PKM Pelatihan Bagi Guru SD Inpres 12/79 Biru I Watampone Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kelas
(1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Makassar
(3) Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Makassar
(4) Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Mitra program pengabdian ini adalah Guru SD Inpres 12/79 Biru I Watampone. Permasalahan yang dihadapi mitra pengabdian masyarakat (PKM) adalah (1) Pemahaman mitra tentang konsep pendidikan karakter berbasis kelas perlu ditingkatkan, (2) Keterampilan mitra dalam mengembangkan desain dan mengevaluasi pembelajaran karakter berbasis kelas perlu ditingkatkan. Metode yang digunakan adalah: ceramah, diskusi, tanya jawab dan pelatihan. Hasil yang dicapai adalah meningkatnya pemahaman mitra tentang konsep pendidikan karakter berbasis kelas dan meningkatnya keterampilan mitra dalam mendesain dan mengevaluasi pembelajaran berbasis karakter dikelas.
Full Text:
PDFReferences
Alawiyah, F. (2012). Kebijakan dan Pengembangan Pembangunan Karakter Melalui Pendidikan di Indonesia. Aspirasi, 3(1), 87–101.
Kemendiknas. (2011). Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter, 66(November), 37–39.
Kusuma, D. A. (2010). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Grasindo.
Nuh, M., & Dkk. (2010). Kerangka Acuan Pendidikan Karakter Tahun Anggaran 2010. Buku Kementerian Pendidikan Nasional.
Article Metrics
Abstract view : 71 times | PDF view : 13 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Makmur Nurdin, Satriani, DH Satriani, DH, Muhammad Amin, Muhammad Amran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Published by:
Pusat Kerjasama dan Pengembangan Inovasi Pendidikan (PKPIP) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
email: jurnal.karya@unm.ac.id
Support by:
KARYA: Journal of Educational Community Service is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
View My Stats