Pemodelan dengan Spatial Autoregressive (SAR) pada Angka Putus Sekolah Bagi Anak Usia Wajib Belajar di Provinsi Sulawesi Selatan

Rika Nasir(1*), Suwardi Annas(2), Muhammad Nusrang(3),

(1) Program Studi Statistika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
(2) Program Studi Statistika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
(3) Program Studi Statistika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/variansiunm9358

Abstract


Abstract. Regresi spasial merupakan pengembangan dari regresi klasik. Pengembangan ini berdasarkan adanya pengaruh tempat atau spasial dari data yang dianalisis. Beberapa model regresi spasial adalah Spatial Autoregressive (SAR), Spatial Error Model (SEM) dan Spatial Moving Average (SARMA). Penelitian ini menggunakan analisis model SAR terhadap angka putus sekolah di Sulawesi Selatan. Data yang digunakan merupakan data sekunder dari Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2018. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui model Spatial Autoregressive (SAR) pada data banyaknya angka putus sekolah yang terjadi di Provinsi Sulawesi Selatan, serta mengenalisis faktor-faktor yang memberikan pengaruh signifikan terhadap pertumbuhan angka putus sekolah. Hasil penelitian ini memperoleh model yaitu ; sehingga faktor-faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap angka putus sekolah di Sulawesi Selatan adalah pengeluaran per kapita, rasio murid terhadap sekolah dan jumlah penduduk miskin.

Keywords: Regresi Spasial, Spatial Autoregressive Model (SAR), Angka Putus Sekolah


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 681 times | PDF view : 308 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rika Nasir, Suwardi Annas, Muhammad Nusrang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Abstracted/Indexed by:

SINTADimensions

 

 

VARIANSI: Journal of Statistics and Its Application on Teaching and Research is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0)