Pendampingan Pembelajaran Melalui Program Kampus Mengajar di UPT SD Negeri 8 Jalange

Muhammad Amran(1*), Nurhaedah Nurhaedah(2), Lukman Lukman(3), Sayidiman Sayidiman(4), Nasrah Natsir(5),

(1) Universitas Negeri Makassar ID Scopus: 57211321319
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/karya.v2i2.36891

Abstract


Program Kampus mengajar Angkatan 1 merupakan salah satu bentuk pelaksanaan MBKM berupa asistensi mengajar untuk memberdayakan mahasiswa dalam membantu proses pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) berbagai desa/kota di Indonesia. Kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 1 mencangkup pembelajaran di semua mata pelajaran yang berfokus literasi dan numerasi, adaptasi teknologi, dan bantuan administrasi  sekolah. SD Inpres Cilellang Utara, Kabupaten Barru merupakan salah satu sekolah penempatan dalam kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 1. Melalui kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 1 ini, mahasiswa membantu sekolah melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang berfokus pada literasi dan numerasi serta kecakapan hidup. Telah dilakukan kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 1 di SD Negeri 8 JALANGE Kecematan Mallusetasi Kabupaten Barru. Kegiatan ini di selenggarakan oleh kemendikbud melalui Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Latar belakang dari kegiatan ini adalah untuk membantu siswa Sekolah Dasar yang berada di daerah 3T agar tetap bisa melaksanakan proses pembelajaran di tengah pandemi Covid-19 baik secara Daring maupun Luring


Full Text:

PDF

References


Al- banjari, M.Albilaluddin. 2019. Pendidikan Senjata Mengubah Dunia. Hmass.co.

Anwar, R. N. 2021. Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajaar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210-219.

Dirjen Dikti. 2020. Buku Pegangan Mahasiswa Program Kampus Mengajar Perintris. Jakarta : Kemdikbud.

Dirjen Dikti.2021. Kampus Mengajar Angkatan 1. Jakarta : Kemedikbud.

Hamzah, R. A. 2021. Pelaksanaan Kampus Mengajar Agktan 1 Program Merdeka Belajar Kemdikbud di sekolah dasar. Dekdis: Jurnal pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 1-8

Indrayanti, Wahyu Mahardika, dkk. 2021.Distance Learning (PJJ) For Elementary School Teachers: Challenges and Wisdom: Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) bagi Guru Sekolah Dasar. Vol 1 (1).

Lpmp.kemdikbud.go.id.Program Prioritas Pendidikan.

Pratama, Rio Erwan dan Sri Mulyati. 2020. Pembelajaran Daring dan Luring Masa Pandemi COVID-19. Vol. 1(2).

Kemenko PMK. 2020. Tantangan Pendidikan di Masa Pandemi. Jakarta.

Shabrina, L.M. 2021. Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 941-950.

Syafni Ermayulis, S.Pd., M.Pd. 2020. Penerapan Sistem Pembelajaran Daring dan Luring. Stit-alkifayahriau.ac.id.

Widiyono, A., Irfana, S., & Firdausia, K. (2021). Implementasi Merdeka Belajar Melalui Kampus Mengajar Perintis Di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An, 2021, 16.2.


Article Metrics

Abstract view : 70 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Amran; Nurhaedah; Lukman; Sayidiman; & Nasrah Natsir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:

Pusat Kerjasama dan Pengembangan Inovasi Pendidikan (PKPIP) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

email: jurnal.karya@unm.ac.id

Support by:

 

KARYA: Journal of Educational Community Service is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats