Penguatan Pendidikan Karakter melalui Melalui Perilaku Positif

Syamsurijal Basri(1*), Faridah Faridah(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/karya.v2i2.56933

Abstract


Program Kemitraan Masayarakat ini fokus pada Penguatan Pendidikan Karakter melalui Melalui Perilaku Positif. Tujuan utama dari kemitraan ini adalah:1) membantu sekolah mengidentifikasi perilaku-perilaku positif apa yang perlu ditanamkan di sekolah yang mendukung ketercapaian nilai-nilai pendidikan karakter. 2) memberikan pemahaman kepada guru-guru tentang perilaku positif yang dialami oleh siswa akibat adanya stimulus yang dilakukan oleh sekolah. Metode yang di gunanakan adalah worshop dan simulasi penyusunan program. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode worshop dan simulasi guru-guru telah memahami perilaku positif dan telah mampu menyusin program disekolah masing-masing

Full Text:

PDF

References


Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital. Jurnal Pendidikan dan Sains 2(1), 35 – 48.

CNN Indonesia (2020). Kemdikbud Akui Belum Ada Ide Baru Setop Bullying di Sekolah. Diunduh pada tanggal 14 Februai 2020 dari https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200207021853-20-472470/kemendibud-akui-belum-ada-ide-baru-setop-bullying-di-sekolah

Deswita (2016). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosda KArya.

Haqq, Y.A. (2019). Penguatan Positif Sebagai Upaya Menumbuhkan Perilaku Disiplin pada Siswa Sekolah Dasar. Cgnicia, 7(2), 192 – 201.

Lickona, T. (2009). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantham Books.

Presiden Republik Indonesia (2017). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 taun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Indonesia.

Samani, M., & Hariyanti, (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Smith, P.L., & Ragan, T., J. (2003). Instructional Design. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

UPT SDN 117 Inpres Kurusumange (2022). Profil Sekolah, Maros: SDN 117 Inpres Kurusumange.

Yayasan Indonesia Mengabdi - UNICEF (2019). Modul Disiplin Positif. Makassar.


Article Metrics

Abstract view : 37 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Syamsurijal Basri, Faridah Faridah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:

Pusat Kerjasama dan Pengembangan Inovasi Pendidikan (PKPIP) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

email: jurnal.karya@unm.ac.id

Support by:

 

KARYA: Journal of Educational Community Service is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats