Hubungan FoMO (Fear of Missing Out) dengan Kecenderungan Narsistik Remaja Pengguna Instagram

Muhammad Wahyu Ismail(1*),

(1) UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jtm.v3i2.53126

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengungkap hubungan antara FoMO (Fear of Missing Out) dengan kecenderungan narsistik pada pengguna Instagram usia remaja. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 191 orang yang merupakan siswa SMAN 3 Kediri dengan taraf kesalahan 5%. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan alat ukur berupa kuesioner sebagai media pengumpulan data. Skala FoMO disusun oleh peneliti berdasarkan aspek yang diungkapkan Przybylski dengan jumlah 20 aitem (α = 0,884), sedangkan skala kecenderungan narsistik disusun oleh peneliti berdasrkan aspek yang diungkapkan Raskin & Terry dengan jumlah 24 aitem (α = 0,890). Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis yang ada melalui teknik korelasi product moment dari Pearson. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif antara FoMO dengan kecenderungan narsistik (r = 0,788, n = 191, p = 0,000 < 0,05). Jadi, semakin tinggi tingkat FoMO yang dialami seseorang maka akan semakin tinggi pula tingkat kecenderungan narsistik yang dialami. Sebaliknya, semakin rendah tingkat FoMO yang dialami maka akan semakin rendah pula tingkat kecenderungan narsistik yang dialami.

Full Text:

PDF

References


Abel, J. P., Buff, C. L., & Burr, S. A. (2016). Social media and the fear of missing out: Scale development and assessment. Journal of Business & Economics Research (JBER), 14(1), 33–44.

Aiken, L. R. (1980). Content validity and reliability of single items or questionnaires. Educational and Psychological Measurement, 40(4), 955–959.

American Psychiatric Association, A. P., & Association, A. P. (1994). Diagnostic and statistical manual of mental disorders: DSM-IV (Vol. 4). American psychiatric association Washington, DC.

Andreassen, C. S., Pallesen, S., & Griffiths, M. D. (2017). The relationship between addictive use of social media, narcissism, and self-esteem: Findings from a large national survey. Addictive Behaviors, 64, 287–293.

Ardani, T. A. (2011). Psikologi abnormal. Bandung: CV. Lubuk Agung.

Aulyah, I., & Isrofin, B. (2020). Hubungan harga diri dan fear of missing out dengan smartphone addiction mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Indonesian Journal of Counseling and Development, 2(2), 132–142.

Azwar, S. (2004). Reliabilitas dan Validitas, Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Azwar, S. (2013). Penyusunan skala psikologi [Psychological scale preparation]. Yogyakarta, Indonesia: Pustaka Belajar.

Bestari, I. U. (2018). Hubungan antara fear of missing out dengan intensitas penggunaan jejaring sosial pada mahasiswa universitas airlangga. Universitas Airlangga.

Beyens, I., Frison, E., & Eggermont, S. (2016). “I don’t want to miss a thing”: Adolescents’ fear of missing out and its relationship to adolescents’ social needs, Facebook use, and Facebook related stress. Computers in Human Behavior, 64, 1–8.

Blackwell, D., Leaman, C., Tramposch, R., Osborne, C., & Liss, M. (2017). Extraversion, neuroticism, attachment style and fear of missing out as predictors of social media use and addiction. Personality and Individual Differences, 116, 69–72.

Cindy Mutia Annur. (2022). Ini media sosial dengan pengguna terbanyak pada Oktober 2022. Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2022/11/23/Ini-Media-Sosial-Dengan-Pengguna-Terbanyak-Pada-Oktober-2022.

Dewi, C. G., & Ibrahim, Y. (2019). Hubungan self-esteem (harga diri) dengan perilaku narsisme pengguna media sosial instagram pada siswa SMA. Jurnal Neo Konseling, 1(2).

Dewi, E. M. P. (2016). Konsep kebahagiaan pada remaja yang tinggal di jalanan, panti asuhan dan pesantren. INQUIRY: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(1).

Feist, J., Feist, G. J., & Roberts, T. A. (2017). Teori Kepribadian Edisi 8 Jilid 1. Jakarta: Salemba Humanika.

Herlina, H. (2013). Bibliotherapy Mengatasi Masalah Anak dan Remaja Melalui Buku. Bandung: Pustaka Cendekia Utama.

Hurlock, E. B. (1997). Psikologi perkembangan: suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan.

Isaac, S., & Michael, W. B. (1995). Handbook in research and evaluation: A collection of principles, methods, and strategies useful in the planning, design, and evaluation of studies in education and the behavioral sciences. Edits publishers.

Khofifah, S. N., Ningrum, A. S. B., & Saharani, A. A. (2023). Exploring The Use Of Social Media For Learning Speaking By The Eleventh Grade Students Of SMAN 3 Kediri. Magister Scientiae, 51(1), 63–74.

LendEDU. (2023). Millennials Say Instagram is Most Narcissistic Social App. Https://Lendedu.Com/Blog/Millennials-Instagram-Narcissistic-Social-Media-Platform/.

Maslow, A. H. (1970). New introduction: Religions, values, and peak-experiences. Journal of Transpersonal Psychology, 2(2), 83–90.

Mehdizadeh, S. (2010). Self-presentation 2.0: Narcissism and self-esteem on Facebook. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 13(4), 357–364.

Mindrila, D., & Balentyne, P. (2017). Scatterplots and correlation. Retrieved From.

NapoleonCat. (2023). Instagram users in Indonesia - January 2023. Https://Napoleoncat.Com/Stats/Instagram-Users-in-Indonesia/2023/01/.

Pallant, J. (2020). SPSS survival manual: A step by step guide to data analysis using IBM SPSS. McGraw-hill education (UK).

Pristaliona, I., HIdayati, D. S., & Prasetyaningrum, S. (2022). Are fear of missing out and loneliness a symptom of narcissistic behaviour? Cognicia, 10(1), 51–57.

Przybylski, A. K., Murayama, K., DeHaan, C. R., & Gladwell, V. (2013). Motivational, emotional, and behavioral correlates of fear of missing out. Computers in Human Behavior, 29(4), 1841–1848.

Puspitasari, D. (2015). Rancang bangun sistem informasi koperasi simpan pinjam karyawan berbasis web. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 11(2), 186–196.

Raskin, R., & Terry, H. (1988). A principal-components analysis of the Narcissistic Personality Inventory and further evidence of its construct validity. Journal of Personality and Social Psychology, 54(5), 890.

Ria Sabekti. (2019). Hubungan intensitas penggunaan media sosial (jejaring sosial) dengan kecenderungan narsisme dan aktualisasi diri remaja akhir [Universitas Airlangga]. http://repository.unair.ac.id/id/eprint/84034

Riyanita, R., & Supradewi, R. (2021). Hubungan Antara Harga Diri Dengan Kecenderungan Narsistik Pada Pengguna Media Sosial “Instagram” Mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Prosiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) Klaster Humanoira.

Santoso, S. (2010). Statistik parametrik. Elex Media Komputindo.

Soekanto, S. (1982). Sosiologi: suatu pengantar.

Sugiyono, S. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukamto, M. E., Hamidah, H., & Fajrianthi, F. (2019). “Can I look like her?”: body image of adolescent girls who use social media. Makara Human Behavior Studies in Asia (MAKARA Hubs-Asia), 23(1), 60–72.

Velikanje, E. F., Wells, J. R., Cavanaugh, J. J., & O’Byrne, J. (1961). AGRICULTURAL CORPORATIONS. The Business Lawyer, 221–245.

Wiesner, B., Rompay, T. J. L., & Jong, M. D. T. (2017). Fighting FoMO: A study on implications for solving the phenomenon of the Fear of missing out [Master thesis]. University of Twente, The Netherlands.

Yin, L., Wang, P., Nie, J., Guo, J., Feng, J., & Lei, L. (2021). Social networking sites addiction and FoMO: The mediating role of envy and the moderating role of need to belong. Current Psychology, 40, 3879–3887.

Yusuf, S. (2011). Psikologi perkembangan anak & remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 277 times | PDF view : 80 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 muhammad wahyu ismail

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




Published by:

Fakutas Psikologi Universitas Negeri Makassar

Office:

Gedung BM, LT 2 Fakultas Psikologi, Kampus Gunung Sari baru. Jalan A.P Pettarani, Kota Makassar Propinsi Sulawesi Selatan, Pos 90222.