Respons Guru Terhadap Penyusunan Instrumen Asesmen Minat Dan Gaya Belajar Anak Di Kabupaten Majene

Syamsuardi Saodi(1*), ST Fatmah Hiola(2), Muhammad Ihsan Said Ahmad(3), Hajerah Hajerah(4), Hasmawaty Hasmawaty(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/karya.v2i1.63735

Abstract


Program Kemitraan Masyarakat (PKM): Pelatihan penyusunan instrumen asesmen minat dan gaya belajar anak bagi guru di Taman Kanak-kanak di Kabupaten Majene, ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi  dan kemampuan dasar guru dalam penguasaan penilaian pada satuan pendidikan khususnya di Taman Kanak-kanak. PKM ini dilaksanakan pada tahun 2023 di Kabupaten Majene Sulawesi Barat dengan mitra Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Cabang Banggae Kabupaten Majene Sulawesi Barat. Peserta PKM ini terdiri atas guru dan kepala sekolah satuan PAUD. Metode yang digunakan dalam kegiatan PKM ini adalah ceramah, diskusi, tanya jawab dan  penugasan. Analisis tingkat keberhasilan kegiatan PKM ini adalah melalui pengukuran tingkat penguasaan materi serta penyelesaian tugas. Kondisi akhir pelaksanaan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat ini menunjukkan bahwa peserta dapat memahami bagaimana penyusunan Asesmen Diagnostik pada Aspek kesiapan dan minat belajar anak di Taman Kanak-kanak. Keberhasilan PKM ini dapat dilihat dari tingginya partisipasi dan motivasi serta kedisiplinan peserta selama kegiatan pelatihan berlangsung.

Full Text:

PDF

References


Elnurianda, F., dkk,.(2021): Sekolah pertama bagi semua kisah belajar di tengah pandemi. Yogyakarta: Putra Surya Santosa.

Hamzah B. Uno & Satri K. (2012), Assesment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahman, H, dkk: (2020). Assesmen Pembelajaran PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Yogyakarta: Hijaz Pustaka Mandiri.

Sahidu, H, dkk: (2020). Model E-Assessment dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Malang: Literasi Nusantara.

Satori D, dkk(2010). Profesi Keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sufyadi, S, dkk. (2021). Panduan Pembelajaran dan asesmen. Pusat asesmen dan pembelajaran badan penelitian dan pengembangan dan pembukuan kementrian Pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi.

Trisnawati,I.N. Septian, dkk, (2021). Pembelajaran Jarak Jauh Kondisi Khusus. (Konsep Asesmen diagnosis awal dan berkala) Surakarta: Tahta Media Group.

Yusuf, M.A. (2015) Asesmen dan evaluasi Pendidikan: Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan. Jakarta: Kencana


Article Metrics

Abstract view : 6 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Syamsuardi Saodi, ST Fatmah Hiola, Muhammad Ihsan Said Ahmad, Hajerah Hajerah, Hasmawaty Hasmawaty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:

Pusat Kerjasama dan Pengembangan Inovasi Pendidikan (PKPIP) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

email: [email protected]

Support by:

 

KARYA: Journal of Educational Community Service is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats