Harga Diri dan Social Loafing pada Mahasiswa

Nurmala Sari(1*), Jamilah Aini Nasution(2), Nurhasanah Nurhasanah(3),

(1) Universitas Syiah Kuala
(2) Universitas Syiah Kuala
(3) Universitas Syiah Kuala
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jtm.v3i4.59681

Abstract


Dalam proses penyelesaian tugas yang dilakukan secara bersama, biasanya ada beberapa orang yang enggan untuk ikut serta dalam memberikan kontribusi didalam kelompok. Fenomena ini dikenal dengan istilah social loafing. Salah satu faktor yang berkaitan dengan social loafing adalah harga diri. Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat harga diri, social loafing, serta mengetahui atau menguji hubungan antara harga diri dengan social loafing pada mahasiswa Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Metode dalam pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Syiah Kuala dengan jumlah 17103 dan sampel sebanyak 266 mahasiswa. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan skala harga diri dan skala social loafing. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik korelasi product moment. Hasil analisis menunjukkan nilai r = -0,566 dan nilai p= 0,000 (p<0,01). Artinya terdapat hubungan negatif yang signifikan antara harga diri dengan social loafing pada mahasiswa Universitas Syiah Kuala. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi harga diri maka semakin rendah social loafing dan sebaliknya jika semakin rendah harga diri maka semakin tinggi social loafing pada Mahasiswa Universitas Syiah Kuala.

Keywords


Harga diri; social loafing; tugas kelompok; mahasisw

Full Text:

PDF

References


Annisa, B. (2022). Hubungan Self Esteem Dengan Impulsive Buying Pada Siswa Pengguna Online Shop di MAN 1 Kota Banda Aceh. Banda Aceh: Skripsi UIN Ar-Raniry.

Astawan, I Gede. (2016). Belajar dan Pembelajaran Abad 21. Harian Bernas: Agustus 2016.

Chidambaran, L., & Tung, L. L. (2005). Is Out of Sight, Out Of Mind?, An Empirical Study Of Social Loafing In Technology- Supported Groups. Information Systems Research, 16(2), 149-168.

Faizan, N. (2020). Hubungan Harga Diri Dengan Kemalasan Sosial Pada Mahasiswa Prodi Hukum Ekonomi Syariah UIN Raden Fatah. Palembang: Skripsi UIN Raden Fatah

Febriyanto, M. (2019) Hubungan Self Efficacy Academic dengan Social Loafing Pada Mahasiswa Bercadar di Perguruan Tinggi Umum Surabaya. Surabaya: Skripsi UIN Sunan Ampel.

Hidayat, K & Khoiruddin, B. (2016). Psikologi Sosial Aku Kami Kita. Jakarta: Erlangga.

Myers, D. G. (2012). Psikologi Sosial, Jakarta: Erlangga.

Nabila, I (2022) Korelasi antara Self Esteem dan Social Loafing pada Tugas Kelompok Mahasiswa Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Malang: Skripsi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Nursalim, M. T. (2014). Dampak Self Esteem Terhadap Perilaku Kemalasan Sosial. Depok: Skripsi. Universitas Indonesia

Pidia, N. (2022) Hubungan Antara Harga Diri Dengan Social loafing Pada Mahasiswa UIN Ar- Raniry Banda Aceh. Banda Aceh: Skripsi UIN Ar-Raniry.

Putri, G. A., Iswinarti., & Istiqomah. (2020). Harga Diri dan Kemalasan Sosial pada Mahasiswa LSO (Lembaga Semi Otonom). Jurnal Psikogenesis, 8 (2), 229 – 238

Sarwono, Sarlito Wirawan, Meinarno, Eko A., (2018). Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Sena, D., Edy, P., Ali, M. (2022). Pengaruh Self Esteem Terhadap Social Loafing Dengan Academic Honesty Sebagai Mediator. Bulletin Of Counseling and Psychotherapy. 4 (1), 12-17.

Siregar, Syofian. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Sugiyono (2018), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Surbakti, H. (2017) Hubungan Antara Harga diri dengan Social Loafing Pada tugas kelompok yang dilakukan mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Medan Area Angkatan 2015. Medan: Skripsi Universitas Medan Area.


Article Metrics

Abstract view : 24 times | PDF view : 6 times

Refbacks



Copyright (c) 2024 Nurmala Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




Published by:

Fakutas Psikologi Universitas Negeri Makassar

Office:

Gedung BM, LT 2 Fakultas Psikologi, Kampus Gunung Sari baru. Jalan A.P Pettarani, Kota Makassar Propinsi Sulawesi Selatan, Pos 90222.