Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Berorganisasi

Alfriani Fani(1), Muhammad Nur Hidayat Nurdin(2*), Novita Maulidya Djalal(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jtm.v3i4.61745

Abstract


Abstract

This research aims to determine the relationship between peer social support and achievement motivation in studentsorganizations. This study uses a quantitative approach. The population in this study were all students who were active in organizations at the Faculty of Psychology, Makassar State University with a sampling technique using the total sampling method. This research involved 125 active administrators of student organizations at the Faculty of Psychology, Makassar State University. The results of this study indicate that there is a significant relationship (r = 0,488; p = 0,000). A positive correlation coefficient value means that the higher the student's peer social support, the higher the achievement motivation. It was concluded that there was a positive and significant relationship between peer social support and achievement motivation. This research is expected to provide information and benefits in the field of education and is also hoped to provide input for educators so that participants can further develop their potential in order to support peer social support and achievement motivation. The implication of this research is that peer social support and the elements that influences the behaviour of organizational members. The research can including influencing achievement motivation.

 


Keywords


Achievement Motivation, College Student, Peer Social Support

Full Text:

PDF

References


Ananda, A, Y. (2023). Hubungan Kontrol Diri Dengan Motivasi Berprestasi Pada Siswa Yang Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler di SMA Negeri 3 Bone. Skripsi. Universitas Negeri Makassar.

Arianti, F., & Fikry, Z. (2023). Hubungan Dukungan Sosial dengan Motivasi Berprestasi pada Siswa Yatim SMP dan SMA Anak Asuh Human Initiative di Bukit tinggi. Jurnal INNOVATIVE : Journal Of Social Science Research. 3(6). 1715-1725.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Penelitian Praktik. Jakarta: Reneka Cipta.

Azwar, S. (2016). Konstruksi Tes Kemampuan Kognitif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2017). Metode Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2019). Penyusunan Skala Psikologi Edisi II. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Dewi, S., Arjanggi, R. (2019). Hubungan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Kepercayaan Diri Akademik dengan Regulasi Diri dalam Belajar pada Mahasiswa di Universitas X. Jurnal Proyeksi. 14(1). 84-93.

Dianto, M. (2018) Kontribusi Dukungan Sosial Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa di SMP Negeri Batang Kapas. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan. 4(1). 164-175.

Djiwandono, S. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Gramedia Widiarsarana Indonesia.

Dwiandini, R. P., & Indriana, Y. (2018). Hubungan Antara Dukungan Sosial Significant Others dengan Prestasi Akademik pada Mahasiswa Rantau Anggota Himpunan-Himpunan Daerah Sumatera di Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Empati. 7(1). 84-91.

Firmansyah, W., Jaya, I., & Sumarni (2020). Analisis Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi. Jurnal Dinamika Manajemen. 8(2). 85-96.

Fortuna, N. D., Marchela, C., Charolina, B., Febrina, S., & Mirza, R. (2022). Efikasi Diri dan Motivasi Berprestasi dalam Pembelajaran Berbasis Online Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Tarbiyah, 29(1). 53-60.

Gumanty, H. M., Afandi. D., & Zulharman. (2015). Gambaran Dukungan Sosial pada Siswa Siswi Terhadap Sikap merokok di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kota Pekanbaru. JOM FK. 2(2). 1-10.

Hanapi, I., & Agung, I. M. (2018). Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Self Efficacy Dalam Menyelesaikan Skripsi pada Mahasiswa. Jurnal RAP UNP. 9(1). 37-45.

Hariandayani, E., & Nasution, F. Z. (2021). Hubungan adversity quotient dengan motivasi berprestasi siswa SMA Bani Adam As Medan. Jurnal Mahasiswa Fakultas Psikologi. 2(1). 1-11.

Hartati., Hidayat, W., & Ningrum, D. S. A., (2021). Gambaran Motivasi Berprestasi Siswa Kelas VIII MTs Albadiyah. Fokus, 4(5). 349-355.

Haryani, R. & Tairas, M.M.W. (2014). Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa Berprestasi dari Keluarga tidak Mampu secara Ekonomi. Jurnal Psikologi Pendidika n dan Perkembangan. 3(4). 30-36.

Hayati, R., Lubis, W.U., & Harahap, J. Y. (2022). Hubungan Penyesuaian Diri Dan Kontrol Diri Dengan Motivasi Berprestasi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4(3). 586-591.

Ilmi, N. (2019). Pengaruh Motivasi Berprestasi terhadap Perilaku Menyontek Siswa di SMAN 1 Situjuh Limo Nagari Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi.

Kurniawan, E., & Haksasi, S, E., & Rimayanti, E. (2021) Hubungan Antara Keaktifan Mengikuti Organisasi Dengan Motivasi Berprestasi Mahasiswa Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Ivet Semarang. Journal Of Guidance and Counseling. 2(1).

Lestari, M. I. (2019) Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Kebermaknaan Hidup pada Remaja di Yayasan Panti Asuhan Muslimin di Jakarta Pusat. Skripsi

Maslihah, S. (2011). Studi Tentang Hubungan Dukungan Sosial, Penyesuaian Sosial di Lingkungan Sekolah dan Prestasi Akademik Siswa SMP IT Assyfa Boarding School Subang Jawa Barat. Jurnal Psikologi Undip. 10(2). 103-114.

Mayangsari, M, D. (2013). Motivasi Berpestasi Mahasiswa Ditinjau dari Penerimaan Orangtua. Jurnal Ecopsy. 1(1).21-27.

Mcclelland, D, C. (1987). Human Motivation. New York: Cambridge.

Mufidha, A. (2019). Dukungan Sosial Teman Sebaya Sebagai Prediktor Psychological Well Being pada Remaja. Jurnal Psikologi. (1)1. 34-42.

Mutmainnah. (2022). Dukungan Sosial dan Resiliensi pada Anak di Wilayah Perbukitan Gunung Kidul Yogyakarta. 1(6).78-88.

Nanda, S, V. (2017). Hubungan Kebiasaan Belajar dan Keaktifan Berorganisasi terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Skripsi. Universitas Lampung

Nurrahman, A. L. (2018) Hubungan antara Dukungan Sosial dan Motivasi Berprestasi pada Siswa SMA “X” di Kecamatan Playen. Skripsi.

Nuryadi., Astuti, T, D., Utami., E, S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.

Pasaribu, A. (2016). Hubungan Konsep Diri dan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Interaksi Sosial Mahasiswa. Analitka. 8(1). 64-78.

Patunru. S., Jam’an. A., & Madani, M., (2020). Analisis Keaktifan Berorganisasi Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Teknologi Laboratorium Medis Politeknik Kesehatan Muhammadiyah Makassar. Competitiveness. 9 (2). 1978-3035.

Prayoga, F. Sedjo, P., & Wahyuni, M. (2022). Optimisme dan Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa Bekerja. Jurnal Psikologi. 1(1). 39-47.

Rahim, M., Hulukati, W. & Wantu, T. (2021) Motivasi Berprestasi Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal lmu Pendidikan Nonformal. 7(3). 1295-1302

Renjana, D., & Kustanti, E.R. (2021) Hubungan Antara Dukungan Sosial Orangtua dengan Motivasi Berprestasi Siswa di Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Semarang. Jurnal Empati. 10(2).131-136.

Riani, M., Imawati, D., Achmad, Y & Khumaidatul, U. (2016). Dukungan Sosial terhadap Motivasi Berprestasi pada Siswa Jurusan Akuntansi SMKN 15 Samarinda. Skripsi. 1-16.

Safitri, F., & Susilarini, T. (2023) Hubungan antara Dukungan Sosial dan Motivasi Berprestasi dengan Prokratinasi Akademik pada Siswa Kelas XI SMA X Jakarta. Jurnal Edukasi dan Multimedia. 1(2). 62-69.

Santosa, N, T, C. (2020). Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa yang sedang menempuh Skripsi.

Sarafino, E. P. (2011). Health psychology: Biopsycososial interactions (7th.Ed). New Jersey. NJ:John Wilry & Sons. Inc.

Siregar, N. (2017). Hubungan Motivasi Berprestasi Dengan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas psikologi Universitas Prima Indonesia. Jurnal Diversita. 3(1). 40-47.

Suciani, D., Rozali, Y, A., & Safitri, S. (2014). Hubungan Dukungan Sosial dengan Motivasi Belajar pada Mahasiswa Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi Esa Unggul. 12(02). 126-710.

Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kuantitatif. Bandung; CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tentama, F., Subardjo. (2018). Pengujian Validitas dan Reliabilitas Konstruk pada Organizational Cirizenship Behavior. Humanitas. 15(1). 62-71.

Toding, W. R. B. David, L. & Pali, C. (2015). Hubungan Dukungan Sosial dengan Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa Angkatan 2013 Fakultas Kedokteran Universitas SAM Ratulangi. Jurnal e-Biomedik. 3(1).

Ula, N. (2019). Motivasi Berprestasi Siswa Sekolah Menengah dalam Pendidikan Agama Islam di Kecamatan Nisam, Aceh Utara. DAYAH: Jurnal of Islamic Education. 2(2). 151-167.

Urwatulwutqo, B. (2018). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Motivasi Beprestasi Siswa dan Implikasinya Bagi Program Bimbingan Pribadi Sosial. Skripsi. Universitas Sultang Ageng Tirtayasa Serang.

Wijaya, A, A, R., Widiasavitri, P, N. (2019). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Motivasi Berprestasi Remaja Awal Di Kota Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana. 6(2). 261-269.


Article Metrics

Abstract view : 26 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Alfriani Fani, Muhammad Nur Hidayat Nurdin, Novita Maulidya Djalal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




Published by:

Fakutas Psikologi Universitas Negeri Makassar

Office:

Gedung BM, LT 2 Fakultas Psikologi, Kampus Gunung Sari baru. Jalan A.P Pettarani, Kota Makassar Propinsi Sulawesi Selatan, Pos 90222.