: Literasi Nusantara.
Satori D, dkk(2010). Profesi Keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sufyadi, S, dkk. (2021). Panduan Pembelajaran dan asesmen. Pusat asesmen dan pembelajaran badan penelitian dan pengembangan dan pembukuan kementrian Pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi.
Trisnawati,I.N. Septian, dkk, (2021). Pembelajaran Jarak Jauh Kondisi Khusus. (Konsep Asesmen diagnosis awal dan berkala) Surakarta: Tahta Media Group.
Yusuf, M.A. (2015) Asesmen dan evaluasi Pendidikan: Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan. Jakarta: Kencana
Article Metrics
Abstract
view : 6 times |
PDF view :
3 times
Refbacks
There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Syamsuardi Saodi, ST Fatmah Hiola, Muhammad Ihsan Said Ahmad, Hajerah Hajerah, Hasmawaty Hasmawaty